12 Cara Mengatasi Internet Banking BRI Tidak Bisa Login Paling Mudah 2022

Swarariau.com, Finance – Ada banyak nasabah BRI yang bingung bagaimana Cara Mengatasi Internet Banking BRI Tidak Bisa Login ketika mereka ingin melakukan berbagai transaksi keuangan dengan menggunakan uang yang ada dalam rekening mereka.

saat ini, pengguna internet Banking Bangk Rakyat Indonesia (BRI) terus meningkat secara signifikan. Dengan adanya internet banking ini, berbagai kemudahan dapat nasabah BRI manfaatkan dalam berbagai keperluan transaksi.

Melalui halaman bri co id login dan sudah memasukkan user ID dan password mereka dengan benar, namun kendala tidak bisa masuk pada akun internet banking terjadi.

Pada umumnya, tidak bisa log in pada internet banking BRI ini bisa disebabkan oleh User ID atau password yang salah.

Selain itu, dalam durasi tiga kali memasukkan kata sandi log in internet banking salah maka secara otomati menyebabkan kamu tidak bisa masuk pada halaman ib bri tersebut.

Untuk penjelasan lebih lengkap, kita akan membahas lebih dalam lagi seputar Internet Banking BRI dan cara mengatasi tidak bisa log in pada akun kamu.

Penyebab Internet Banking BRI Tidak Bisa Log in

Internet Banking BRI Tidak Bisa Login
Internet Banking BRI Tidak Bisa Login

Pada penjelasan sebelumnya, admin sudah sekilas memberikan gambaran salah satu penyebab kamu tidak bisa log in pada akun Internet Banking BRI yang biasa kamu gunakan.
Perlu kamu ketahui,

User ID dan Password sangat penting, kamu wajib untuk mengingat kedua identitas log in ini. Jika tidak, kamu tidak akan bisa menggunakan internet banking yang sudah kamu buat sebelumnya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan internet banking kamu tidak bisa log in ketika ingin melakukan transaksi, simak beberapa poin berikut ini:

  1. Internet Banking BRI Terblokir
  2. Brimo Tidak Bisa Login Karena Belum Aktivasi mToken
  3. Kode Error 114
  4. Kode Error  BBR00QC, ISO000Q4, ISO000Q1, ISO0003, BBR2002
  5. Kode Error BBR2004 (Internet Banking BRI/BRIMO Belum Logout)
  6. Kode 109

Enam poin ini bisa menjadi salah satu penyebab kamu tidak bisa masuk pada akun internet banking BRI kamu.

Pahami secara terperinci beberapa poin tersebut. Misalnya, Internet Banking kamu terblokir. Apa yang menjadi penyebab hingga internet banking kamu kena blokir pihak bank.

Besar kemungkina terjadi kesalahan saat kamu memasukkan kata sandi. Kesalahan sebanyak tiga kali secara berturut-turut menyababkan internet banking BRI kamu secara otomatis kena blokir oleh system.

Kesalahan yang terjadi menyebabkan system mendeteksi sebagai aktivitas yang tidak wajar pada akun internet banking rekening BRI kamu,

Demi keamanan, system melakukan pemblokiran. Untuk itu, kamu harus memperhatikan User ID dan Passwordnya. Jangan sampai salah memasukkan password, hal tersebut berakibat pada pemblokiran dan kamu tidak akan bisa log in.

Untuk mengatasi beberapa permasalahan atau penyebab internet banking kamu tidak bisa log ini, kamu bisa simak beberapa penjelasan berikut ini.

Cara Mengatasi Internet Banking BRI Tidak Bisa Login

Mengatasi Internet Banking BRI Tidak Bisa Login
Mengatasi Internet Banking BRI Tidak Bisa Login

Untuk bisa mengatasi log in internet banking BRI ini, kamu harus sesuaikan dengan penyebab yang terjadi. 

Misalnya, jika penyebabnya adalah internet banking kena blokir berarti kamu harus membukan blokir terlebih dahulu. Jika tidak, akses masuk tidak akan berhasil.

Untuk penjelasan lebih lengkap, kamu bisa simak beberapa penjelasan berikut ni:

1. Internet banking Terblokir

Solusi yang bisa kamu lakukan ketika internet kamu kena blokir maka kamu harus melakukan perbaikan dengan mendatangi kantor BRI terdekat.

Kamu bisa meminta bantuan costumer service (CS) yang ada di Bank. Mereka akan dengan senang hati membantu kamu.

Jika kamu sudah melakukan reset User ID dan Password ini, sebaiknya mencatat agar tidak lupa. Kesalahan saat kamu memasukkan password ini akan membuat internet banking kembali terblokir.

Kasus seperti ini sangat sering terjadi, nasabah sering kali lupa user ID internet banking BRI atau pun password nya. 

Ketika kamu mendatangi kantor BRI terdekat untuk melakukan perbaikan User ID dan Password ini maka kamu bisa melengkapi KTP, Buku Tabungan, dan kartu ATM. 

Selain itu, kamu juga bisa memakai cara alternatif lain dengan menghubungi call center BRI yang siap menerima keluhan nasabah selama 24 jam.

Cara buka blokir internet banking BRI :

  • Masuk pada halaman https://ib.bri.co.id/ib-bri/
  • Klik "Lupa Password Anda?"
  • Pada syarat dan ketentuan, klik "Kirim"
  • Masukkan nomor kartu ATM, User ID, Alamat email, dan kode validasi yang tertera di kotak
  • Klik "Kirim"
  • Email terkirim, dan cek kotak masuk Email Anda
  • Klik tautan yang ada di dalam kota masuk
  • Buat password baru
  • Klik "Permintaan mToken"
  • Masukkan kode mToken
  • Klik "Kirim"
  • Reset Password berhasil

2. Belum Melakukan Aktivasi mToken

Kamu harus tahu! Nomor hp yang sudah kamu daftarkan pada saat membuat internet banking ini akan menjadi tujuan mToken BRI.

Untuk bisa mendapatkan mToken BRI ini maka kamu harus melakukan aktivasi.

Cara mengaktifkan kembali internet banking BRI yang terblokir ini tidaklah sesulit yang kamu bayangkan. Kamu bsai dengan melakukan melalui halaman https://ib.bri.co.id/ib-bri/. 

Dengan syaratnya nasabah masih mengingat email untuk verifikasi beserta nomor HP yang telah terdaftar di BRI. 

Oh ya, kamu harus memastikan jika nomor hp yang kamu gunakan memiliki jumlah pulsa yang cukup untuk melakukan verifikasi.

3. Terdapat Kode Error 114

Ada penyebab lainnya yang membuat kamu tidak bisa log in pada internet banking BRI kamu. Muncul sebuah kode yang bertuliskan Kode error 114 - Transaksi Anda tidak dapat diproses. Silakan mencoba kembali beberapa saat lagi.

Apa maksud dari kode error 114 ini?

Kode error 114 ini menandakan jika kamu sedang berada pada jaringan seluler yang tidak baik atau lambat. Jika terjadi hal ini, kamu bisa beralih pada posisi dengan koneksi internet yang bagus dan stabil.

Setelah kamu mendapatkan internet yang stabil maka kamu bisa mencoba untuk log in kembali pada internet banking BRI ini.

4. Muncul Kode Error  BBR00QC, ISO000Q4, ISO000Q1, ISO0003, BBR2002

Jika mendapatkan petunjuk denga pesan kode Error BBR00QC, ISO000Q4, ISO000Q1, ISO0003, BBR2002 maka bisa kita pastika telah terjadi gangguan pada server internet banking BRI.

Hal ini terjadi dari pihak server bank. 

Untuk masalah ini, kamu tidak perlu melakukan apa-apa. Hanya perlu untuk menunggu sebentar hingga server tersebut kembali normal.

Anda tidak perlu khawatir karena setelah dicoba beberapa saat kemudian bisa digunakan kembali

5. Muncul Kode Error BBR2004 (Internet Banking BRI/BRIMO Belum Logout)

Log ini secara bersamaan tidak diperkenankan! Kamu harus mengetahui hal tersebut. Jika kamu belum log out pada satu perangkat dan ingin kembali masuk maka akan muncul kode BBR2004. 

Untuk itu, kamu harus melakukan log out terlebih dahulu, setelah itu barulah melakukan log in kembali.

6. Muncul Kode 109

Kode 109 ini menandakan perangkat/ smartphone yang kamu gunakan tidak kompetible atau bukan merupakan versi terbaru.

Kamu harus menggunakan (minimal) android versi 10.

Selain karena masalah versi android, kode error 109 juga muncul disebabkan oleh jaringan internet/server dari BRI mengalami gangguan. Kamu bisa menunggu hingga gangguan tersebut normal seperti semula.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara untuk Mengatasi Internet Banking BRI Tidak Bisa Login ketika ingin melakukan transaksi.

Admin perlu ingatkan kembali, kamu wajib mengingat dengan benar User ID dan Password yang digunakan untuk log in pada akun internet banking BRI ini.

Jangan sampai salah, tiga kali salah memasukkan password maka internet banking kamu akan terblokir oleh system.

Semoga beberapa informasi yang sudah admin sampaikan ini memberikan manfaat untuk kamu. 

Selamat mencoba ya!