Download Driver LAN Windows 7 Lengkap dengan Fungsinya

Daftar Isi
Driver LAN Windows 7

Swarariau.com, Tutorial -- Driver LAN Windows 7 diperlukan untuk menghubungkan satu komputer dengan yang lainnya. LAN sendiri merupakan sebuah jaringan komputer yang memiliki wilayah cakupan lokal saja.

Bisa juga diartikan bahwa jaringan ini hanya dapat diakses oleh pengguna yang berada di area LAN saja.

Driver sendiri dibutuhkan sebagai penghubung perangkat keras dan perangkat lunak agar keduanya bisa bekerja dengan baik.

Proses penginstalan software ini harus menyesuaikan dengan Operating System (OS) komputer agar dapat berjalan dengan baik.

Oleh karena LAN memakai banyak perangkat, maka membutuhkan driver yang tepat untuk semua perangkat agar dapat beroperasi dengan maksimal, berikut penjelasannya.

Pengertian LAN

LAN merupakan kependekan dari Local Area Network dan memiliki arti beberapa komputer yang terhubung dengan satu sama lain melalui sebuah link data.

Komputer yang terhubung dengan LAN harus berada di area yang sama dan merupakan bagian dari jaringan lokal. Oleh karenanya, LAN biasanya banyak ditemukan di wilayah kantor atau perumahan.

Agar beberapa kelompok komputer tersebut dapat bekerja secara optimal pada jaringan LAN, maka dibutuhkan untuk driver untuk menghubungkannya. 

Driver merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk menghubungkan perangkat keras ke jaringan komputer lain.

LAN driver juga berfungsi untuk melakukan transfer data antar komputer yang berada di jaringan LAN. 

Driver ini memiliki berbagai jenis dimana beberapa dapat diinstal di komputer pengguna dan lainnya di server bersama.

Beberapa perangkat keras yang memerlukan penginstalan LAN driver dalam pengoperasiannya di antaranya adalah modem, jaringan router dan kartu adapter atau network card.

Apabila driver ini sudah diinstal, maka dapat disebut juga dengan driver jaringan.

Fungsi LAN

Fungsi LAN

Seperti yang telah disebutkan di atas, LAN berfungsi untuk menghubungkan beberapa komputer yang masih berada dalam jaringan lokal agar proses kerja penggunanya menjadi lebih cepat dan mudah.

Selain fungsi tersebut, terdapat beberapa fungsi lain, yaitu:

1. Menghubungkan Komputer

Fungsi utama LAN adalah untuk menghubungkan 2 komputer atau lebih. Jika hanya 2 komputer, perangkat yang dibutuhkan hanya sambungan kabel UTP pada kedua komputer.

Sedangkan untuk yang lebih dari 2 menggunakan perangkat seperti Hub atau Switch untuk menghubungkannya.

2. Remote Komputer

Dengan menggunakan LAN, Anda dapat melakukan aktivitas remote pada komputer tanpa harus memiliki koneksi ke internet.

Pemanfaatan fungsi ini dapat dibantu dengan fitur yang telah disediakan oleh Microsoft yaitu Remote Desktop Manager/Connection.

3. Transfer File Antar Komputer

Fungsi LAN selanjutnya adalah untuk memudahkan transfer file dari satu komputer ke komputer lainnya.

Proses ini menjadi lebih cepat dan simpel dengan menggunakan metode sharing yang tersedia pada komputer.

4. Sharing Printer

Selain untuk memudahkan berbagi data, dengan menggunakan LAN komputer Anda dapat berbagi koneksi ke printer dengan mudah.

Proses ini tidak membutuhkan biaya yang besar dan cukup mudah untuk dilakukan

5. Lan Chatting

Fungsi LAN yang terakhir adalah untuk mengirim pesan singkat atau chat kepada komputer lain tanpa menggunakan koneksi internet.

Fitur yang bernama LAN Chatting ini dapat digunakan dengan menggunakan aplikasi chatting bawaan Windows yang bernama Winchat atau aplikasi chatting lain.

Kelebihan dan Kekurangan LAN

Kelebihan dan Kekurangan LAN

Terlepas dari segala fitur dan kemudahanya, LAN tetap memiliki kelebihan dan kekurangan yang terangkum sebagai berikut:

1. Kelebihan LAN

  • Biaya terjangkau. Hal ini dikarenakan LAN memiliki cakupan area yang hanya kecil sehingga proses settingnya tidak memerlukan perangkat mahal seperti fiber optic atau serat optik maupun satelit.
  • Dengan menggunakan LAN, Anda dapat berbagai sumber daya maupun koneksi tiap-tiap komputer dengan mudah dan cepat sehingga bisa menghemat waktu.
  • Proses pembuatan jaringannya sangat mudah sehingga tidak membutuhkan operator telekomunikasi.
  • Data LAN sifatnya terpusat dan tersimpan di dalam 1 komputer server pusat dimana data ini bisa diakses oleh semua komputer yang tergabung dalam jaringan LAN.

2. Kekurangan LAN

  • Kekurangan LAN yang pertama adalah cakupan areanya yang kecil sehingga sangat terbatas.
  • Tingkat keamanan komputer yang rendah karena bisa diakses oleh banyak pengguna.
  • Apabila komputer server pusat mengalami gangguan seperti terkena virus akan berimbas pada seluruh komputer yang terhubung dengan jaringan LAN.

Driver LAN Windows 7

Untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya pada jaringan LAN menggunakan metode ethernet dimana pada proses instalasinya menggunakan sebuah kabel untuk menyambungkan komputer ke jaringan.

Kabel yang digunakan bersifat khusus karena difungsikan sebagai penerima data serta untuk mendapatkan akses ke komputer secara luas.

Selain itu, Anda juga membutuhkan driver untuk menyambungkan perangkat keras dengan sistem komputer agar semua perangkat dapat terhubung.

Driver yang digunakan harus sesuai dengan OS yang digunakan karena jika tidak sesuai akan menyebabkan berbagai permasalahan nantinya.

Namun, tidak semua komputer langsung dilengkapi dengan driver LAN sehingga Anda perlu menginstalnya sendiri.

Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir karena kini sudah ada software yang dapat membantu untuk mendapatkan driver LAN yang sesuai dengan OS komputer.

Driver LAN Windows 7 terbaik Realtek ethernet LAN Driver merupakan solusi dari permasalahan tersebut. Anda bisa mengunduh driver yang sesuai dengan OS sehingga meminimalisir kemungkinan timbulnya permasalahan.

Fitur yang Dimiliki Realtek Ethernet LAN Driver

Agar bisa menggunakan jaringan LAN, perlu memasang driver yang sesuai dengan versi OS Windows yang digunakan.

Namun, dalam kenyataannya masih banyak orang yang salah dalam memilih driver ini sehingga menyebabkan berbagai permasalahan.

Sebagai driver LAN Windows 7, Realtek Ethernet LAN Driver dapat membantu untuk memilih driver yang sesuai. Berikut adalah fitur unggulan yang dimilikinya:

1. Dukungan Perangkat

Realtek Ethernet LAN Driver kompatibel dengan berbagai perangkat seperti laptop dan PC selama menggunakan OS Windows. Selain itu, ia dapat dioperasikan dengan lancar pada seri Windows 7 hingga 10.

2. Automatic Device

Ketika driver LAN Windows 7 Realtek Ethernet LAN Driver sudah berhasil diinstal, maka driver ini akan secara otomatis ditambahkan pada Device Manager di komputer, sehingga pengguna tidak perlu menambahkan secara manual.

3. Instalasi Mudah dan Gratis

Realtek Ethernet LAN Driver dapat diunduh dan diinstal secara gratis tanpa adanya sistem langganan pada komputer dengan OS Windows dari seri 7 hingga 10.

Dengan begitu, Anda tidak perlu mengkhawatirkan biaya karena tidak perlu mengeluarkannya sepeserpun.

Download Driver LAN Windows 7 Terbaru

Realtek Ethernet LAN Driver dirancang untuk optimalisasi jaringan LAN yang digunakan pada komputer dengan OS Windows 7 hingga 10.

Driver versi terbarunya dapat Anda download dengan mudah melalui link ini.

Proses instalasi LAN membutuhkan driver LAN Windows 7 atau versi OS lain yang sesuai agar dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya suatu masalah.

Driver ini berfungsi untuk menghubungkan perangkat keras ke sistem komputer agar dapat terhubung dan beroperasi bersama.

Realtek Ethernet LAN Driver merupakan salah satu jenis driver LAN yang kompatibel dengan seluruh versi OS Windows dari seri 7 hingga 10.

Penggunaan driver yang tidak sesuai dengan OS komputer akan menyebabkan banyak permasalahan pada saat perangkat beroperasi.

Baca Juga: