Cara Menampilkan Ruler di Word dan Mengubah Satuan Ukurannya

Cara Menampilkan Ruler di Word

Swarariau.com, Tutorial – Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan penggunaan Microsoft Word dalam menunjang aktivitas kerjamu sehari-hari. Terutama dalam keperluan penulisan dokumen.

Microsoft Word ini terkenal dengan beragam fungsi dan fiturnya yang lengkap dana mumpuni.

Walau cukup popular, namun ternyata masih banyak yang belum mengetahui dan faham terkait fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi tersebut serta cara penggunaannya.

Salah satunya adalah fitur Ruler atau penggaris. Fitur ruler atau penggaris pada Microsoft Word ini berguna untuk membuat dokumen menjadi lebih rapi dan mudah dibaca.

Pada umumnya pengguna memanfaatkan fitur ruler di Microsoft Word untuk merapikan paragraf kanan dan kirinya agar sama rata atau sesuai dengan posisi atau ukuran yang diinginkan.

Sesuai dengan namanya, fitur ini berfungsi layaknya sebuah penggaris. Yaitu membantu pengguna untuk membuat arah paragraf lebih tertata.

Kamu dapat menemukan dan menggunakan fitur ini yang terletak pada bagian atas Word. Akan tetapi tak jarang program pengolah kata Word pada laptop atau pc mu terkadang tidak memunculkannya.

Oleh karena itu, buat kamu yang ingin memunculkan fitur ini, berikut admin rangkum cara menampilkan fitur ruler pada Microsoft Word lengkap dengan cara mengubah satuan ukurannya.

Cara Menampilkan Ruler di Word (Semua Versi)

Cara Menampilkan Ruler di Word

Seperti yang telah admin singgung sebelumnya, fitur ruler ini tersedia pada bagian menu bar semua versi pada Microsoft Word.

Jika kamu ingin memunculkannya atau sewaktu-waktu kamu tidak sengaja menghilangkan tampilan ruler pada Microsoft Word di PC mu, maka kamu tidak perlu khawatir.

Karena caranya sangat mudah untuk mengatasinya. Pada artikel ini admin akan menuliskan beberapa tahap mengenai cara menampilkan ruler di Word.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Langkah awal silakan kamu buka aplikasi ‘Microsoft Word’ pada laptop atau PC kamu.
  2. Mungkin fitur ruler atau penggaris tidak tampil saat kamu membuka Microsoft Word. Jadi silakan kamu pilih ‘Ribbon View’.
  3. Selanjutnya pada bagian ‘Ruler’ silakan kamu centang fitur tersebut.
  4. Jika sudah kamu centang ‘Ruler’, maka secara otomatis fitur Ruler atau penggaris akan muncul pada bagian atas lembar Microsoft Word kamu

Cara Mengubah Satuan Ukuran Penggaris (Ruler)

Cara Mengubah Satuan Ukuran Ruler pada Word

Microsoft Word sendiri secara default menggunakan satuan inci untuk ukuran dalam sistemnya.

Sehingga saat kamu melihat ruler atau penggaris pada Microsoft Word kamu akan merasa tidak terlalu familiar dengannya jarak antara angka dan ukurannya.

Namun kita yang di Indonesia lebih terbiasa dengan penggunaan centimeter sebagai satuan ukurannya.

Nah, untuk mengubah satuan ukuran tersebut dari Inci ke Centimeter, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Langkah pertama silakan kamu buka aplikasi Microsoft Word pada komputer kamu.
  2. Jika aplikasinya sudah terbuka, silakan kamu klik File pada Ribbon. Lalu pilih Options.
  3. Setelah itu kamu akan diarahkan pada jendela atau window yang bernama Word Options. Lalu pada jendela ini silakan kamu pilih bagian Advanced pada tab sebelah kiri, dan silakan kamu scroll ke bawah pada bagian sebelah kanan.
  4. Selanjutnya pada bagian Display, silakan cari “Show Measurements in units of:. Bagian ini bertugas untuk mengatur satuan ukuran di Microsoft Word. Apabila sebelumnya adalah Inches, maka kamu bisa mengubahnya dengan cara mengklik kotak tersebut dan kamu bisa pilih satuan ukuran yang lebih familiar bagi kamu. Terdapat beberapa pilihan, ada centimeter, millimeter, points dan picas. Setelah itu silakan klik OK.
  5. Jika sudah selesai, maka kamu akan bisa melihat satuan ukuran pada Microsoft Word terutama pada penggaris atau Ruler kamu telah berubah.

Cara Menggunakan Ruler pada Microsoft Word

Nah, untuk cara menggunakan penggaris Microsoft word kamu bisa mengikuti tahapan berikut.

Pilih Tab Kiri pada bagian ujung kiri penggaris horizontal untuk mengubahnya ke tipe tab yang kamu inginkan. Kemudian, pilih salah satu tipe berikut ini:

  1. Perhentian tab Kanan, mengatur ujung kanan baris teks. Saat Anda mengetik, teks diisikan ke arah kiri.
  2. Perhentian tab kiri, mengatur ujung kiri baris teks. Saat Anda mengetik, teks diisikan ke arah kanan.
  3. Perhentian tab Tengah, mengatur posisi di tengah baris teks. Saat Anda mengetik, teks ditengahkan pada posisi ini.
  4. Perhentian tab Desimal, meratakan angka di sekitar titik desimal. Terlepas dari jumlah digitnya, titik desimal tetap berada pada posisi yang sama.
  5. Perhentian tab bar menyisipkan bar vertikal pada posisi tab. Tidak seperti tab lain, tab bilah ditambahkan ke teks begitu kamu mengklik penggaris. Jika kamu tidak mengosongkan perhentian tab bilah sebelum mencetak dokumen, garis vertikal akan ikut tercetak.
  6. Perhentian tab Bilah, tidak memposisikan teks.
  7. Klik atau ketuk bagian bawah penggaris horizontal tempat kamu ingin mengatur perhentian tab.

Cara Membuat Paragraf di Microsoft Word Word

Nah, selain ruler, opsi lain untuk membuat hasil pengolahan kata kamu pada perangkat lunak Microsoft word menjadi lebih rapi yakni dengan paragraf.

Jika ingin membuat suatu paragraf menjorok ke dalam bisa kamu lakukan dengan mengklik tombol “Tab” pada keyword.

Tidak hanya itu, Microsoft Word juga memungkinkan kamu sebagai pengguna untuk menentukan jarak paragraf.

Adapun cara mengatur paragraf pada Microsoft Word adalah sebagai berikut:

  1. Langkah awal, silakan kamu pilih paragraf yang ingin kamu format.
  2. Kemudian pada tab Home, pilih perintah Line and Paragraph Spacing.
  3. Selanjutnya klik Add Space Before Paragraph atau Remove Space After Paragraph dari menu drop-down.
  4. Setelah itu, jarak paragraf akan berubah dalam dokumen.

Dari menu drop-down, kamu bisa memilih Line Spacing Options untuk membuka kotka dialog paragraf. Dari sini, kamu bisa menentukan barapa ukuran ruang sebelum dan sesudah paragraf.

Kamu bisa menggunakan fitur Microsoft Word Safe as Deafult untuk menyimpan seluruh perubahan yang telah kamu buat dan secara otomatis menerapkannya ke dokumen baru.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa tips dan langkah yang bisa admin rangkum mengenai cara menampilkan ruler di Word dan juga cara mengubah satuan ukurannya.

Dengan menampilkan ruler, maka akan memudahkan kamu untuk mengatur posisi paragraf pada dokumen yang sedang kamu kerjakan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kamu ya. Selamat mencoba!

Sebagai informasi tambahan, kamu juga bisa membaca artikel berikut ini: