Top 7 Website Buat Sertifikat Online Gratis Dengan Design Terbaik

Buat Sertifikat Online Gratis
Buat Sertifikat Online Gratis

Swarariau.com, Tutorial -- E-sertifikat umumnya dibuat setelah mengikuti seminar, event, perlombaan, dan sebagainya. Perkembangan teknologi saat ini menjadikan cara buat sertifikat online gratis semakin banyak dicari. 

Jadi, Anda tidak perlu membuang banyak waktu untuk mendesainnya sendiri.

Seperti yang telah diketahui, desain sertifikat sendiri bisa dibuat pada melalui aplikasi Canva, Photoshop, dan sejenisnya. 

Tentunya, hal tersebut membutuhkan kemampuan dan waktu yang cukup banyak. Tidak perlu khawatir, Anda bisa mendownload file sertifikat yang bisa diedit.

Apa itu Sertifikat Online (e-Sertifikat)?

Pada dasarnya, e-sertifikat merupakan salah satu bentuk penghargaan yang diberikan pada narasumber atau peserta seminar. 

Sertifikat online memang erat kaitannya dengan kegiatan seminar. Namun, tentu penggunaannya bisa lebih luas.

Misalnya ketika Anda mengikuti pelatihan, lomba, dan kegiatan lainnya yang bermanfaat. Sertifikat tersebut bermanfaat untuk berbagai tujuan, misalnya melamar pekerjaan atau sekedar kenang-kenangan mengikuti event.

Rekomendasi Situs Buat Sertifikat Online Gratis

Jika membutuhkan template untuk membuat sertifikat, Anda bisa mengunduhnya gratis di website yang direkomendasikan. 

Setelah mendownloadnya, selanjutnya tinggal mengubah isi tulisan dan gambar apabila diperlukan. Lalu, apa saja rekomendasi situs mendownload template e-sertifikat?

1. 123Sertifikat

Sesuai dengan namanya, website yang satu ini menyediakan banyak sertifikat dengan berbagai tema. Kumpulan template di dalamnya pun dibagi menjadi beberapa kategori, misalnya sertifikat formal, olahraga, graduation, sekolah, event, dan sebagainya.

Anda bisa buat sertifikat online gratis dengan dua buah pilihan layout, yaitu portrait dan landscape. Untuk ukurannya sendiri memang hanya tersedia dua jenis, yaitu A4 dan Letter. 

Menariknya, sertifikat bisa langsung dicetak atau didownload dalam format PNG.

Proses editingnya pun tidak terlalu rumit, teks dan warnanya bisa disesuaikan. Untuk bagian gambarnya pun bisa ditambahkan agar terlihat lebih menarik.

2. Brainy Betty

Rekomendasi website untuk membuat sertifikat online berikutnya yaitu Brainy Betty. Situs ini menyediakan sertifikat dengan format gambar dan PPT. Desainnya tampak menarik dengan berbagai hiasan yang bisa diubah sesuai keinginan.

Jika ingin menambahkan gambar, Anda bisa menyisipkannya sebagai background pada template PPT. 

Tidak sedikit penyelenggara seminar online yang memilih membuat e-sertifikat melalui situs ini. Tampilannya mudah dipahami dan pilihan sertifikatnya cukup banyak.

3. Microsoft

Website yang satu ini tentu tidak perlu diragukan karena dimiliki oleh Microsoft. Situs ini tidak hanya menyediakan berbagai macam software, melainkan juga template sertifikat online. 

Kumpulan template tersebut dalam format PPT dan word.

Beberapa jenis template sertifikat yang sering diunduh adalah sertifikat partisipasi acara, sertifikat karyawan terbaik, sertifikat hadiah, dan sebagainya. Desain templatenya pun banyak yang simple namun tetap elegan.

Anda bisa mendownload sertifikat sederhana maupun profesional sesuai kebutuhan. Isi teks dan warna yang digunakan bisa diedit dengan mudah dan cepat.

4. Southworth

Jika Anda mencari situs buat sertifikat online gratis dalam format word, maka situs yang satu ini adalah jawabannya. 

Southworth.com menyediakan berbagai macam template sertifikat yang unik dan elegan. Tak heran jika lembar penghargaan tersebut tidak akan terkesan monoton.

Anda bisa mengunduh inspirasi template dalam format .zip. Jika ingin mengubahnya tentu mudah dilakukan baik di laptop Windows maupun Mac.

5. Venngage

Ingin membuat e-sertifikat dalam beberapa kali klik saja? Anda bisa melakukannya di situs Venngage dengan mudah. 

Situs ini memang sangat direkomendasikan untuk pemula karena tidak membutuhkan skill khusus untuk mendesainnya.

Template sertifikat mudah diedit dan tampilannya tampak simple. Dengan situs ini, siapapun jadi bisa membuat sertifikat sendiri, bahkan hasilnya terlihat profesional.

6. Bannerbear

Bannerbear kerap kali menjadi website yang dicari pengurus seminar yang ingin membuat sertifikat. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membuatnya untuk sertifikat kegiatan sekolah para siswa. 

Website ini memiliki tools khusus agar template sertifikat bisa langsung diedit dan diunduh.

Proses pengeditan bahkan terbilang mudah dan cepat, hasilnya bisa disimpan dalam format PDF. Anda bisa mendownload sebanyak lima sertifikat secara gratis melalui situs ini. Jika membutuhkan sertifikat dalam jumlah banyak, terdapat fitur otomatisasi API di dalamnya.

Jadi, tools tersebut bisa menghasilkan e-sertifikat PDF dalam jumlah massal. Situs ini tentu bisa menjadi solusi jitu bagi yang ingin menyediakan sertifikat seminar atau event lainnya.

Cara Buat Sertifikat Online Gratis di Aplikasi Google (Google Form & Slides)

Pada dasarnya, Anda tidak hanya bisa membuat e-sertifikat melalui website ataupun aplikasi desain. Cara lainnya adalah menggunakan Google Form yang bisa membuat template sertifikat menarik. 

Langkah-langkahnya mungkin lebih banyak, namun sertifikat yang dihasilkan juga memuaskan.

1. Membuat Formulir Pendaftaran Sertifikat

Tahap pertama dalam membuat sertifikat online di Google Form adalah mengisi formulir pendaftaran. Hal ini ditujukan agar sertifikat bisa diserahkan pada orang yang berbeda-beda, berikut langkah-langkahnya.

  • Langkah pertama, buka aplikasi Google Form lalu login menggunakan akun Google.
  • Klik ikon titik tiga yang berada di samping foto profil, selanjutnya pilih Google Drive.
  • Pilih My Drive lalu buat folder baru dengan klik New Folder.
  • Silahkan beri nama folder sesuai keinginan, namun disarankan memberi nama Sertifikat Online.
  • Buat formulir pendaftaran dengan memilih My Drive.
  • Pindahkan kursor ke menu Google Forms.
  • Pilih Blank Form.
  • Selanjutnya, silahkan desain formulir pendaftaran sesuai yang dibutuhkan. Disarankan untuk membuat dua kolom data saja, yaitu nama lengkap dan alamat email.
  • Untuk setiap inputan yang dimasukkan, pastikan Anda sudah mengaktifkan pilihan required. Hal ini ditujukan agar setiap kolom terisi dan tidak dikosongkan.
  • Agar peserta hanya mengisi inputan formulir satu kali, sebaiknya aktifkan limit response. Caranya silahkan buka menu Pengaturan Google Form di bagian atas terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, beri checklist di bagian Limit to 1 response.
  • Klik Save.
  • Jika sudah, selanjutnya buat Spreadsheet untuk Google Form, silahkan pilih opsi Responses di menu Questions.
  • Klik Create Spreadsheet lalu isikan judul filenya kemudian klik Create.
  • Langkah berikutnya, silahkan install Add-Ons Autocrat di Spreadsheet di menu Add-ons lalu pilih Get add-ons.

2. Membuat e-Sertifikat Otomatis

Tahap kedua adalah proses membuat sertifikat online otomatis. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan Google Slides berdasarkan data formulir pendaftaran sertifikat.

  • Silahkan buka Google Drive lalu klik My Drive.
  • Selanjutnya pilih Google Slides lalu buat dokumen baru dengan memilih Blank Presentation.
  • Pada halaman tersebut, Anda bisa mendesain sertifikat sesuai keinginan. Adapun pada kolom nama nantinya jangan diketik manual, melainkan ketik menggunakan tag <Nama_Lengkap>. Tag tersebut sesuai dengan nama kolom yang sudah dibuat pada Google Form tadi.
  • Jika sudah, selanjutnya hubungkan isian Google Form sertifikat menggunakan Addon Autocrat yang sudah ditambahkan. Caranya dengan klik menu Add-ons terlebih dahulu lalu pilih Autocrat.
  • Kemudian tekan Launch lalu klik New Job di bagian bawah.
  • Ketikkan kolom Job Name sesuai selera, misalnya “Sertifikat Seminar Membaca Cepat”.
  • Klik Next lalu pilih template sertifikat yang sebelumnya sudah didesain pada Google Slides.
  • Klik Select untuk memilih template tersebut, selanjutnya Anda harus setting Mapping Data dengan Template.
  • Pilih kolom yang ingin ditampilkan di sertifikat, misalnya Nama Lengkap.
  • Selanjutnya tekan Next.
  • Ketikkan nama file sertifikat beserta penerimanya, jangan lupa tambahkan tag <Nama_Lengkap> di akhir nama file.
  • Ubah format file menjadi PDF lalu pilih Next.
  • Selanjutnya pilih folder untuk menyimpan sertifikat yang sudah dibuat.

Kesimpulan

Pengadaan seminar dengan reward sertifikat memang memiliki daya tarik tersendiri. Jika Anda menjadi bagian dari pengurus acara tersebut, sebaiknya siapkan e-sertifikat juga. 

Cara buat sertifikat online gratis pun bisa dilakukan dengan mudah dengan website maupun aplikasi Google.

Semoga beberapa informasi ini memberikan manfaat sehingga anda dengan mudah bisa mengaplikasikan ketika ingin membuat sertifikat secara online.