Cara Cek Garansi Iphone dan Jenis-Jenis Garansinya, Pengguna Wajib Tahu!

Cara Cek Garansi Iphone
Cara Cek Garansi Iphone

Swarariau.com, iPhone -- Ketika membeli perangkat elektronik apapun, pasti akan disertai dengan garansi. Untuk itu, kamu juga harus memahami bagaimana Cara Cek Garansi Iphone dan Jenis-Jenis Garansinya.

Adanya garansi tentunya memberikan manfaat bagi konsumen untuk terhindar dari adanya kerusakan yang lebih parah dan kamu bisa menggunakan garansi ini tanpa harus bersusah payah untuk mencari tempat perbaikan dan mengeluarkan biaya lagi. 

Termasuk iPhone yang memberikan garansi kepada pembelinya. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas yang diberikan saat membeli iPhone baru.

...Saat membeli iPhone baru, perhatikan!

Biasanya, dilengkapi dengan kartu garansi resmi iPhone. Kartu garansi ini berfungsi untuk melakukan klaim garansi ketika suatu hal terjadi pada iPhone yang baru kamu beli tersebut.

Di bawah ini ada beberapa jenis-jenis garansi Iphone dan bagaimana cara cek garansi Iphone dengan mudah. Berikut merupakan ulasannya.

Jenis-Jenis Garansi Iphone

Sebelum kita lanjut untuk langkah pengecekan garansi Iphone ini, maka sebaiknya terlebih dahulu memahami beberapa hal.

Seperti yang kita ketahui, garansi iphone ini memiliki beberapa jenis, berikut merupakan jenis-jenis garansi Iphone yang wajib kamu ketahui:

1. Garansi Resmi

Pertama yaitu garansi resmi. Garansi ini diberikan langsung oleh pihak Apple kepada distributor resmi di setiap negara. 

Distributor resmi Apple di Indonesia memberikan garansi untuk setiap pengguna Iphone yang original pada periode waktu tertentu.

2. Garansi Distributor

Garansi ini diberikan oleh distributor yang memasukkan Iphone secara tidak resmi ke negara Indonesia. 

Maka dari itu, handphone Iphone yang dibeli dari distributor ini memiliki harga yang jauh lebih murah. Maka dari itu, kamu harus mengetahui cara cek garansi Iphone ini sebelum membelinya.

3. Garansi Toko

Selanjutnya ada garansi toko. Garansi ini biasanya diberikan hanya selama 1 bulan dari masa pembelian. 

Garansi toko juga hanya berkaitan dengan reputasi toko saja, dan tidak berhubungan dengan garansi resmi dari Apple. 

Namun, garansi ini setidaknya bisa membantu Anda untuk menangani masalah Iphone kepada toko yang menjualnya.

4. Garansi Internasional

Terakhir, ada garansi internasional. Garansi ini merupakan garansi yang paling fleksibel sebab kamu bisa mengklaim garansi ini di seluruh seller resmi dari Apple yang ada di seluruh dunia. 

Garansi ini bisa didapatkan apabila membeli Iphone Ori dari luar negeri.

Cara Cek Garansi Iphone Terbaru

Jika sudah mengetahui beberapa jenis garansi Iphone. Selanjutnya adalah cara cek garansi Iphone. Untuk melakukannya, kamu harus mengetahui nomor IMEI atau nomor seri dari Iphone yang dibeli. 

Jika sudah mengetahuinya, kamu bisa langsung mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pertama, buka menu Settings dari Iphone kamu.
  • Kedua, pilih General dan pilih menu About.
  • Setelah itu akan muncul nomor seri yang menunjukkan IMEI dari Iphone.
  • Kunjungi situs Support Apple dan masukkan nomor seri IMEI dari Iphone kamu yang tadi, jangan lupa untuk memilih negara.
  • Pilihlah opsi SeeYour Service and Support Coverage yang ada di menu Service anda Repair.
  • Kemudian akan muncul detail status garansi dari Iphone tersbebut.
Selain cara tersebut, kamu juga bisa menggunakan cara di bawah ini sebagai cara alternatif untuk mengecek garansi Iphone.
  • Buka telepon pada Iphone.
  • Ketikkan *#06# di telepon, atau ketik nomor seri perangkat Iphone yang sedang kamu gunakan.
  • Kemudian, kunjungi Check Coverage Apple melalui browser, dan masukkan serial number tersebut.
  • Jika sudah memasukkannya, lakukan verifikasi. Lalu pilihlah menu Lanjutkan.
  • Terakhir, akan muncul detail informasi mengenai keaslian Iphone, garansi, dan juga informasi penting lainnya yang bisa kamu lihat.

dari kedua cara tersebut, kamu bisa memilih salah satunya atau mencoba dua-duanya untuk mengecek garansi Iphone milikmu. 

Tentunya dengan mengecek garansi, kamu bisa mengetahui apakah handphone Iphone yang kamu gunakan tersebut asli atau palsu.

Selain itu, cara cek garansi Iphone tersebut juga tentunya lebih mudah dilakukan apabila kamu mengetahui nomor seri dari Iphone yang kamu gunakan. 

Sebab, untuk mengeceknya tentu kamu harus memasukkan nomor seri atau IMEI dari Iphone yang digunakan tersebut agar prosesnya lebih cepat terdeteksi.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa ulasan seputar Cara Cek Garansi Iphone dan Jenis-Jenis Garansinya yang pengguna iPhone wajib pahami.

Ketika kamu membeli HP iPhone baru maka didalam kotak tersebut tersedia kartu garansi atas pembelian yang sudah kamu lakukan.

Kartu ini perlu untuk kamu simpan!

Suatu saat, dalam jangka waktu garansi masih berlaku dan terjadi sesuatu pada perangkat iPhone ini maka kamu bisa mengklaim garansinya.

Semoga beberapa informasi tentang iPhone ini bermanfaat untuk kamu, selamat mencoba ya!