Download Desain Cover Proposal: Menarik dan Bisa Diedit dengan Mudah!

Desain Cover Proposal
Desain Cover Proposal

Swarariau.com, Tutorial Microsoft Office -- Salah satu cara efektif memberikan kesan yang baik pada sebuah proposal adalah bagian covernya. Tidak sedikit yang belum menyadari hal ini sehingga mendesain bagian depan dokumen tersebut ala kadarnya. Padahal, Anda perlu membuat desain cover proposal yang menarik dan informatif.

Informatif yang dimaksud yaitu cover memuat judul dan keterangan secara pas dan tidak berlebihan. Selain itu, pastikan desainnya juga sesuai dengan tema proposal yang diusung. 

Baik itu untuk proposal bisnis maupun di bidang pendidikan atau dalam bisa lainnya. Pada umumnya, sebuah proposal memuat hal yang hampir sama mengenai gambaran umum dari investasi atau kegiatan yang akan dilakukan.

Mengapa Harus Membuat Desain Cover Proposal yang Tepat?

Sebelum mengadakan acara atau kerja sama bisnis tentunya membutuhkan proposal yang memuat berbagai hal di dalamnya. Misalnya pada proposal bisnis yang akan membantu Anda memperoleh pembiayaan proyek tertentu.

Konten proposal bisnis biasanya berupa ide brilian untuk meyakinkan investor agar mau bekerja sama dengan produk yang diusung. 

Anda bisa memulainya dari hal kecil namun berdampak cukup signifikan, yaitu membuat cover proposal yang baik.

Download Desain Cover Proposal Siap Edit Word Terbaru 2022

Seperti yang telah diketahui oleh banyak orang, cover proposal bisa langsung memberikan kesan tersendiri bagi pembacanya. 

Oleh karena itu, bagian yang satu ini harus diperhatikan dengan baik agar nantinya tujuan bisnis atau acara yang direncanakan berlangsung lancar.

Tidak perlu khawatir, di bawah ini akan disediakan link download desain cover proposal dengan berbagai macam gaya. Anda bisa mengunduhnya secara gratis dan langsung edit.

1. Template Cover Proposal Elegan Dua Warna

Desain cover ini menggunakan dua warna utama, yaitu orange dan hijau. Meski hanya memanfaatkan dua kombinasi warna, tampilannya begitu elegan. 

Anda bisa memberikan nama perusahaan di bagian pinggirnya yang berkesan transparan.

Selain itu, untuk bagian headline ada di bagian tengah dan keterangan tambahan di bawahnya. Untuk informasi kontak dan alamat sendiri bisa diletakkan di bagian bawah.

Download

2. Template Cover Proposal dengan Sisi Unik

Template satu ini sangat cocok bagi yang hendak membuat proposal untuk hal-hal berbau kreatif. Di sisi kanannya terdapat bentuk segitiga yang terdiri dari dua warna. 

Menariknya, judul proposal bisa diletakkan di bagian bawah yang memang cukup luang.

Sedangkan jika ingin menambah headline bisa dilakukan di sisi kanan. Desain cover proposal ini sebenarnya tidak menggunakan banyak warna. 

Template ini juga menerapkan transparansi warna yang bisa diedit lagi sesuai kebutuhan.

Download

3. Cover Proposal Word Simple dan Elegan

Tidak sedikit yang menghabiskan banyak waktu untuk membuat desain proposal. Padahal, Anda bisa mencari referensinya di internet, terutama untuk proposal yang harus segera diserahkan. 

Bahkan meskipun diminta secara mendadak, desain cover tetap perlu diperhatikan.

Salah satu template cover yang bisa langsung diedit adalah file word yang tersedia di bawah ini. Desainnya merupakan kombinasi bentuk square dengan ukuran berbeda-beda. 

Anda bisa setting warna di dalamnya menjadi lebih transparan.

Download

4. Desain Cover Menarik dengan Kombinasi Lingkaran

Desain cover ini menonjolkan aksen dua buah lingkaran dalam ukuran besar dan warnanya berbeda. 

Anda bisa menerapkan warna solid seperti merah maroon dan di atasnya berwarna putih. Untuk judul dan keterangannya bisa dituliskan pada aksen lingkaran tersebut.

Cover proposal seperti ini cukup catchy sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenis keperluan. 

Terutama ketika hendak mengajukan proposal event kreatif, dijamin dari covernya saja sudah menarik!

Download

5. Template Cover Proposal Word Simple Tiga Warna

Desain cover ini hanya menggunakan kombinasi tiga warna, yaitu merah, putih, dan hitam. Bentuknya tampak abstrak tidak berkesan berantakan. 

Warna putih tampak dominan karena digunakan sebagai background judul proposal dan keterangannya.

Warnanya sendiri bisa diubah sesuai tema proposal yang hendak diajukan. Disarankan untuk tetap menggunakan warna putih sebagai warna background judul.

Download

6. Cover Proposal Word Simple Dua Warna

Tidak sedikit yang lebih memilih membuat cover proposal simple dengan dua warna saja. Cover seperti ini memang sangat cocok digunakan untuk berbagai macam keperluan, baik untuk pekerjaan maupun proposal pendidikan.

Contoh proposal di bawah ini hanya menggunakan kombinasi warna putih dan ungu. Warna putih lebih mendominasi namun tidak terkesan monoton. 

Headline atau judul proposal bisa dituliskan di pojok kanan atas dan keterangan di bawahnya.

Download

Cara Membuat Desain Proposal yang Profesional dan Elegan

Tidak sedikit yang menganggap cover proposal adalah sampul biasa. Padahal, melaui sampul depan tersebut diperlukan komunikasi yang baik agar menarik perhatian pembaca. 

Lalu, apa saja hal yang harus diperhatikan agar cover proposal tampak berkualitas dan elegan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.

Berikut ini beberapa hal yang sudah admin rangkum dan bisa disimak sebaik mungkin untuk bisa membuat design terbaik untuk proposal, simak ulasan selengkapnya:

1. Judul dan Informasi Tambahan yang Penting

Usahakan ketika mendesain cover hanya memuat unsur teks berupa materi penting. Adapun materi yang dimaksud yaitu judul dan informasi tambahan, misalnya nama usaha atau nama lembaga. 

Jangan lupa untuk menuliskan alamat jelas agar cover lebih kredibel.

2. Menggunakan Desain Simple

Pada dasarnya, desain untuk cover proposal lebih bagus dibuat simple namun tetap elegan. Sebaiknya gunakan unsur-unsur yang memang berkaitan dengan tema proposal tersebut. 

Biasanya cover tidak jauh berbeda layaknya iklan yang memberi gambaran umum kepada penerima proposal.

Oleh karena itu, perhatikan dengan baik desain dan warna background agar benar-benar sesuai dengan tujuan pembuatannya. 

Hindari warna-warna terang yang justru bertabrakan, misalnya dengan logo perusahaan.

3. Memperhatikan Kombinasi Warna

Desain proposal yang elegan biasanya menghindari konsep warna warni. Tak jarang cover seperti itu justru akan membuatnya tampak norak dan kurang menarik. 

Idealnya, cover yang profesional hanya menggunakan 2 atau 3 kombinasi warna saja.

Hal tersebut akan memberikan kesan elegan dan usahakan bagian covernya terlihat polos saja. Selain itu, gunakan warna lain selain putih jika tidak ingin terkesan monoton atau membosankan.

4. Menggunakan Font yang Sesuai

Pemilihan font tak kalah penting ketika membuat desain cover proposal. Sebaiknya, pilih font yang memang mudah dibaca dan tidak terdistorsi dengan background cover. 

Selain itu, usahakan agar fontnya memang memiliki karakter yang sama dengan bisnis yang dibahas dalam proposal.

5. Menambahkan Gambar yang Pas dan Sesuai

Meskipun hendak membuat desain cover yang simple, namun Anda juga bisa menambahkan gambar atau ikon. 

Unsur tersebut nantinya bisa mempercantik cover proposal bisnis agar lebih menarik perhatian pembaca.

Gunakan gambar yang memang relate, misalnya foto produk atau logo perusahaan. Agar tidak terkesan monoton, tambahkan juga garis bawah, lengkungan, atau garis samping atas.

6. Mengatur Komposisi Agar Harmonis

Apabila Anda sudah menyiapkan unsur yang dipersiapkan, selanjutnya adalah mencocokkan setiap elemen. 

Jika memperhatikan komposisinya dengan tepat, desain akan terlihat harmonis dan sesuai dengan tema proposal.

Kesimpulan

Beberapa contoh desain cover proposal di atas bisa dijadikan referensi agar hasilnya menarik perhatian pembacanya. Anda bisa mengeditnya sesuai kebutuhan menggunakan warna dan bentuk sekiranya lebih cocok.

Ada banyak contoh design yang ada di internet,

Cari model yang paling anda sukai, setelah itu anda bisa melakukan beberapa pengeditan sesuai dengan kebutuhan yang akan anda pakai.

Semoga informasi ini bermanfaat ya!