Cara Scan Dokumen di IPhone, Cepat dan Praktis

Cara Scan Dokumen di IPhone

Swarariau.com, Tutorial – Halo guys, apakah kamu sudah tahu bahwa iPhone kini memiliki fitur scan? Lantas, apakah kamu juga sudah tahu cara scan dokumen di iPhone?

Nyatanya, fitur scan tersebut masih terbilang baru dan hadirkan untuk memberikan kemudahan bagi setiap pengguna iPhone.

Jika dulunya setiap pengguna membutuhkan suatu aplikasi agar bisa melakukan scan, maka saat ini pengguna iPhone tidak perlu repot lagi.

Hadirnya fitur scan membuat dokumen dapat diproses secara mudah dan tentu saja praktis.

Tak dapat kita pungkiri, scan dokumen menjadi hal yang sering kita lakukan misalnya untuk keperluan melamar kerja atau ingin melengkapi persyaratan administrasi saat akan mengikuti sebuah kegiatan.

Terkait hal itu, pihak produsen iPhone nampaknya sangat memahami kebutuhan konsumen saat ini yang sangat senang dengan hal praktis.

Oleh karena itu, hadirlah fitur baru berupa scan dokumen.

Fitur scan dokumen yang tersedia pada perangkat iPhone pun bisa kamu manfaatkan untuk memindai beragam jenis dokumen.

Hal itu seperti foto, kartu identitas, dan sebagainya. Selengkapnya simak ulasan berikut ini!

Cara Scan Dokumen di IPhone

Cara Scan Dokumen di IPhone

Adapun cara scan dokumen melalui iPhone dapat kamu lakukan dengan memanfaatkan kamera yang ada pada perangkat tersebut.

Dalam hal ini, kamu memotret dokumen yang nantinya akan kamu pindai dan menghasilkan tampilan gambar dalam format PDF.

Untuk lebih jelasnya simak langkah-langkah cara scan dokumen melalui iPhone berikut ini:

  1. Pada perangkat iPhone silakan kamu buka aplikasi Note atau Catatan. Aplikasi tersebut pasti ada pada setiap perangkat iPhone karena merupakan aplikasi bawaan.
  2. Selanjutnya buat catatan baru dengan cara mengklik ikon kotak dan pena yang terletak pada bagian pojok kanan bawah aplikasi.
  3. Kemudian klik ikon kamera yang letaknya berada tepat pada bagian atas papan ketik.
  4. Cara scan dokumen melalui iPhone yang berikutnya adalah pilih opsi Pindai Dokumen kemudian secara otomatis perangkat iPhone akan membuka kamera. Namun jangan heran karena kamera yang terbuka pada aplikasi Catatan ini sedikit memiliki tampilan yang berbeda dari aplikasi kamera biasanya.
  5. Jika kamera sudah terbuka, maka Kamu akan melihat adanya bingkai transparan yang berwarna kuning. Perlu kamu ketahui bahwa bingkai tersebutlah yang akan berfungsi dalam proses pemindaian dokumen.
  6. Untuk mulai memindai, maka silakan kamu arahkan dengan tepat kamera dan bingkai tersebut ke dokumen. Nantinya bingkai tersebut secara otomatis akan melakukan pemindaian untuk penyesuaian ukuran dokumen.
  7. Setelah proses pemindaian selesai, maka kamera otomatis akan mengambil gambar dari dokumen dan Kamu tak perlu menekan tombol potret. Sampai pada tahap ini kamu sudah bisa melihat preview dari gambar yang kamu ambil melalui proses scan dokumen.
  8. Perhatikan dan teliti baik-baik sebelum Kamu menyimpannya. Jika hasilnya sudah bagus, maka silakan klik ikon kotak pada bagian samping tombol potret.
  9. Setelah itu, kamu bebas melakukan pengeditan pada warna gambar dari hasil scan misalnya ingin diedit berwarna hitam putih seperti hasil fotokopi. Hal itu bisa kamu lakukan dengan cara mengklik ikon tiga lingkaran yang ada pada mode preview.
  10. Jika proses edit sudah selesai, maka Kamu bisa langsung menyimpannya dengan mengklik menu Selesai kemudian pilih opsi Simpan yang terletak pada bagian samping menu Potret.
  11. Hasil scan dokumen pun telah tersimpan dalam format PDF pada aplikasi Catatan. Jadi jika sewaktu-waktu dibutuhkan Kamu bisa langsung mencarinya pada aplikasi Note atau Catatan yang ada di perangkat iPhone.

Menandatangani Dokumen pada Aplikasi Catatan di IPhone

Menandatangani Dokumen pada Aplikasi Catatan
  1. Langkah pertama, silakan kamu buka Catatan, lalu ketuk dokumen dalam catatan.
  2. Selanjutnya ketuk tombol Bagikan, dan ketuk Markah.
  3. Kemudian ketuk tombol Tambah, lalu ketuk Tanda Tangan dan tambahkan tanda tangan yang disimpan atau buat tanda tangan baru. Setelah itu kamu bisa menyesuaikan ukuran kotak tanda tangan dan menempatkannya di mana pun pada dokumen sesuai keinginan kamu.
  4. Langkah terakhir, silakan kamu ketuk Selesai.

Nah, untuk menandatangani dokumen secara manual, silakan ikuti langkah 1-2, kemudian pilih alat untuk menggunakan dan menandatangani dokumen dengan jari kamu.

Atau kamu juga bisa menggunakan Apple Pencil dengan iPad yang kompatibel.

Cara Scan Dokumen pada HP Android

Buat kamu yang menggunakan HP Android seperti Samsung, Vivo ataupun Oppo, maka bisa menggunakan cara ini untuk melakukan scan dokumen.

Kamu bisa menggunakan aplikasi CamScanner agar scan dokumen yang kamu inginkan menjadi lebih mudah. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Silakan unduh aplikasi pada Play Store bernama CamScanner.
  2. Kemudian CamScanner akan memberikan opsi Register dan Skip. Lalu kamu pilih skip jika tak ingin mendaftar.
  3. Selanjutnya siapkan dokumen yang ingin kamu scan, misalnya kamu letakkan di atas meja.
  4. Setelah itu klik ikon kamera yang terletak pada bagian pojok kanan bawah atau seluruh dokumen bisa kamu tampilkan pada layar aplikasi Camscanner. Kemudian klik ikon kamera untuk mulai men-scan dokumen.
  5. Selanjutnya, dokumen hasil scan dapat kamu putar ke kiri atau kanan dan disesuaikan ukurannya. Lalu klik next jika tak ada yang ingin kamu ubah.
  6. Lanjut dengan pilih mode warna atau filter yang tersedia jika kamu perlukan. Ada juga pilihan warna hitam putih ataupun original. Kemudian klik save untuk melanjutkan.
  7. Setelah itu klik share pada bagian pojok kanan atas untuk menyimpan.
  8. Selanjutnya klik ikon PDF untuk melanjutkan lalu tap tombol share untuk menyimpannya pada ponsel atau membagikan dokumen yang telah kamu scan ke WhatsApp ataupun media sosial lainnya yang kamu inginkan.

Bagaimana, mudah bukan?

Jika tidak ada aplikasi bawaan dari ponsel yang kamu gunakan, maka kamu bisa mendownload aplikasi tambahan sebagai solusinya.

Akhir Kata

Demikian informasi singkat yang bisa mimin rangkum terkait cara scan dokumen melalui iPhone yang mudah dan praktis.

Sekarang kamu tak perlu repot lagi jika ada suatu dokumen yang ingin kamu scan.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi ya. Selamat mencoba guys!

Informasi menarik lainnya bisa kamu dapatkan dengan membaca artikel berikut ini: