Panggilan Gagal di iPhone, Berikut Cara Mengatasinya!

Panggilan Gagal di iPhone

Swarariau.com, IPhone – Halo guys, seperti yang kita ketahui, IPhone merupakan salah satu gadget yang saat ini sangat ramai digunakan oleh kalangan milenial.

Bukan hanya bermerk tetapi kualitas yang iPhone tawarkan juga sangat menggiurkan. Tetapi tidak sedikit orang yang mengalami masalah Panggilan Gagal di iPhone.

Lalu apa sih penyebab panggilan kamu gagal saat menggunakan iPhone? Yuk simak ulasan berikut.

Hal ini bisa membuat frustrasi ketika iPhone kamu tidak bisa melakukan panggilan.

Dalam beberapa situasi, kamu mungkin perlu melakukan panggilan suara menggunakan SIM atau aplikasi pesan instan seperti WhatsApp atau Telegram.

Panggilan suara internet tidak seintuitif panggilan operator standar. Jika pesan teks berfungsi seperti yang diharapkan, tetapi panggilan normal gagal, skenarionya pasti membingungkan.

Banyak faktor yang dapat mencegah iPhone Kamu melakukan panggilan.

Hal ini bisa berupa kesalahan jaringan, pemadaman operator sementara, masalah kartu SIM, atau masalah iPhone.

Kamu harus memulai dengan metode pemecahan masalah dasar dan lanjutkan ke trik lanjutan. Untuk informasi lebih jelasnya, simak artikel berikut ini hingga tuntas!

Cara Mengatasi Panggilan Gagal di iPhone

Cara Mengatasi Panggilan Gagal di iPhone

1. Gunakan Mode Pesawat

Mode pesawat adalah hal pertama yang harus kamu coba ketika menghadapi masalah jaringan pada iPhone Kamu. Solusinya adalah dengan mereset koneksi jaringan iPhone.

Saat memasuki dan keluar dari zona mati nirkabel seperti kereta bawah tanah dan terowongan, iPhone  sering kali gagal tersambung kembali ke jaringan.

Nah, kamu dapat memulihkan pita jaringan pada iPhone kamu dan melakukan panggilan dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini.

Jangan lupa untuk mengikuti langkah dengan teliti agar tidak menimbulkan masalah baru ya guys.

  1. Langkah pertama yaitu silakan geser ke bawah dari sudut kanan atas untuk membuka menu Pusat Kontrol (pengguna iPhone dengan tombol beranda harus menggesek ke bawah dari bawah ke atas).
  2. Selanjutnya aktifkan mode pesawat dan tunggu 1 hingga 2 menit.
  3. Setelah itu kamu harus mematikan mode pesawat, buka aplikasi seluler dan lakukan panggilan seperti biasa.
  4. Selesai.

2. Periksa Operator Jaringan

Jika kamu masih memiliki masalah konektivitas, coba trik lain dari daftar.

Cara yang kedua yaitu periksa apakah ada masalah dengan operator jaringan. Apakah ada gangguan layanan di penyedia pilihan kamu.

Periksa Downdetector kamu untuk masalah sebelum memposting tweet atau kritik dari penyedia layanan nirkabel kamu ya sobat.

Buka Downdetector di internet dan temukan operator seluler Kamu. Saat dilaporkan oleh pengguna lain yang terpengaruh, grafik interupsi tinggi akan ditampilkan.

Kamu harus menunggu memperbaiki masalah. Jika pemadaman operator sering terjadi, pertimbangkan untuk mengubah jaringan pilihan Kamu.

3. Periksa Paket Dealer

Cara selanjutnya yakni periksa paket dealer. Silahkan akses Downdetector. Pengguna pascabayar tidak perlu khawatir.

Namun, pengguna prabayar perlu memeriksa sisa waktu bicara suara dari paket tersebut.

Sebagian besar operator AS menawarkan panggilan suara tak terbatas, tetapi operator lain di seluruh dunia tidak.

Kamu perlu mengisi ulang nomor Kamu dengan paket lain dan mendapatkan menit tambahan. Untuk pengguna pascabayar, bayar tagihan sebelum tanggal jatuh tempo.

Jika tidak, operator dapat menangguhkan paket nomor kamu dan semua layanan.

4. Keluarkan dan Masukkan Kembali Kartu SIM

Pastinya semua iPhone modern saat ini memiliki slot kartu SIM pada bagian sisi kanannya. Nah, gunakan alat ejektor atau pin untuk mengeluarkan kartu SIM dengan hati-hati.

Kemudian, secara perlahan dan hati-hati, silakan gosokkan pada kain kering yang lembut dan masukkan kembali.

IPhone terbaru memiliki fungsi e-SIM, tetapi masih memiliki slot SIM fisik.

Setelah bertahun-tahun menggunakan kartu SIM, itu bisa rusak karena keausan. Kamu perlu mendapatkan kartu SIM baru dari penyedia Kamu.

Kemungkinannya kecil sih, tetapi Kamu mungkin tidak sengaja menjatuhkan kartu SIM Kamu baru-baru ini.

Kamu harus memasukkan kembali kartu SIM menggunakan alat pelepas SIM. Jadi walaupun kemungkinannya kecil, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

5. Setel Ulang Pengaturan Jaringan

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah silakan setel ulang pengaturan jaringan. Kesalahan jaringan dapat menyebabkan kegagalan koneksi operator pada iPhone.

Daripada membuang waktu untuk memperbaiki semuanya sendiri, kamu juga dapat menggunakan menu pengaturan iPhone untuk mengatur ulang koneksi jaringan Kamu.

6. Setel Ulang Semua Setelan

Apabila penyetelan ulang sebelumnya tidak berhasil, maka kamu bisa ikuti langkah-langkah Setel Ulang Semua Setelan ini. Konsekuensi dari setel ulang ini lebih signifikan.

Melakukan ini akan menghapus atau mengembalikan iPhone kamu ke default, semua pengaturan yang pernah kamu ubah pada iPhone kamu.

Pengaturan ini termasuk pengaturan keyboard, Wi-Fi, tata letak Layar Beranda, Bluetooth, Pengaturan Lokasi, VPN, dan banyak lagi.

Akan tetapi, itu tidak akan menghapus data pribadi apa pun seperti foto, video, musik, aplikasi, dll. Jadi kamu tidak perlu khawatir.

7. Periksa Daftar Kontak yang Diblokir

Mungkin kamu pernah dengan sengaja atau tidak sengaja memblokir kontak orang tertentu pada iPhone mu.

Nah, untuk memastikan bahwa nomor yang kamu coba hubungi tidak terblokir. Maka kamu perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Langkah pertama silaka kamu buka aplikasi Setelan dan ketuk Telepon. Kemudian gulir ke bawah lalu ketuk Kontak yang Diblokir. Selesai deh!

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa cara dan tips yang bisa mimin rangkum untuk kamu yang mengalami masalah Panggilan Gagal di iPhone.

Jangan lupa untuk mengikuti step-step yang telah mimin jelaskan agar masalah kamu dapat terselesaikan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membantu kamu ya. Selamat mencoba guys!

Untuk informasi menarik lainnya, kamu juga bisa baca artikel berikut ini: