Apa Itu NFC? Ini Cara Mengaktifkan NFC di iPhone paling Mudah

Cara Mengaktifkan NFC di iPhone
Cara Mengaktifkan NFC di iPhone

Swarariau.com, iPhone --
Di era ini, hampir kebanyakan handphone memiliki fitur NFC baik itu jenis android ataupun iOS. Lalu, sebenarnya apa itu NFC? Bagaimana cara mengaktifkan NFC di Iphone? 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kamu bisa simak beberapa penjelasan yang akan admin ulas pada artikel kali ini.

Sebagai pengguna iPhone, perlu untuk kamu memahami berbagai hal dan salah satunya penggunaan NFC di iPhone ini.

Dengan adanya teknologi NFC di iPhone ini maka sangat memungkinkan dua perangkat kamu untuk saling berkomunikasi untuk tukar-menukar data.

Kamu hanyaperlu untuk mendekatkan kedua perangkat. Fitur teknologi canggih ini sudah ada pada hp Android dan iPhone.

Pada umumnya, teknologi NFC ini hanya ada pada HP atau smartphone kelas menengah keatas. Untuk lebih jelasnnya, kamu bisa simak beberapa penjelasan dalam artikel ini.

Apa Itu NFC?

Sebelum membahas ke pembahasan utama, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu NFC. NFC atau singkatan dari Near Field Communication, merupakan sebuah fitur yang mana penggunanya dapat melakukan transfer data seperti mesin pembaca. 

Biasanya NFC digunakan untuk melakukan pembayaran, baik itu seperti memesan makanan, atau untuk top up e-money.

Banyak di antara pengguna Iphone yang menggunakan fitur ini untuk melakukan top up e-money. Hal ini dinilai lebih mudah daripada harus pergi ke ATM terdekat untuk melakukan pengisian e-money.

Fitur NFC juga digunakan untuk mengelola kartu pembayaran seperti di aplikasi Tokopedia, Mandiri Online, atau BCA Mobile. 

Pada beberapa merchant juga memiliki dukungan yang baik. Maka tak heran banyak yang menggunakan fitur ini untuk melakukan top up e-money.

Cara Mengaktifkan NFC di Iphone

Apabila menggunakan handphone android, Anda harus menggunakan pengaturan khusus agar bisa mengaktifkan fitur NFC ini. 

Sementara itu, untuk pengguna Iphone, fitur ini sudah secara otomatis aktif tanpa perlu diatur-atur terlebih dahulu. 

Bahkan, pembaca label NFC Iphone juga dapat memindai secara otomatis.

Maka, cara mengaktifkan NFC di Iphone sebenarnya tidak ada, sebab pengguna tidak perlu mengaktifkannya lagi karena di handphone Iphone sendiri pun sudah aktif dan bisa langsung digunakan. 

Tetapi, tentunya ini hanya untuk iOS versi terbaru saja.

Apabila Iphone Anda masih menggunakan versi iOS 11, maka NFC hanya bisa digunakan untuk membaca kartu saja. 

Supaya NFC bisa lebih maksimal, Anda bisa memperbaruinya terlebih dahulu ke iOS 13 agar bisa melakukan hal lainnya selain membaca kartu.

Cara Menggunakan NFC di iPhone

Jika sudah mengetahuinya, lalu bagaimana cara menggunakan fitur NFC ini di Iphone? Berikut merupakan langkah-langkahnya.

  1. Silakan instal aplikasi layanan NFC. Apabila ingin top up Brizzi, maka instal aplikasi BRImo BRI atau Tokopedia terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, Anda bisa masuk ke aplikasi dan login dengan akun yang sudah dimiliki sebelumnya.
  3. Kemudian, masuk ke menu e-money Brizzi, pilih cek saldo atau top up e-money.
  4. Lalu, nantinya Anda akan diminta untuk mendekatkan kartu e-money Anda ke komponen NFC di Iphone. Letakkan saja di bagian atas handphone.
  5. Terakhir, pilih saja opsi seperti top up. Nantinya silakan ikuti instruksi yang tampil di layar saat melakukan konfirmasi.
  6. Selesai.

Perlu Anda ketahui juga bahwa setiap layanan tentunya memiliki penamaan opsi yang berbeda-beda. Tetapi, pada umumnya langkah-langkah tersebut tetap saja. 

Jadi, pastikan Anda membaca instruksinya terlebih dahulu dari setiap laman web layanan yang sedang Anda gunakan.

Pada umumnya, fitur NFC sama seperti mesin pemindai. 

Karena cara mengaktifkan NFC di Iphone tidak ada, alias sudah otomatis aktif, maka Anda hanya tinggal mendekatkan kartu e-money pada komponen NFC Iphone di bagian atas dari handphone Anda.

Kesimpulan

Dari uraian di atas, kini dapat disimpulkan bahwa cara mengaktifkan NFC di Iphone tidak ada, jadi sudah otomatis aktif di handphone Iphone Anda. 

Namun, tentunya Anda harus mengetahui juga bagaimana cara menggunakan fitur NFC ini agar bisa digunakan untuk bertransaksi sehari-hari.

Semoga beberapa informasi yang sudah admin sampaikan ini bisa bermanfaat ya.