Tips Mendownload Acer Support Driver dari Situs Resmi Produk Acer

Acer Support Driver

Swarariau.com, Tutorial -- Driver merupakan software yang fungsinya sangat krusial dalam pengoperasian komputer. Lalu darimana driver didapat?

Bagi Anda yang menggunakan perangkat Acer tidak perlu khawatir karena sudah tersedia Acer Support Driver sebagai tempat mendownload driver resmi produk Acer.

Seperti yang terlihat bahwa komputer memiliki beberapa jenis perangkat keras yang saling terhubung satu sama lain untuk bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Semua perangkat itu dapat melakukan perannya dengan sinergi karena adanya software berupa driver yang menghubungkannya.

Namun, untuk menginstal driver tidak bisa dilakukan sembarangan karena menyebabkan fungsi perangkat tidak akan optimal.

Simak artikel di bawah ini untuk mengetahui cara-cara menginstal driver yang baik dan benar.

Pengertian Driver

Driver merupakan sebuah software yang berfungsi untuk mengontrol perangkat keras komputer agar dapat terhubung dengan Operating System (OS), perangkat lunak, dan sesama perangkat keras lainnya.

Meski memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda dengan software pada umumnya, driver adalah komponen khusus sebagai penunjang kinerja komputer.

Hal ini dikarenakan driver bekerja dengan menghubungkan antar perangkat, baik itu lunak maupun keras.

Jika di dalam komputer tidak memiliki driver, maka seluruh perangkat kerasnya tidak dapat bekerja karena tidak ada penghubung yang membuatnya terkoneksi.

Driver juga dapat diumpamakan sebagai buku panduan karena fungsinya yang seperti memandu sebuah alat untuk bisa bekerja secara optimal.

Mengingat bahwa komputer memiliki banyak perangkat keras dengan tugas yang berbeda-beda.

Oleh karena itu agar komputer dapat memahami macam-macam tugas tersebut, ia memerlukan driver sebagai buku manual yang dapat membantunya terhubung dengan perangkat keras.

Cara Download Driver pada Acer Support Driver

Cara Download Driver pada Acer Support Driver

Perlu diperhatikan bahwa mendownload driver harus dari situs resmi perangkat yang digunakan.

Hal ini berhubungan dengan keamanan software yang tidak bisa terjamin jika mendownload pada sembarang situs di internet.

Selain itu, dengan mendownload dari sudah pasti akan kompatibel dengan perangkat yang dimiliki. Perangkat Acer memiliki penyedia driver resmi pada yaitu pada Acer Support Driver.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mendownload driver Acer:

  1. Kunjungi situs resmi acer pada link Berikut lalu masuk ke menu Driver & Downloads.
  2. Masukkan tipe produk yang hendak dicari drivernya ke kolom pencarian.

Kotak terakhir akan memberikan informasi mengenai driver untuk beberapa OS.

Apabila centang yang terdapat pada driver hanya OS Windows 7 artinya driver tersebut hanya bisa digunakan untuk OS Windows 7 saja.

Jika mengalami hal seperti itu, Anda dapat mengatasinya dengan mencari driver yang dicari pada situs masing-masing vendor perangkat keras yang Anda gunakan.

Selain itu, sayangnya situs resmi Acer hanya menyediakan driver untuk OS Windows saja.

Oleh karenanya jika Anda memerlukan driver untuk OS Linux, Anda dapat mencarinya pada situs resmi milik Linux.

Tips Mendownload Support Driver pada Acer Support Driver

Download Acer Support Driver

Saat mendownload driver, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Memilih OS sesuai dengan versi yang Anda gunakan pada perangkat komputer di kotak Operating System. Misalnya jika komputer Anda memakai OS Windows XP 32-bit maka pilih driver yang disertai tulisan Microsoft Windows XP Professional x32.
  2. Setelah melakukan pencarian driver, hasil yang muncul akan banyak macamnya. Untuk mengetahui driver yang cocok dengan perangkat, Anda bisa mengeceknya terlebih dahulu dengan menggunakan software Hardware Vendor Detection.
  3. Aplikasi ini dapat diperoleh secara gratis melalui situs resmi Acer pada link Berikut. Setelah berhasil masuk ke situs tersebut, pilih tipe komputer yang Anda pakai lalu klik ikon huruf “i”.
  4. Ikon tersebut terletak pada sebelah kanan tulisan “Need to know the hardware on your system to choose the right drivers?”. Kemudian Anda akan diarahkan untuk mendownload sebuah file bernama “HWVendordetection.exe”. Simpan dan install file tersebut.
  5. Setelah terinstal dan dapat dijalankan, akan muncul kotak referensi yang berisi daftar beberapa driver yang kompatibel dengan perangkat Anda. Setelah mengetahui drivernya, Anda dapat mendownloadnya dengan menggunakan langkah seperti yang telah dijelaskan di atas.
  6. Anda dapat memilih driver yang sesuai dengan kebutuhan dengan jaminan sudah pasti resmi, aman dan kompatibel dengan perangkat komputer Anda.

Permasalahan yang Dialami Driver Komputer

Seluruh barang elektronik tidak dapat dipungkiri pasti memiliki beberapa permasalahan. Tidak terkecuali dengan driver yang terpasang pada produk Acer.

Driver yang tidak support biasanya ditandai dengan tanda seru berwarna kuning pada Device Manager, berikut adalah beberapa penyebabnya:

1. Driver Tidak Kompatibel

Driver yang tidak support biasanya disebabkan karena driver tersebut tidak kompatibel dengan perangkat yang Anda miliki.

Setiap perangkat memiliki spesifikasi dan drivernya sendiri-sendiri sehingga harus menggunakan yang tepat agar dapat berfungsi dengan semestinya.

2. Hardware Rusak

Tidak ada salahnya mengecek hardware jika terjadi sebuah permasalahan karena tidak menutup kemungkinan hardwarenya juga mengalami kerusakan.

Tidak hanya driver, tanda seru kuning juga dapat menunjukkan adanya kerusakan pada hardware.

3. Terkena Malware atau Virus

Hal ini bisa terjadi apabila Anda mengunduh driver di tempat sembarangan. Software yang tersebar sembarangan biasanya sudah disusupi malware atau virus yang bisa membahayakan keamanan komputer.

Oleh karena itu, Anda harus mendownload driver pada situs resmi Acer Support Driver.

4. Terdapat Masalah pada Sistem

Driver yang tidak support juga bisa disebabkan karena sistemnya bermasalah.

Beberapa permasalah ini contohnya adalah file corrupt, kegagalan Windows Update, terdapat virus atau malware dan terdapat modifikasi lainnya.

Cara Mengatasi Driver Tidak Support

Driver yang bermasalah atau tidak support dapat diatasi dengan beberapa cara seperti berikut:

1. Menginstal Driver dari CD Bawaan

Cara teraman menginstal driver adalah dengan menggunakan CD bawaan hardware.

CD ini sudah ada di dalam paket pembelian perangkat komputer atau laptop sehingga dapat langsung digunakan tanpa perlu membelinya lagi.

Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir adanya virus dan malware atau bahkan kecocokan dengan perangkat keras karena sudah pasti akan kompatibel.

Namun, apabila tidak mendapatkan CD, Anda bisa menemukan driver yang sesuai pada website resmi perangkat yang Anda gunakan.

2. Menggunakan Software Pendeteksi

Anda dapat menggunakan software untuk mendeteksi permasalahan driver untuk menemukan sumber permasalahan dan cara mengatasinya.

Salah satu contoh dari software ini adalah DriverPack Solution yang dapat diperoleh secara gratis.

Aplikasi seperti ini memerlukan kapasitas komputer yang sangat besar yaitu 7 hingga 10 GB, tetapi akan sebanding dengan kemudahan yang diperoleh.

Software ini menyediakan berbagai jenis driver untuk bermacam-macam produk komputer.

Driver yang tidak support bisa juga disebabkan karena belum diupdate sehingga solusi terbaiknya adalah dengan mengupdatenya.

Anda dapat mendownload driver Acer secara resmi pada website Acer Support Driver.

Penutup

Cara download driver pada situs resmi Acer Support Driver tidak sulit, bukan?

Melalui situs ini Anda dapat mendownload berbagai jenis driver yang sangat berguna untuk perangkat komputer Anda secara gratis dan sudah terjamin keaslian serta keamanannya.

Saat mendownloadnya, selalu perhatikan tipe OS yang Anda gunakan agar driver yang telah didownload dapat berjalan sebagaimana mestinya dengan lancar.

Anda dapat melakukan beberapa tips di atas jika tidak tahu harus memilih driver mana yang cocok untuk perangkat komputer Anda.

Baca Juga: