[TERBARU] 5+ Cara Membuka Akun FB yang Terkunci, Dijamin Mudah!

Akun FB yang Terkunci
Akun FB yang Terkunci

Swarariau.com, Tutorial Medsos - Apakah Facebook kamu terkunci/ terblokir? Oleh sebab berbagai hal, Facebook memang bisa terkunci dan tidak bisa digunakan seperti biasanya. Namun, jangan khawatir karena masalah ini bisa diatasi. Syaratnya, kamu harus tahu bagaimana cara membuka akun FB yang terkunci.

Facebook yang terkunci ini bisa saja terjadi oleh beberapa hal yang tidak kita sengaja ataupun memang ada beberapa standart komunitas Facebook yang kamu langgar.

Itulah mengapa penting untuk kita memahami aturan komunitas facebook yang mereka terapkan dengan begitu ketat. Pada dasarnya, mereka menghindari beberapa hal yang dapat berakibat tidak baik bagi pengguna lainnya.

Bayangin aja, ketika ada banyak 'spam' di Facebook, apakah pengguna lain akan nyaman dengan keberadaan spam tersebut. 

Tentu tidak ~

Nah, atas dasar hal tersebut sehingga facebook yang melakukan spam tersebut 'dikunci' sementara hingga kamu kembali melakukan beberapa langkah untuk bisa membukannya.

Bagaimana jika facebook kamu yang terkunci, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, pastinya mudah dan dijamin berhasil. Setelah kamu melakukan cara-cara tersebut, 

Facebook akan kembali terbuka dan bisa digunakan kembali seperti biasanya. Langsung saja, berikut bisa dicek cara mengatasi akun FB yang terkunci dan penyebabnya.

Apa Penyebab Akun FB Terkunci?

Penyebab Akun FB Terkunci
Penyebab Akun FB Terkunci

Sebelum kita masuk pada pembahasan bagaimana tahap untuk membuka akun FB yang terkunci, kamu juga harus tahu penyebab kenapa akun FB terkunci. 

Tentunya, akun FB tidak serta merta terkunci, pasti ada beberapa alasan kenapa Facebook mengunci akun kamu.

Ada banyak kok yang tidak tahu hal ini ~

Atau mungkin termasuk kamu juga bingung, kok tiba-tiba akun kamu kena block facebook dan bingung sudah melakukan apa sehingga facebook terkunci.

...Oh ya,

Ada beberapa hal yang perlu kamu tahu. Terkuncinya akun facebook kamu buka oleh satu hal, ada beberapa penyebab. Mungkin saja kamu telah melakukan salah satu dari beberapa hal yang akan admin uraikan pada beberapa poin ini.

Berikut ini beberapa penyebab kenapa akun FB bisa terkunci:

1. Melanggar Standar Komunitas Facebook

Alasan yang biasanya membuat akun Facebook kamu terkunci itu karena kamu telah melanggar standar komunitas Facebook. 

Ya, kebijakan Facebook selalu berubah setiap waktu, yang bertujuan untuk menjaga kenyamanan pengguna dalam menggunakan Facebook.

Wajib untuk kamu ketahui beberapa aturan komunitas facebook ini! Jangan sampai melanggar! Dan hal ini akan berdampak pada terblokirnya akun facebook kamu.

Ada banyak hal sih sebenarnya, cek aja standart komunitas Facebook ini. Pahami setiap hal yang ada pada aturan tersebut. Jika kamu bingung bisa baca lagi Memahami Standar Komunitas.

Misalnya saja, ada beberapa larangan terhadap konten-konten sensitif di Facebook seperti pornografi, berita bohong, kekerasan, dan lain sebagainya. 

Jika kamu merasa pernah mengunggah konten, bisa dalam bentuk teks, foto dan video, yang mengandung unsur di atas, tidak heran jika Facebook mengunci akun kamu.

So, jangan ulangi lagi jika kamu tidak ingin di blokir secara permanen oleh pihak Facebook.

2. Login di Perangkat Tidak Dikenal

Login di perangkat yang tidak dikenal juga bisa menyebabkan akun Facebook terkunci. Misalnya saja, kamu menggunakan Facebook dengan komputer di tempat kerja, lalu besoknya menggunakan Facebook dengan perangkat sendiri.

Pasti kamu pernah mengalami hal ini!

Ketika hal seperti di atas terjadi, maka akun Facebook akan terkunci. Sebenarnya, tujuannya sangat baik untuk mencegah akun FB kamu digunakan oleh orang lain. 

Untuk perangkat yang tidak dikenal, kamu bisa dengan mudah melakukan konfirmasi kode keamanan melalui email yang terdaftar pada facebook kamu.

Pihak facebook akan mengirimkan kode keamanan untuk memastikan jika benar kamu sebagai pemilik dari akun facebook tersebut.

Sebenarnya, pihak facebook hanya mengunci akun tersebut demi keamanan dari pencuri dan pembajak yang mencoba mengambil alih akun facebook kamu.

3. Posting Spam

Alasan berikutnya kenapa akun Facebook terkunci adalah karena pengguna posting spam. Bagaimana maksudnya? Jadi, pengguna tersebut mengirimkan pesan atau komentar dalam satu postingan dengan kata-kata yang sama dan berulang kali.

Selain itu, meminta atau menerima permintaan teman dalam jumlah yang banyak (dalam satu hari) juga bisa menyebabkan akun FB terkunci. 

Tindakan spam ini sangat dilarang facebook ~

Misalnya,

Kamu mau spam link website ke group-group facebook, ada batasan wajar yang aman. Jangan melakukan share link secara brutal, karena ini akan dianggap sebagai aktifitas spam link.

Contoh lainnya, kamu meminta pertemanan lebih dari 100 dalam waktu yang sangat berdekatan (dalam sehari). Hal semacam ini juga dianggap sebagai tindakan spam oleh facebook.

4. Menggunakan Situs Auto Like

Menggunakan situs auto like memang bisa meningkatkan jumlah like dalam sebuah postingan. Namun, hal ini juga ada risikonya yaitu membuat akun FB terkunci. 

Auto like sudah tentu dilarang facebook. Sebaiknya, biarkan akun kamu berjalan seacara natural. Jangan manfaatkan tools dari pihak ketiga untuk mendapatkan banyak pengikut ataupun like terhadap postingan kamu di facebook.

Menggunakan situs auto like dan sejenisnya dianggap sebagai spam oleh Facebook, jadi mereka tidak ragu untuk memblokir akun FB tersebut.

So, wajib untuk kamu hindari jika tidak ingin akun facebook terkunci.

5. Dilaporkan Pengguna Lain

Ada banyak pengguna lain melaporkan aktivitas kamu di FB juga bisa berdampak pada terkuncinya facebook kamu.

Pengguna lain melaporkan facebook kamu karena mereka tidak nyaman dengan akitivas yang kamu lakukan di facebook.

Misalnya saja,

Kamu melakukan 'promo' penipuan, atau menyebarkan konten-konten yang mengganggu pengguna lain. Nah, jika mereka melaporkan facebook kamu maka kemungkinan besar facebook kamu akan di kunci atau terblokir.  

So, kamu wajib hindari hal ini agar tidak dilaporkan oleh banyak pengguna lainnya!

Cara Membuka Akun FB yang Terkunci

Cara Membuka Akun FB yang Terkunci
Cara Membuka Akun FB yang Terkunci

Jangan khawatir, cara mengatasi akun FB yang terkunci sangat mudah, bisa menggunakan cara banding atau cara manual. 

Jika ingin menggunakan cara banding, maka kamu harus menyiapkan kartu identitas, seperti:

  • SIM
  • KTP
  • Kartu Pelajar
  • Paspor

Adapun jika ingin menggunakan cara manual, maka bisa memilih beberapa opsi yang tersedia, misalnya saja menebak komentar atau menebak foto. Selain itu, juga bisa memasukkan kode dari Facebook yang dikirimkan lewat SMS.

Berikut kami jelaskan cara membuka akun Facebook yang terkunci selengkapnya:

1. Unggah Identitas

Jika akun FB kamu terkunci, maka bisa mengunggah identitas untuk mengembalikan akun FB tersebut. Caranya seperti di bawah ini:

  • Siapkan kartu identitas (ID), seperti KTP, SIM, Kartu Pelajar dan Paspor.
  • Selanjutnya buka Facebook, lalu login dengan memasukkan alamat email atau nomor telepon dan password.
  • Jika FB terkunci, akan muncul peringatan bahwa akun kamu terkunci sementara, lalu pilih Ya untuk melanjutkan.
  • Selanjutnya pilih Unggah Tanda Pengenal Berfoto lalu klik Lanjutkan.
  • Selanjutnya klik Browse lalu unggah foto yang telah kamu siapkan, jangan lupa untuk menutupi informasi rahasia namun pastikan nama, tanggal lahir dan foto terlihat.
  • Jika sudah, klik Continue untuk mengunggah foto tersebut.
  • Selanjutnya masukkan alamat email atau nomor HP serta username Facebook (jika diminta).
  • Kemudian masukkan ID di kolom File dan klik Kirim.
  • Selanjutnya tunggu sampai pihak Facebook mengirimkan email ke alamat email yang kamu cantumkan, bisa memakan waktu hingga 24 jam.
  • Selanjutnya buka email tersebut, dan gunakan kata sandi yang tercantum di dalamnya untuk login ke Facebook.
  • Selesai.

2. Tebak Foto Teman

Selain unggah foto seperti cara pertama di atas, cara membuka akun FB yang terkunci selanjutnya adalah dengan mengonfirmasi identitas. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menebak foto teman, yaitu 5 foto teman dengan benar.

Pastikan kamu menebak foto teman tersebut dengan benar. kamu akan diberi kesempatan hingga 3 kali. Jika gagal, 

kamu bisa mencobanya lagi besok setidaknya setelah 24 jam. Namun, jika kamu berhasil, akun Facebook tersebut akan kembali terbuka.

3. Tebak Komentar

kamu juga bisa menebak komentar dengan benar untuk mengembalikan akun Facebook yang terkunci. Sama seperti tebak foto, kamu diberi kesempatan untuk menebak 5 komentar sesuai dengan aktivitas yang kamu lakukan sebelumnya.

Menebak komentar juga bisa dilakukan dalam 3 kali kesempatan, jadi jika salah di kesempatan pertama, bisa melakukannya di kesempatan kedua dan ketiga. 

Jika berhasil, akun FB tersebut akan kembali terbuka, jika gagal maka harus mencoba lagi 24 jam berikutnya.

4. Pulihkan dengan Nomor Telepon

Cara mengembalikan akun FB yang terkunci berikutnya adalah dengan nomor telepon. Hal ini bisa kamu lakukan ketika telah mencantumkan nomor HP yang aktif di akun Facebook. 

Jika iya, bisa memanfaatkannya untuk memulihkan akun FB yang terkunci.

Nah, setelah kamu memasukkan nomor HP yang terhubung dengan Facebook, maka mereka akan mengirimkan kode pemulihan lewat SMS. Manfaatkan kode pemulihan tersebut untuk membuka akun FB yang sebelumnya terkunci.

5. Mendiamkan Akun Sementara

Cara terakhir adalah dengan mendiamkan akun Facebook terlebih dahulu. Namun, cara ini butuh waktu yang lama karena bisa memakan waktu hingga 3 sampai 4 minggu. 

Namun, jika cara-cara di atas tidak ada yang berhasil, maka bisa mencoba cara satu ini.

kamu hanya perlu log out dari Facebook dan tidak mencoba login sama sekali. Nah, ketika setelah 3-4 minggu akun FB tetap tidak bisa dibuka, berarti cara ini gagal. Mungkin kamu harus rela kehilangan akun FB tersebut.

Sejauh ini, memang tidak ada yang tahu berapa lama akun FB bisa terkunci. 

Semua tergantung penilaian dari Facebook, jadi jika kamu memang melakukan pelanggaran yang berat, akun FB bisa terkunci dalam waktu lama, dan bahkan tidak bisa kembali lagi.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa ulasan menarik seputar Cara membuka akun FB yang terkunci sangat mudah, setidaknya ada 5 cara yang bisa kamu lakukan. 

Ini nggak sulit dan cukup sederhana kok!

Mulai dari unggah foto kartu identitas, menebak foto teman, menebak gambar, memulihkan dengan nomor telepon, dan mendiamkan akun FB selama 3-4 minggu.

Semoga beberapa ulasan dalam artikel ini bermanfaat untuk kamu, selamat mencoba ya!