3 Cara Melihat Password Wifi di iPhone dengan Mudah, Pasti Berhasil!

Swarariau.com, iPhone -- Setiap perangkat wifi biasanya memiliki password agar bisa digunakan. Ini berfungsi untuk membatasi jumlah perangkat yang dapat menggunakan wifi. Namun, sering kali pengguna iPhone bingung bagaimana Cara Melihat Password Wifi di iPhone dengan mudah.

Beda halnya ketika kamu mengaktifkan hotspot iPhone dan ingin mengkoneksikan dengan perangkat lain maka akan ada password untuk bisa masuk, maka cukup dengan memberikan password hotspot yang sudah kamu buat sebelumnya. 

Namun, jika kamu sedang terkoneksi dengan sambungan wifi maka akan membagikan password wifi yang sudah tersambung dengan perangkat iPhone tersebut.

Kamu harus bisa melihat kata sandi dari wifi melalui perangkat iPhone yang kamu gunakan, hal ini seringkali membuat kita kebingungan bagaimana cara mengetahui password tersebut.

Anda bisa mengetahui password-nya dengan cara melihat password wifi di iPhone dengan mudah dengan menggunakan beberapa cara berikut ini:

Menggunakan iCloud Keychain

Cara Melihat Password Wifi di iPhone
Cara Melihat Password Wifi di iPhone

Apple memiliki sebuah program yang berfungsi untuk mengelola password yang telah terhubung ke perangkat Iphone yang sedang Anda gunakan. 

Nama programnya adalah iCloud Keychain. Adanya program ini, maka password yang tersimpan bisa dilihat di Mac atau di iPad.

Untuk mengetahui cara melihat password wifi di Iphone dengan menggunakan iCloud Keychain, sebaiknya simak langkah-langkahnya berikut ini dengan baik, ya.

  1. Buka menu Settings terlebih dahulu.
  2. Setelah itu pilih menu iCloud.
  3. Jika pilihan baru sudah terbuka, pilih menu Keychain dan nyalakan layanannya apabila belum aktif.
  4. Setelah itu, buka Mac milik Anda dan bukalah menu System Preferences.
  5. Lalu, pilih iCloud, kemudian pilih Keychain.
  6. Pada kolom, ketikkan Keychain Access.
  7. Ketik nama wifi yang ingin dilihat password-nya.
  8. Klik pilihan Show Password. Selesai.

Cara tersebut hanya bisa dilakukan di perangkat MacOS dan tidak bisa digunakan di perangkat android.

Masuk ke Router

Cek Password Wifi di iPhone
Cek Password Wifi di iPhone

Cara melihat password wifi di Iphone berikutnya yaitu dengan cara masuk ke router. Untuk menggunakan cara ini, Anda harus mengetahui username dan password yang digunakan pada router tersebut. 

Berikut merupakan langkah-langkah lebih jelasnya.

  1. Pertama, silakan masuk terlebih dahulu ke menu Settings dan pilihlah menu Wifi.
  2. Pada wifi yang sedang terhubung dengan Iphone milik Anda, pilihlah logo informasi yang berupa huruf “i” di dalam lingkaran.
  3. Lalu, akan muncul informasi mengenai IP address, Subnet Mask, dan Router. Catat IP Addressnya di kertas atau catatan lain.
  4. Setelah itu, ketik IP Address Router yang tadi terlihat ke browser di laptop atau PC.
  5. Masukkan username dan password router. Selesai.

Jika sudah memasukkan username dan password dengan benar, maka nantinya Anda akan dapat mengetahui password wifi yang sedang digunakan dari menu admin router yang tadi digunakan.

Menggunakan Aplikasi Tambahan

Cara Mengetahui Password Wifi di iPhone
Cara Mengetahui Password Wifi di iPhone

Cara melihat password wifi di Iphone yang terakhir ini yaitu dengan menggunakan aplikasi tambahan. Nama aplikasinya adalah 1Password. Tetapi, perlu Anda ketahui bahwa cara yang satu ini hanya bertujuan untuk melakukan pencegahan saja.

Anda dapat menginstal aplikasi 1Password agar setiap password yang Anda masukkan ke dalam perangkat Iphone, maka akan tersimpan dengan aman. 

Semua password mulai dari password iCloud, Apple ID, iTunes, atau password wifi, bisa tersimpan secara otomatis dan aman di aplikasi ini.

Jika menggunakan aplikasi tambahan seperti 1Password ini, maka setidaknya kamu bisa menyimpan semua password termasuk password wifi agar bisa digunakan kembali apabila suatu saat dibutuhkan.

Ini menjadi salah satu cara yang cukup efektif sehingga Anda tidak perlu repot-repot mencari cara lain untuk mengetahui password wifi. 

Sebab, semuanya sudah tersimpan dengan baik dan aman di aplikasi ini.

Tetapi, jika menggunakan aplikasi tambahan seperti 1Password ini, sebaiknya Anda tidak mengubah kata sandi dari wifi yang digunakan. 

Apabila Anda mengubahnya, maka semua sama saja bohong, sebab kata sandi yang akan disimpan dan yang digunakan di router wifi akan berbeda.

Itu dia sekilas tentang cara melihat password wifi di Iphone. Anda bisa memilih salah satu cara di atas agar tetap bisa mengetahu password wifi untuk menggunakan jaringan internetnya.