Download Font Wayang dan Gaya Tulisan Nusantara Unik dan Gratis

Font Wayang dan Gaya Tulisan Nusantara
 Font Wayang dan Gaya Tulisan Nusantara

Swarariau.com, Tutorial Microsoft Office -- Font menarik penting diperhatikan ketika hendak membuat desain brosur, katalog, majalah, maupun tulisan di situs web. Salah satu yang banyak dicari adalah font wayang karena menonjolkan karakter dengan sentuhan budaya nusantara.

Penggunaan font pada dasarnya cukup berpengaruh terhadap keberhasilan visualisasi desain grafis. Anda bisa memanfaatkan font gratis maupun berbayar yang ada di internet. 

Font bertema wayang memang cukup unik, tulisan jadi memiliki ciri khas tersendiri dan tidak monoton.

Rekomendasi Font Wayang dan Nusantara Terbaik

Font wayang bisa menjadi solusi jika Anda hendak membuat produk lokal yang dekat dengan nuansa tanah air. 

Selain font bertema wayang, di bawah ini juga akan direkomendasikan font lain yang tidak kalah menarik.

1. Font Wayang Jawadwipa Adisastra

Jika Anda mencari font gaya wayang terbaik, maka gaya tulisan jawa gagrak Surakarta ini bisa menjadi pilihan. Pembuatnya sendiri terinspirasi dari skip khas Jawa yang unik. 

Tulisan seperti ini sangat cocok apabila ingin membuat brosur, reklame, maupun branding produk.

Download

2. Font Perangko Wayang

Font yang satu ini berisi perangko dengan tema wayang yang bervariasi. Karakter wayang didalamnya cukup banyak dan bisa menjadi hiasan untuk karya desain grafis. 

Misalnya sebagai tambahan pembuatan logo produk tertentu yang bertema nusantara.

Download

3. Font Wanita dengan Pakaian Adat

Font yang satu ini berisi 12 karakter gambar wanita Indonesia dengan pakaian adat khas. Gambar-gambar tersebut sangat cocok untuk tambahan visual bertema Nusantara.

Adapun asal daerah 12 gambar tersebut adalah Sumatera Utara, Jawa Timur, Sumatera Barat, Lampung, NTT, Jambi, Bali, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Karo, Jawa Barat, dan Kalimantan Timur.

Download

4.    Font Pramuka Indonesia

Font yang satu ini mungkin tidak terlalu berkaitan dengan budaya Indonesia. Namun, mungkin Anda membutuhkan beberapa karakter gambarnya untuk tulisan di web maupun karya lainnya. Jenis font ini berisi beraneka ragam gambar khas pramuka Indonesia.

Di antaranya adalah api unggun, lambang tunas kelapa, lambang burung garuda, dan lambang pramuka tingkat dunia.

Download

5.    Font Rumah Adat Nusantara

Jenis font berikutnya yang bertema Nusantara adalah font rumah adat. Font yang satu ini sangat cocok bagi Anda yang membuat karya tulisan mengenai budaya Indonesia. 

Tidak hanya itu, font ini juga bisa digunakan untuk membuat logo restoran lokal, produk, dan sebagainya.

Download

6. Font Pahlawan

Font pahlawan Indonesia ini dibuat cukup apik oleh pengembangnya. Hal ini dibuktikan dengan detail gambarnya yang cukup baik meskipun hanya monokrom. 

Anda bisa menggunakan font ini untuk berbagai macam kebutuhan, baik untuk tulisan maupun logo.

Download

7. Font Keluarga Bali

Font untuk bertema nusantara tentunya tidak hanya font gaya wayang. Melainkan font Balinese Family ini yang terlihat unik dan memiliki karakter tersendiri. 

Anda bisa menambahkannya pada logo produk yang hendak dirilis atau sekedar mempercantik tulisan.

Download

8. Antique Paleoindonesia

Sedang mencari font tulisan batik? Gaya tulisan ini akan melengkapi font gaya wayang yang Anda gunakan. Setiap huruf di dalamnya (A-Z) menggunakan aksen batik khas dan tampak menarik. 

Tulisan seperti ini bisa digunakan di berbagai macam karya agar tidak terlihat monoton.

Download

9. Batik Indonesia

Jenis font wayang berikutnya yang bisa dipilih adalah Batik Indo. Sebenarnya gaya tulisan ini bukan menggunakan karakter wayang, melainkan karya batik khas Nusantara. 

Anda bisa menerapkannya pada karya desain grafis yang tengah dibuat untuk bisnis atau pribadi.

Download

10. Font Aksen Batik Javallonia

Font bertema nusantara memang banyak dicari, namun tidak sedikit yang kesulitan mencarinya. Tidak perlu khawatir, link download di bawah ini bisa digunakan untuk mengunduh font Javallonia yang terbilang unik.

Download

Mengapa Harus Menggunakan Font Menarik?

Sebelum membahas rekomendasi font gaya wayang terbaik, sebaiknya pahami terlebih dahulu pentingnya menggunakan font menarik. 

Font yang tepat dapat membuat produk desain grafis bisa terbaca oleh orang lain secara jelas. Selain itu, seni visualisasinya pun tersampaikan dengan baik.

1. Menarik dan Mempertahankan Minat Pembaca

Tidak sedikit yang hanya melihat tulisan beberapa detik saja lalu skip ke hal lainnya. Bisa jadi karena tipe font yang digunakan kurang tepat sehingga sulit dibaca. 

Oleh karena itu, gunakanlah font yang menarik dan pas agar pembaca tidak hanya tertarik, melainkan membacanya sampai akhir.

2. Menciptakan Hierarki Informasi

Hierarki dibutuhkan di berbagai macam tulisan, misalnya pada sebuah website. Tentunya, tidak semua ukuran dan jenis font yang digunakan itu sama. Terdapat heading tertentu yang harus dibuat secara menonjol.

Font yang menarik berperan penting untuk membangun hierarki sehingga pembaca mendapat pengalaman khusus ketika membaca informasi di website. 

Pada dasarnya, pemilihan font untuk hierarki ini akan memberikan pengaruh signifikan terhadap traffic website.

3. Menambah Nilai Seni dalam Tulisan

Mungkin Anda belum menyadari bahwa font juga bisa menggambarkan suasana dalam tulisan. Tak heran jika pemilihan font yang menarik dan sesuai bisa menambah nilai seni. Tipe huruf tertentu akan mendeskripsikan karakter yang berbeda-beda.

Misalnya karakter tulisan yang sederhana, berani, serius, mengerikan, dan sebagainya. Selain itu, membuat tulisan dari beberapa kombinasi huruf bisa membuat desain grafis lebih indah.

4. Membangun Ingatan Pembaca

Kita tentunya sudah tidak asing dengan merek Coca-Cola yang menggunakan tipografi sebagai “logo”-nya. 

Jadi, jenis font merek minuman bersoda tersebut memang sudah mengendap di ingatan konsumen. Tak keran jika sebagian besar orang di dunia sudah mengenal font yang digunakannya.

Inilah yang menjadi salah satu tujuan penggunaan font menarik dan unik. Tidak sedikit bisnis yang mengalami kemajuan pesat, tentunya tidak lepas dari desain logo atau font yang digunakan.

5. Meningkatkan Kredibilitas

Profesionalisme dalam berkarya tentunya dibutuhkan untuk mendapatkan kepercayaan konsumen. Hal ini bisa dimulai dari langkah yang mudah, yaitu penggunaan font yang tepat. 

Misalnya branding produk akan lebih mudah jika font yang digunakan memang selaras, unik, dan tentunya menarik.

Anda bisa meningkatkan kepercayaan konsumen mulai dari menciptakan konten positif dan tidak monoton. Salah satunya adalah penggunaan font yang mudah diingat. Percaya atau tidak, hal ini nyatanya berpengaruh terhadap hasil strategi pemasaran.

6. Membangun Kesan Visual yang Mencolok

Ingin menciptakan desain yang berani, mencolok, dan menarik perhatian? Cobalah bereksperimen dengan penggunaan font yang tepat. Gunakan font terbaik dan selaras dengan filosofi karya yang dibuat.

7. Membuat Konten Lebih Selaras

Dibutuhkan pengaturan teks yang tepat agar bisa menciptakan visualisasi konten yang selaras. Tak heran jika pembuatan konten nantinya bersifat kontinyu, Anda tidak perlu memikirkan font yang berbeda-beda untuk setiap konten.

Kesimpulan 

Font wayang hanya menjadi salah satu pilihan untuk gaya tulisan bertema nusantara. Beberapa rekomendasi font lainnya bisa dicoba agar bisa menyempurnakan karya yang sudah dibuat. 

Anda bisa mengunduhnya secara gratis lalu mengkombinasikannya dengan beberapa font.