5 Cara Mengaktifkan Lokasi di iPhone, Pengguna Perangkat ini Wajib Paham!

Cara Mengaktifkan Lokasi di iPhone
Cara Mengaktifkan Lokasi di iPhone

Swarariau.com, iPhone -- Fitur lokasi menjadi salah satu fitur yang penting di dalam sebuah perangkat handphone, tak terkecuali iPhone. Fitur ini memiliki sejumlah fungsi yang berguna bagi penggunanya. 

Fitur lokasi menjadi sangat penting pada iPhone yang kamu gunakan untuk berbagai hal mulai dari melacak, hingga mengetahui keberadaan perangkat saat terjadi kehilangan. 

Meskipun demikian, 

Masih banyak pengguna iPhone yang tidak mengetahui keberadaan dan fungsi dari fitur lokasi ini. Di bawah ini akan dijelaskan fungsi dan cara mengaktifkan lokasi di Iphone dengan mudah.

Fungsi Fitur Lokasi di Iphone

Fitur lokasi adalah suatu fitur yang berguna untuk mengumpulkan informasi yang diperlukan dari jaringan dan biasa digunakan di jaringan Global Positioning System (GPS).

Fitur ini sudah banyak ditemukan di perangkat gadget seperti iOS atau Android. Fungsi dari fitur ini sangat beragam, berikut merupakan beberapa fungsi umumnya.

  1. Sebagai pelacak lokasi
  2. Untuk mengetahui keberadaan Iphone yang hilang
  3. Untuk memesan kendaraan online
  4. Untuk menjalankan maps
  5. Untuk mengetahui lokasi akses internet, dsb.

Pada umumnya, fitur layanan lokasi ini sebagai penunjuk arah berdasarkan posisi Anda saat ini. Ini tentunya memberikan kelebihan tersendiri untuk Anda, namun fitur ini juga bisa dinonaktifkan apabila tidak dibutuhkan.

Tetapi, biasanya fitur lokasi ini dapat menghabiskan lebih banyak baterai handphone apabila diaktifkan. Ya, baterai handphone bisa berkurang karena penggunaan sejumlah aplikasi dan fitur yang ada di dalamnya. 

Maka, jika sedang tidak memerlukannya atau tidak terlalu urgent, sebaiknya dimatikan saja.
Tetapi jika Anda sedang menggunakan aplikasi yang mengharuskan mengaktifkan fitur lokasi, maka sebaiknya tetap dinyalakan fiturnya. 

Hal tersebut dilakukan agar Anda tetap bisa menjalankan aplikasi tersebut dengan baik.

Jika Anda ingin mengaktifkannya, sebaiknya ketahui cara mengaktifkan lokasi di Iphone pada pembahasan selanjutnya.

Cara Mengaktifkan Lokasi di Iphone

Bagi Anda yang sedang memerlukan fitur lokasi di Iphone, maka Anda dapat mengaktifkannya. Namun, biasanya fitur ini selalu aktif, tetapi ada juga yang perlu diaktifkan kembali. 

Berikut ini merupakan cara mengaktifkan lokasi di Iphone dengan langkah mudah.

  1. Pertama, silakan masuk ke menu Settings terlebih dahulu di Iphone Anda.
  2. Setelah itu, cari dan pilih menu Privacy. Nantinya akan muncul beberapa pilihan menu lainnya.
  3. Jika sudah, pilih menu Location Services yang memiliki simbol pesawat kerta berwarna putih dengan latar belakang biru.
  4. Lalu, aktifkan dengan cara menggeser toggle ke arah kanan hingga berwarna hijau. 
  5. Selesai dan kamu sudah menggunakan fitur lokasi yang ada pada perangkat iPhone yang kamu gunakan.

Fitur lokasi kini sudah aktif, namun perlu Anda ketahui juga bahwa saat mengaktifkan atau menonaktifkan fitur ini, akan mempengaruhi pada aktivitas sejumlah aplikasi di Iphone Anda.

Biasanya, aplikasi-aplikasi tersebut adalah aplikasi yang memerlukan fitur lokasi agar bisa bekerja atau berjalan dengan baik. Salah satu contoh yang paling mudahnya adalah aplikasi Google Maps.

Aplikasi Google Maps memiliki fungsi untuk penunjuk arah jalan, maka dari itu aplikasi ini dapat bekerja apabila fitur lokasi atau GPS di handphone aktif. 

Jika tidak diaktifkan, maka akan sulit bahkan tidak bisa menggunakan aplikasi Google Maps dengan baik.

Selain itu, saat Anda sedang share location dengan kerabat di aplikasi Whatsapp, fitur loksai ini juga memiliki peran yang besar. 

Sehingga, jika mengaktifkannya, Anda tetap bisa berbagi lokasi dengan kerabat di Whatsapp tanpa terputus.

Kesimpulan

Demikianlah cara mengaktifkan lokasi di Iphone dengan mudah lengkap dengan fungsi fiturnya. 

Kini Anda sudah mengetahui seberapa besar fitur lokasi ini memiliki fungsi untuk Iphone Anda, yaitu tentunya untuk mengetahui lokasi keberadaan handphone, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, sebaiknya Anda bisa menyebarkan informasi ini kepada teman atau kerabat agar mengetahui fungsi dan bagaimana cara mengaktifkannya dengan sangat mudah dan cepat.

Semoga beberapa informasi yang sudah admin sampaikan ini bisa bermanfaat untuk kita semua, selamt mencoba ya!