Cara Membaca Candlestick Bitcoin Untuk Pemula Agar Bisa Paham

Swarariau.com, Finance -- Untuk anda yang mungkin sudah sering bergelut di dunia crypto dan juga Bitcoin mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya candlestick. 

Dimana candlestick sendiri merupakan salah satu metode bantuan yang digunakan oleh kalangan para trader untuk mengambil keputusan saat melakukan transaksi jual beli aset crypto yang mereka miliki.

 Tentu saja untuk para trader harus mengetahui bagaimana sih cara membaca candlestick bitcoin agar dalam urusan transaksi jual beli aset crypto yang mereka lakukan bisa berjalan dengan lancar.

Secara definisi, candlestick sendiri merupakan suatu metode grafik yang akan menunjukan pergerakan dari harga aset di dalam jangka waktu tertentu. 

Dimana metode ini sering digunakan guna memantau pergerakan dari harga berbagai macam aset seperti saham, forex bahkan sekarang ini sering digunakan untuk crypto. 

Dimana grafik yang ada pada candlestick sendiri akan menunjukan 4 komponen utama, yakni harga aset saat pembukaan, penutupan, harga aset tertinggi, harga aset terendah.

Panduan Membaca Candlestick Bitcoin Untuk Pemula

Cara Membaca Candlestick Bitcoin
Cara Membaca Candlestick Bitcoin

Untuk bisa mengambil keputusan dengan tepat, tentu saja ada banyak sekali kalangan para investor dari bitcoin yang menggunakan candlestick untuk mengetahui pergerakan dari harga. 

Hal ini karena memang analisa dari candlestick bitcoin dapat kita andalkan untuk memperkirakan dari tanda-tanda apakah akan terjadi bullish maupun bearish reversal, 

sehingga nantinya kita dapat mengambil keputusan trading lebih cepat jika dibandingkan dengan trader lainnya.

Nah tentu saja anda tertarik untuk mengetahui bagaimana sih cara membaca candlestick bitcoin, 

agar nantinya anda bisa mengambil keputusan dengan tepat terkait apakah akan melakukan jual atau beli di aset crypto yang anda miliki. 

Untuk itu, bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana sih cara membaca candlestick bitcoin, berikut dibawah ini sudah saya tuliskan informasi lengkapnya hanya untuk anda.

Candlestick Doji

Candlestick Doji
Candlestick Doji

Yang pertama adalah candlestick doji, dimana candlestick doji adalah candlestick tunggal dimana ini merupakan satu-satunya candlestick yang tadi bullish atau bearish. 

Hal ini karena memang doji akan mewakili keadaan dimana harga pada market akan ditutup di tempat ia akan dibuka. 

Artinya tidak ada pergerakan harga naik atau turun selama periode tersebut sehingga tidak bisa disebut bearish maupun bullish karena memang tidak ada pergerakan harga.

Candlestick Hammer

Candlestick Hammer
Candlestick Hammer

Selanjutnya ada juga Candlestick Hammer yang sesuai dengan namanya, 

dimana candlestick ini berbentuk hampir sama seperti palu yang mempunyai tongkat batang atas maupun bawah yang panjang serta batang yang berbentuk kecil dari sisi berlawanan. 

Masing-masing dari candlestick hammer ini tentu saja menjadi pengingat jika proses pembalikan harga sedang terjadi pada pergerakan aset crypto tersebut.

Candlestick Engulfing

Candlestick Engulfing
Candlestick Engulfing

Terakhir, ada candlestick engulfing. Dimana candlestick ini terdiri dari beberapa candlestick yang acak dimana candlestick lain yang lebih besar sehingga candle kedua akan menelan candle pertama. 

Jadi akan terjadi perubahan harga yang cukup signifikan jika terdapat fenomena candlestick Engulfing di dalam pergerakan market atau harga di pasar untuk suatu aset crypto. 

Ini menjadi pertanda untuk anda dalam menentukan keputusan.

Nah kira-kira itulah bagaimana sih cara membaca candlestick bitcoin yang harus anda lakukan untuk bisa membaca candlestick dengan mudah setiap harinya. 

Semoga informasi yang saya tuliskan kali ini mengenai cara membaca candlestick bitcoin bisa bermanfaat dan membantu untuk anda.