7 Cara Mendaftarkan IMEI iPhone, Segera Registrasi iPhone Kamu!

Daftar Isi

Cara Mendaftarkan IMEI iPhone
Cara Mendaftarkan IMEI iPhone

Swarariau.com, iPhone --
Saat ini IMEI adalah suatu hal yang penting sebab di semua smartphone harus memiliki IMEI. Baik itu pengguna android maupun Iphone. Lalu, apa sebenarnya IMEI itu? Bagaimana cara mendaftarkan IMEI Iphone? 

Perlu kamu ketahui bahwa Nomor IMEI ini sangat penting! 

Merupakan nomor identitas dari perangkat tersebut. Bisa kita ibaratkan sebagai 'Nomor KTP' nya iPhone kita.

Bagaimana jika kamu tidak memiliki nomor KTP, tentunya bisa terdeteksi sebagai 'warga ilegal' yang tidak memiliki identitas. 

Begitu juga dengan iPhone ini, memiliki nomor IMEI ini jadi penting untuk bisa menentukan jika perangkat kamu sudah terdaftar.

Untuk ulasan lebih jelasnnya kamu bisa simak beberapa penjelasan berikut ini:

Pengertian IMEI

Pertama, perlu Anda ketahui terlebih dahulu apa itu IMEI. IMEI atau singkatan dari International Mobile Equipment Identity, merupakan sebuah nomor identitas khusus yang telah dikeluarkan oleh asosiasi GSM di setiap slot kartu GSM yang dihasilkan dari handphone.

Saat ini pemerintah sudah menerapkan pemblokiran handphone black market sejak 2020. Mengapa hal tersebut dilakukan? 

Hal tersebut dilakukan agar menekan penyelundupan handphone yang mana bisa mendukung industri yang kondusif dalam negeri.

Apabila Anda membeli handphone dari luar negeri baik sendiri atau melalui ekspedisi, maka Anda tetap bisa mendaftarkan IMEI handphone secara mandiri.

Persyaratan IMEI

Sebelum mengetahui cara mendaftarkan IMEI Iphone, sebaiknya Anda ketahui juga apa saja persyaratan untuk registrasi. 

Dalam peraturan menteri, diketahui bahwa setiap orang diizinkan untuk membeli handphone dari luar negeri sebanyak maksimal 2 unit.

Setelah itu, nilai dari kedua unit tersebut tidak diperbolehkan melebihi dari 500 dolar AS, baik hand carry ataupun pengiriman.

Jika Anda membeli handphone melebihi dari batas harga tersebut dan jumlah unit yang telah ditentukan, maka kelebihan unit akan disita dan hanya diperbolehkan untuk membawa pulang maksimal 2 unit handphone saja.

Sementara itu, jika kelebihan nilai, maka Anda juga akan dikenakan biaya PPN sebesar 10% dan PPH 7,5% dari harga. Maka dari itu, sebelum membeli handphone di luar negeri, sebaiknya ketahui persyaratan ini terlebih dahulu.

Cara Daftar IMEI iPhone

Cara daftar IMEI Iphone bisa dilakukan melalui situs bea cukai atau melalui aplikasi daftar IMEI yaitu Mobile Bea Cukai. 

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara mendaftarkan IMEI.

  1. Pertama, silakan kunjungi situs beacukai.go.id atau mengunduh aplikasi Mobile Bea Cukai di handphone Anda.
  2. Apabila sudah melakukan instalasi, lalu buka aplikasi dan mulai mendaftar. Jangan lupa untuk cek nomor IMEI terlebih dahulu supaya mengetahui apakah handphone sudah terdaftar atau belum.
  3. Selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk mengisi data diri dalam sebuah formulir. Anda harus mengisi data diri dan data penerbangan Anda, isilah dengan lengkap dan klik Next untuk mengisi selanjutnya.
  4. Lalu, isilah detail barang yang sudah dibeli. Isilah mulai dari detail merek, tipe, dan juga nomor IMEI dari handphone.
  5. Cek kembali semua data, pastikan data yang dimasukkan sudah lengkap dan benar.
  6. Simpan formulir dengan cara klik Complete, lalu nanti Anda akan mendapatkan QR Code dan Registrasi ID.
  7. Terakhir, silakan datang ke kantor Bea Cukai, nantinya petugas akan melakukan scan QR Code.

Apaila semua urusan pada bagian pajak dan pemeriksaan sudah selesai, maka Anda akan mendapatkan sebuah persetujuan oleh pejabat Bea Cukai. 

Nantinya nomor IMEI dari handphone yang Anda beli akan otomatis terdaftar dan bisa digunakan di Indonesia.

Perlu diingat kembali bahwa cara mendaftarkan IMEI Iphone ini berlaku untuk Anda yang membeli  handphone dari luar negeri. Anda juga harus mematuhi peraturan yang sudah dibuat seperti yang sudah dipaparkan di bagian persyaratan.

Kesimpulan

Demikian cara mendaftarkan IMEI Iphone melalui Kemenperin dengan cara menggunakan aplikasi Mobile Bea Cukai. Ikuti langkah-langkah di atas dengan baik dan benar agar bisa mendapatkan IMEI Iphone Anda.

Dengan melakukan registrasi nomor IMEI iPhone ini maka kamu tidak perlu khawatir jika seuatu saat terjadi pemblokirang dan perangkat iPhone tersebut tidak bisa kamu gunakan.

Tinggal ikuti beberapa langkah yang sudah admin jelaskan, simpel kok!

Semoga beberapa penjelasan ini bisa kamu pahami dan kamu bisa melakukan registrasi IMEI iPhone yang baru saja kamu miliki.

Selamat Mencoba ya!