13 Cara Jailbreak Pada iPhone: Keuntungan dan Risiko Pada Perangkat kamu!

Cara Jailbreak Pada iPhone
Cara Jailbreak Pada iPhone

Swarariau.com, iPhone -- Jailbreak biasa terjadi pada perangkat Iphone. Hal tersebut dilakukan perusahaan Apple sebab untuk melindungi penggunanya dari berbagai macam ancaman. 

Ada beberapa cara jailbreak pada iPhone yang harus kamu pahami sebelum melakukan dengan beberapa langkah yang ada pada penjelasan ini.

Ketika kamu melakukan JailBreak pada iPhone ini, akan ada beberapa keuntungan dan resiko yang juga harus kamu pahami dengan baik.

Namun, sebenarnya apakah itu jailbreak pada Iphone? Berikut ini merupakan penjelasannya.

Apa Itu Jailbreak?

Jailbreak adalah sebuah metode yang mirip dengan proses rooting pada perangkat android, hanya saja ini dilakukan di Iphone. 

Ini merupakan metode yang digunakan pengguna iPhone untuk memperoleh kebebasan lebih dalam untuk mengelola handphone mereka.

Dalam melakukan proses jailbreak ini, penggunanya bisa mengaktifkan sejumlah fitur yang sebelumnya telah dibatasi oleh pihak Apple. 

Mulai dari memasang tema, memasang tweak, atau memasang aplikasi yang bahkan tidak terdapat di App Store.

Jailbreak pada Iphone terdiri dari 2 jenis, yaitu jailbreak untethered dan jailbreak tethered. Jailbreak unthetered adalah proses jailbreak yang tidak memerlukan suatu perangkat komputer. 

Sementara itu kebalikan dari unthetered, jailbreak tethered adalah jailbreak yang membutuhkan perangkat komputer.

Rupanya, jailbreak ini memiliki keuntungan dan risiko yang harus dihadapi oleh penggunanya. Jadi, sebelum melakukan proses jailbreak, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dahulu apa keuntungan dan risiko dari proses jailbreak yang dilakukan.

Di bawah ini merupakan keuntungan dari proses jailbreak dan setelahnya terdapat penjelasan mengenai risiko yang dapat terjadi apabila kamu melakukan jailbreak pada perangkat Iphonemu.

Apa Keuntungan dari Proses Jailbreak?

Jika sebelumnya kamu sudah mengetahui sedikit tentang jailbreak, lalu sebenarnya apa keuntungan dari proses jailbreak pada Iphone ini?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa perangkat Iphone yang sudah mengalami proses jailbreak, dapat dilakukan operasi lebih lanjut. Hal ini disebabkan pengguna telah mendapat izin dari sejumlah ketentuan yang sebelumnya terblokir.

Sebagai contoh, jika kamu sudah melakukan jailbreak pada Iphonemu, maka kamu bisa mengubah tema Iphone sesuai yang kamu inginkan. Padahal, sebelumnya tidak terdapat beragam tema pada Iphone yang tersedia di App Store.

Selain itu, proses jailbreak pada Iphone juga bisa memungkinkan kamu untuk melakukan tweak. Tweak ini ialah sebuah modifikasi kecil yang ditujukan untuk dapat meningkatkan kemampuan sistem.

Apa Risiko yang Dapat Terjadi Jika Dilakukan Jailbreak?

Setiap segala sesuatu pasti memiliki keuntungan dan kerugian, serta risiko yang dapat terjadi apabila melakukannya. Begitu pula dengan melakukan proses jailbreak.

Melakukan jailbreak juga tidak hanya memberikan keuntungan, namun tetap ada risikonya. Maka dari itu, kamu harus mempertimbangkan terlebih dahulu sebelum melakukan jailbreak pada perangkat Iphonemu.

Proses jailbreak ini dapat menghilangkan klaim garansi yang diberikan, jika Iphonemu rusak, maka perusahaan Apple tidak akan melakukan perbaikan secara gratis, walaupun itu masih dilakukan pada masa garansi iPhone kamu.

Proses unjailbreak, yaitu mengembalikan kondisi perangkat ke dalam keadaan sebelum di-jailbreak, tetap memberikan risiko. 

Hal tersebut karena bisa menyebabkan kerusakan pada Iphone apabila terjadi kesalahan dalam melakukannya.

Tidak cuma itu saja, proses tersebut juga bahkan bisa melemahkan sistem proteksi yang telah dibuat oleh Apple. 

Sehingga mungkin saja bisa terjadi pencurian data atau dokumen pribadi lainnya milik kamu yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Cara Jailbreak Pada iPhone Menggunakan Mac atau PC

Pada bagian ini, admin akan berbagi informasi bagaimana cara Jailbreak iPhone untuk iOS seri 7.1.2 menggunakan Mac atau PC.

Beberapa langkah sudah lengkap, tinggal kamu memahami beberapa hal yang seharusnya kamu lakukan ketika ingin melakukan jailbreak iPhone ini.

Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa simak beberapa penjelasan berikut ini:

  1. Silahkan terlebih dahulu untuk download Pangu for Mac melalui situs resmi Pangu dengan ukruan file berkas yang tergolong cukup kecil. Hanya berukuran sebesar 30 MB.
  2. Jika kamu sudah selesai download Pangu untuk iOS seri 7.1.2, Untuk informasi, kamu hanya dapat jailbreak iPhone dengan menggunakan aplikasi Pangu khusus hanya untuk iPhone seri iPhone 5s, iPhone 5c, iPhone 5, iPhone 4s, iPhone 4, iPad Air, iPad 4, iPad 3, iPad 2, iPad Mini, Retina iPad mini, dan iPod touch 5G.
  3. Perhatikan iPhone kamu, apakah sudah kompetibel dengan pangun ini. Jika sudah, kamu bisa lanjut dengan mematikan passlock yang anda pasang pada iPhone. 
  4. Untuk langkah dan cara menghilangkan passlock adalah sebagai berikut :
    - Settings (Pengaturan)
    - General (umum)
    - Passlock (mohon untuk di non aktifkan atau off).
  5. Langkah selanjutnya, kamu bisa melakukan backup data iPhone yang ingin kamu jailbreak tersebut, Hal ini kamu lakukan untuk mengamankan beberapa data yang tersimpan pada iPhone tersebut.
  6. Silahkan untuk klik dua kali pad icon Pangu yang telah terpasang, setelah itu kamu akan melihat kotak dialog dari Pangu muncul.
  7. Lanjutkan dengan klik dua kali pada gambar Pangu.
  8. Selanjutnya, kamu bisa untuk mengikuti perintah yang ada pada aplikasi dari Pangu, hingga kamu akan diminta untuk mengganti tanggal pada iPhone kita menjadi tanggal 2 Juni 2014 (tanggal ini harus anda masukkan jika proses jailbreak anda ingin berhasil, tanggal merupkan sebuah kode)
  9. Tungguh beberapa proses jailbreak yang sedang berjalan hingga akan muncul Pangu di iOS, ketika sudah muncul maka kamu dapat melanjutkan dengan menekan untuk melanjutkan proses jailbreak selanjutnya.
  10. Kan muncul pesan “Are you sure you want to open the aplication from the Developer”, Jawab untuk dapat melanjutkan proses jailbreak.
  11. iPhone kamu akan reboot beberapa kali sampai proses jailbreak selesai.
  12. Pada saat semua proses jailbreak selesai maka akan muncul aplikasi Cydia pada home screen di iPhone kamu
  13. Proses jailbreak yang kamu lakukan telah berhasil dan selesai.

Kesimpulan

Maka dari itu, sebelum kamu memutuskan untuk melakukan jailbreak pada Iphone, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu apa saja risiko yang bisa terjadi apabila melakukannya. 

Dengan begitu, setidaknya kamu sudah memahami apa yang akan terjadi nantinya apabila kamu tetap ingin melakukan jailbreak pada Iphone.

Perhatikan beberapa langkah yang sudah admin uraikan diatas, pahami setiap poinnya untuk mendapatkan hasil jailbreak iPhone yang maksimal.

Selamat mencoba ya!