Download Desain Kartu Nama CDR, Word, PSD, Gratis Langsung Edit!

Desain Kartu Nama
Desain Kartu Nama

Swarariau.com, Tutorial -- Bagi desainer visual profesional, membuat kartu nama mungkin bukan suatu pekerjaan sulit. Namun, lain halnya bagi orang awam yang mungkin membutuhkan banyak referensi. Misalnya melalui desain kartu nama CDR yang akan diulas kali ini.

Pada dasarnya, tidak hanya format CDR (CorelDraw) bisa dijadikan pilihan. Anda juga bisa memilih format Word, PSD, AI, dan sebagainya. 

Namun, penggunaan CorelDraw memang dikenal lebih mudah oleh berbagai kalangan. Ada banyak orang yang memanfaatkan aplikasi editor yang satu ini.

Terutama untuk mereka yang suka dengan dunia komputer dan editing. So, pada artikel kali ini kita akan mengulas seputar design kartu nama.

Simak ulasan selengkapnya.

Fungsi Kartu Nama

Sebenarnya, Anda bisa mendesain kartu nama sendiri dengan mudah jika sudah memiliki referensi. Jika dana terbatas, mencari template yang bisa didownload langsung bisa menjadi pilihan. 

Nantinya, pengguna tinggal mengembangkannya berdasarkan ide-ide kreatif yang dimiliki.

Kartu nama merupakan identitas pengenal dalam bentuk kartu yang dimiliki individu maupun instansi tertentu. Adanya kartu tersebut akan memudahkan relasi untuk mendapatkan informasi singkat dari pihak yang memberikan kartu nama.

Jenis kartu tersebut banyak dimanfaatkan di bidang bisnis, pekerjaan, pendidikan, dan sebagainya. Anda bisa mendesain kartu nama secara simple namun cukup informatif.

Jenis-Jenis Kartu Nama

Meski berbagai informasi saat ini bisa didapatkan dengan mudah melalui internet, keberadaan kartu nama tetap dibutuhkan. 

Di dalamnya memuat informasi singkat berupa nama, kontak, posisi, dan sebagainya. Adapun beberapa jenis kartu nama yaitu sebagai berikut:

1. Kartu Nama Perusahaan/Toko

Setiap perusahaan atau toko tentunya membutuhkan kartu nama yang memuat nama bisnis dan kontak yang bisa dihubungi. 

Tidak hanya itu, toko yang sudah besar biasanya memiliki beberapa cabang di daerah-daerah tertentu.

Dengan adanya kartu nama, di dalamnya bisa dituliskan kantor cabang beserta alamatnya. Tak heran jika customer pun nantinya akan lebih mudah mengunjungi perusahaan atau toko tersebut.

2. Kartu Nama Posisi Pekerjaan

Bagi yang memiliki posisi cukup penting di perusahaan biasanya memiliki kartu nama. Kartu tersebut nantinya diberikan pada relasi agar lebih mudah melakukan kontak. 

Pada kartu biasanya tertulis nama lengkap, posisi, nama kantor, dan tentunya kontak yang bisa dihubungi.

3. Kartu Nama Anak/Orang Tua

Biasanya kartu nama ini dibutuhkan ketika berada di instansi pendidikan. Anak-anak akan diberikan semacam kartu identitas agar lebih mudah dikenal. 

Kartu nama tersebut berguna ketika anak-anak memasuki area tertentu, misalnya tempat belajar.

Tips Membuat Desain Kartu Nama CDR

Banyak yang mencari template kartu nama CDR di internet agar bisa langsung mengeditnya. File tersebut sebenarnya tidak hanya membantu pemula agar bisa membuat kartu nama sendiri. 

Melainkan bagi desainer visual profesional pun kerap kali membutuhkannya.

Misalnya untuk mengoleksi template kartu nama yang nantinya dijadikan sebagai referensi. Bagi yang ingin membuat desain kartu nama, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Desan Simple dan Elegan

Jangan sampai terdistorsi membuat desain kartu yang ribet dan terlalu banyak hiasan. Usahakan membuat desain simple namun tidak monoton. 

Dengan memilih desain simple, Anda bisa memberikan sedikit sentuhan yang tepat agar terlihat elegan.

2. Memuat Informasi Seperlunya

Sebagai kartu yang mengungkapkan identitas, bukan berarti Anda harus menuliskan semua informasi pada kartu. 

Sebaiknya masukkan keterangan yang sekiranya penting saja, yaitu sebagai berikut.

  • Nama usaha
  • Nama pemilik
  • Jenis usaha
  • Pekerjaan
  • Alamat kantor
  • Alamat usaha
  • Nomor HP/WhatsApp
  • Akun sosial media
  • Email

Beberapa informasi di atas bisa disaring kembali agar sekiranya tidak terlalu memenuhi kartu nama. 

Anda bisa memasukkan informasi di atas sesuai kebutuhan dan tujuan pembuatan kartu, misalnya untuk individu atau perusahaan.

Dimana Mencetak Desain Kartu Nama?

Jika sudah membuat desain kartu nama yang simple dan elegan, selanjutnya tentu Anda harus mencetaknya. Bagi yang baru pertama kali mendesain, mungkin akan sedikit bingung dimana harus mencetak kartu nama tersebut.

Anda bisa mendatangi tempat foto copy yang memang menyediakan jasa cetak kartu nama untuk individu maupun perusahaan. 

Tidak perlu khawatir, sudah banyak tempat foto copy yang sudah menyediakan jasa tersebut dengan harga bervariasi.

Jika di sekitar tempat tinggal tidak ada foto copy yang menyediakan, pencetakan tersebut juga bisa dilakukan secara online. 

Anda bisa menemukan jasa pencetakan ini di berbagai marketplace, contohnya Tokopedia dan Shopee.

Anda tinggal menyiapkan desain kartu nama CDR maupun format lainnya. Setelah itu, tentukan jumlah dan perhatikan harganya apakah sudah sesuai dengan budget atau tidak.

Contoh Desain Kartu Nama CDR, PSD, Word, AI

Bagi yang ingin membuat kartu nama sendiri, mencari referensinya di internet bisa menjadi pilihan tepat. Ada banyak contoh design dan model menarik yang bisa untuk anda jadikan referensi, baik dari segi tampilan hingga beberapa informasi yang akan dibutuhkan.

Selain itu, anda juga bisa langsung mengeditnya menggunakan warna, font, dan hiasan sesuai kebutuhan.

Di bawah ini merupakan beberapa contoh desain kartu dengan format CDR, PSD, Word, dan AI yang bisa dijadikan referensi:

1. Professional Business Card

Desain kartu nama ini merupakan perpaduan ide kreatif dan modern. Warna utama yang digunakan adalah hitam dan kuning, 

Anda bisa mengubah warnanya sesuai dengan profil perusahaan. Adapun untuk logo perusahaan sendiri tertera jelas di bagian tengah.

Di belakangnya terdapat informasi kontak yang disusun secara unik namun tetap simple dan elegan. Dapatkan desain kartu nama menarik ini melalui link download berikut:

Download

2. Black and Gold Business Card

Desain kartu nama ini menggunakan dua warna utama, yaitu emas dan hitam. Tampilannya begitu sederhana namun tetap elegan. Pada bagian depannya terdapat ikon perusahaan dan list kontaknya di bagian belakang.

Anda bisa menggunakannya sebagai kartu nama pengenal perusahaan atau toko, berikut desainnya yang bisa didownload:

Download

3. Blue Elegant Corporate Card

Template kartu nama ini begitu simple namun tetap unik dengan sedikit aksen hiasan di bawahnya. Warna utama yang digunakan adalah biru, putih, dan hitam. 

Desain kartu ini sangat cocok untuk kartu tanda pengenal perusahaan di bidang teknologi atau lainnya.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menambahkan QR Code yang bisa terhubung dengan website perusahaan. Berikut desain kartunya yang bisa langsung diedit dengan mudah.

Download

4. Modern Professional Business Card

Desain kartu nama ini tampak modern dengan logo dan nama perusahaan di bagian tengah. Selain itu, di pinggirnya terdapat sedikit aksen bergelombang yang merupakan perpaduan warna biru muda dan tua.

Di bagian belakang desain kartu terdapat QR Code dan kontak yang bisa dihubungi. Anda bisa memberikan keterangan akun media sosial yang bisa dicari di belakangnya.

Download

5. Business Card with Blue Squares

Jika membutuhkan desain kartu nama CDR yang sederhana namun tetap trendy, Anda bisa menggunakan template di bawah ini. 

Logo perusahaan berada di depannya, dan bagian belakang informasi kontak yang dibutuhkan.

Download

Download 35+ Desain Kartu Nama CDR

Selain beberapa contoh desain kartu nama di atas, terdapat referensi lainnya yang bisa langsung di edit. File berikut ini memiliki format CDR (CorelDraw) yang bisa diubah font, warna, teks, dan lainnya dengan mudah.

Pastikan di perangkat Anda sudah terinstall CorelDraw agar filenya bisa langsung terbuka, berikut link downloadnya.

Download

Kesimpulan

Tidak mudah membuat desain kartu nama CDR yang simple dan elegan. Anda bisa menjadikan beberapa referensi di atas sebagai solusi jika membutuhkannya dalam waktu cepat. 

Jangan lupa kreasikan sesuai ide dan profil perusahaan dengan tepat. 

Jika kamu mengkreasikan design dan tampilan kartu nama ini, tentunya akan membuat anda 'dikesan' oleh setiap orang yang bertemu dan berkomunikasi bisnis dengan anda.

Kartu nama yang anda berikan memiliki ciri khas dengan tampilan yang keren dan menarik.

Anda bisa coba dech!