Cara Setting Power Audio Mobil 4 Channel Super Mudah dan Cepat, Coba Aja!

Setting Power Audio Mobil 4 Channel
Setting Power Audio Mobil 4 Channel

Swarariau.com, Teknologi --
Punya audo di mobil tapi suara jelek sangat mengganggu telinga. Apakah cara setting yang salah? 

Jika demikian bagaimana cara setting power audio mobil 4 channel yang paling tepat untuk kendaraan roda empat ini?

Tak perlu panik, hal demikian dapat diatasi jika memang karena settingannya yang keliru. Dengan melakukan setting secara benar, audio akan kembali normal. 

Namun, apakah Anda sudah mengetahui caranya?

Pada ulasan kali ini,

Admin akan mengupas beberapa hal terkait dengan Cara Setting Power Audio Mobil 4 Channel yang mudah kamu pahami.

Ketika kamu akan melakukan pengaturan Power Audio untuk mobil kamu maka kamu akan bisa melakukannya dengan sangat mudah lho.

Simak ulasan selengkapnya:

Perangkat Audio Mobil

Ada beberapa perangkat audio yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan settingan. 

Dengan mengetahuinya, sedikit banyak akan tahu instalasi cara setting power audio mobil 4 channel yang benar seperti apa.

Inilah perangkat audio mobil yang lengkap.

  1. Power 4 channel.
  2. Head unit.
  3. Subwoofer 10 inch hingga 12 inch.
  4. Speaker.
  5. Tweeter.

Pada power 4 channel lebih baik sudah dilengkapi dengan LPF (Low Pass Filter) dan HPF (High Pass Filter). Perlengkapan ini berguna untuk mengatur rendahnya sinyal dan sinyal pada suara tinggi.

Saat memulai cara setting power audio mobil 4 channel dan instalasi, subwoofer disambungkan dengan channel. Adapun speaker dan tweeter pada front. Jangan lupakan gain, yang berfungsi untuk mengatur sinyal masuk.

Untuk diketahui gain ini pada saat tertentu dapat digunakan untuk memperbesar volume. 

Dengan instalasi bagus dan benar, audio mobil dapat digunakan dengan baik. Selain itu hasil suaranya akan nyaman didengarkan.

Jika Anda telah mengetahui bagian dari perangkat, saatnya untuk cara setting yang benar. Anda dapat melihatnya dengan lengkap tutorial berikutnya.

Cara Setting Power Audio Mobil 4 Channel

Tak perlu khawatir atau takut salah ketika melakukan setting sendiri untuk audio kendaraan Anda. Caranya mudah dan dapat dipahami siapapun yang akan melakukannya. 

Di bawah ini, dapat Anda lihat dengan lebih detail.

  1. Putar gain ke titik 0, lalu sesuaikan subwoofer dan speaker dalam pengaturan awal.
  2. Jika sudah dilakukan, volume diputar maksimal, suaranya akan sangat keras. Bakal memekakkan telinga, tapi beginilah caranya agar setting berjalan optimal.
  3. Yang perlu diingat ketika memaksimalkan volume ada sebelum batas akhir yang dilakukan. Misalnya saja maksimal 100, Anda hanya perlu memutarnya hingga 90 saja.
  4. Pada batas akhir volume ada perbedaan pada masing-masing perangkat. Ketika maksimal hanya 64 artinya Anda hanya butuh 56 saja untuk memutarnya.
  5. Pilih lagu yang paling Anda sukai, putar dan dengarkan baik-baik. Lagu yang disukai akan membuat Anda lebih detail merasakan baik tidaknya audio.
  6. Atur gain front ke tingkatan lebih tinggi. Dengarkan baik-baik di telinga, apakah pecah suaranya atau tidak. Jika pecah artinya terlalu tinggi, turunkan saja.
  7. Atur HPF front untuk suara lebih jernih, inilah cara setting power audio mobil 4 channel paling mudah.
  8. Atur gain rear, dengan switch tertentu sehingga suara yang didapat tepat dengan gain front.
  9. Atur switch LPF rear dan LPF front dengan menggeser-gesernya. Dengan begitu akan terdengar suara bass yang paling nyaman di telinga.
  10. Dengarkan dengan baik yang paling nyaman di telinga. Hasil suara audio yang baik akan membuat telinga nyaman ketika mendengarkan. Dengan suara bass tepat, kejernihan jelas, tapi tidak pecah.
  11. Jika semuanya dirasa sudah tepat dan pas, atur volume normal dengan memutar ke kiri. Atur sesuai keinginan dan tentu saja nyaman saat didengar. Jangan terlalu kecil atau terlalu besar, yang nyaman saja.

Sekarang semua  tahapan telah dilakukan dengan baik dan benar. Saatnya Anda coba dengan lagu lain, putar dan rasakan kejernihan suara serta yang lainnya. 

Jika suara masih pecah atau tidak enak, atur ulang bagian bass.

Asal di telinga sudah terasa enak didengar dan nyaman, artinya audio sudah berhasil di setting. Setting yang baik memang dibutuhkan ketelatenan. 

Cara setting power audio mobil 4 channel hanya membutuhkan waktu sebentar saja. Kamu dapat melakukannya saat senggang dengan kualitas audio berhasil optimal.