[UPDATE] 5+ Cara Restore IPhone dengan Mudah Tahun 2023: Mudah dan Cepa Banget Lho!

Cara Restore IPhone

Swarariau.com, IPhone – Halo guys, sudah tahukah kamu cara restore iPhone agar data yang ada kembali lagi tanpa harus takut kehilangan?

Yup, tak dapat dipungkiri, cara restore iPhone menjadi salah satu topik yang banyak dicari oleh orang-orang.

Hal itu karena restore iPhone dapat menjadi salah satu solusi atas berbagai masalah yang terjadi pada perangkat iPhone yang kamu miliki.

Nyatanya, terlepas dari kepopuleran iPhone, perangkat tersebut juga sama seperti Android yang kadang mengalami berbagai masalah, salah satunya mengenai kendala software.

Meski demikian, kamu tak perlu khawatir karena setiap masalah tentu ada solusinya.

Nah, untuk bisa melakukan restore iPhone, kamu tentu saja harus melakukan backup data terlebih dahulu.

Karena jika hal ini tidak kamu lakukan, maka data yang terhapus saat proses restore iPhone tidak akan bisa kembali.

Berikut mimin akan berbagi informasi seputar iPhone dan cara restore iPhone buat kamu. Simak baik-baik ya!

Kenapa Harus Restore IPhone?

Pengguna iPhone wajib benar-benar paham dalam penggunaan HP mereka. Seperti yang kita tahu, harga perangkat iPhone cukup terbilang mahal.

...Apalagi untuk keluaran iPhone terbaru saat ini!

Untuk itu, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan dan salah satu restore iPhone ini sendiri. Mengapa harus melakukan restore?

Ada beberapa alasan mengapa kamu mungkin perlu merestore iPhone kamu, antara lain:

  1. Perbaikan masalah perangkat lunak: Jika iPhone kamu mengalami masalah perangkat lunak seperti lambat, sering mengalami crash, atau tidak berfungsi dengan baik, merestore iPhone bisa menjadi solusi. Dengan merestore, kamu dapat mengembalikan perangkat ke pengaturan awal dan menghilangkan bug atau kesalahan yang mungkin ada pada sistem operasi.
  2. Menghapus data pribadi: Ketika kamu ingin menjual atau memberikan iPhone kamu kepada orang lain, merestore perangkat adalah cara yang aman untuk menghapus semua data pribadi dari perangkat. Ini termasuk informasi pribadi, akun, kontak, pesan, dan file lainnya yang tersimpan di dalamnya.
  3. Pemulihan dari pembaruan yang gagal: Kadang-kadang, pembaruan sistem operasi iPhone dapat mengalami kegagalan atau terjadi masalah selama proses pembaruan. Merestore iPhone bisa menjadi langkah pemulihan untuk memperbaiki masalah tersebut dan mengembalikan iPhone ke kondisi yang normal.
  4. Pemulihan dari kehilangan data: Jika kamu kehilangan data penting seperti foto, video, atau pesan karena penghapusan tidak sengaja atau kerusakan perangkat, merestore iPhone dari cadangan sebelumnya dapat membantu dalam pemulihan data yang hilang.
  5. Membersihkan ruang penyimpanan: Jika iPhone kamu memiliki ruang penyimpanan yang penuh dan kamu ingin membersihkannya, merestore perangkat dapat membantu. Dengan merestore, kamu dapat menghapus semua aplikasi, file, dan data yang tidak perlu, mengoptimalkan ruang penyimpanan dan kinerja perangkat.

Penting untuk dicatat bahwa merestore iPhone akan menghapus semua data yang ada pada perangkat, jadi pastikan untuk melakukan backup data yang penting sebelum melakukan proses restore.

Cara Restore IPhone Terbaru 2023

Cara Restore IPhone Terbaru 2022

Adapun salah satu solusi yang dapat ditempuh adalah dengan melakukan restore iPhone. Terkait hal itu, apakah Anda sudah tahu bagaimana cara restore iPhone?

Jika belum, maka tenang saja karena Anda sudah membaca artikel yang tepat.

Pada dasarnya, restore dilakukan untuk mengamankan data-data yang tersimpan pada perangkat iPhone.

Oleh karena itu,  agar bisa melakukan restore, maka Anda harus melakukan backup terlebih dahulu. Backup merupakan sebuah proses mencadangkan data.

Data tersebut nantinya akan tersimpan di tempat yang aman dan dapat dengan mudah Anda temukan ketika sedang membutuhkannya.

Nah, backup menjadi hal pertama yang perlu dilakukan saat ingin melakukan restore.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa perangkat iPhone terkadang mengalami masalah.

Demi menghindari terjadinya hal-hal buruk dari masalah tersebut misalnya hilangnya data yang sudah tersimpan, maka Anda perlu melakukan restore.

Dengan melakukan restore, maka Anda masih bisa mengembalikan ulang data untuk nantinya dipindahkan ke perangkat yang baru.

1. Cara Restore Melalui iTunes

Adapun cara restore iPhone ada dua, yaitu melalui iTunes dan iCloud. Metode pertama menggunakan iTunes dapat Anda simak langkah-langkahnya berikut ini.

  1. Non-aktikan fitur Find My iPhone. Hal itu karena jika fitur tersebut belum dimatikan,  maka proses restore tidak akan bisa dilanjutkan. Adapun untuk mematikan fitur tersebut silakan masuk ke bagian Settings lalu pilih iCloud kemudian Anda akan menemukan opsi Find My iPhone dan silakan non-aktifkan fitur tersebut.
  2. Geser tuasnya kemudian masukkan kata sandi Apple ID.
  3. Hubungkan iPhone dengan perangkat komputer atau laptop setelah itu jalankan iTunes. Terkait hal itu, pastikan bahwa iTunes yang Anda miliki merupakan versi terbaru. Hal itu penting agar proses restore nantinya dapat berproses dengan lancar tanpa masalah.
  4. Klik tombol Restore iPhone. Jika sudah, maka jendela baru akan muncul. Saat itu, Anda akan diberi pertanyaan mengenai backup data. Untuk memastikan data benar-benar tersimpan aman dan terhindar dari kehilangan, maka Anda sangat disarankan untuk melakukan backup.
  5. Usai melakukan backup silakan pilih menu Restore atau bagi Anda yang menggunakan iPhone versi lama, maka bisa juga memilih opsi Restore and update.
  6. Setelah itu, Anda hanya perlu menunggu hingga prosesnya selesai.

2. Cara Restore Melalui iCloud

Adapun cara restore iPhone melalui iCloud yaitu sebagai berikut.

  1. Lakukan factory reset iPhone
  2. Jika iPhone sudah menyala kembali, maka masuk ke pengaturan Bahasa dan lainnya
  3. Cari Apps dan Data kemudian pilih Restore from iCloud Backup
  4. Masukkan Apple ID dan Password
  5. Pilih data backup yang diinginkan dan silakan tunggu prosesnya sampai selesai

Penting untuk kamu perhatikan bahwa iCloud memiliki keterbatasan dalam hal kapasitas.

Sehingga tak semua data yang terdapat dalam suatu perangkat iPhone dapat kamu kembalikan misalnya foto-foto dan musik.

3. Restore iPhone dengan Menggunakan Mode Recovery

Selain beberapa langkah yang sudah admin jelaskan diatas, ada lagi cara lain yang bisa kamu pakai untuk melakukan restore perangkat iPhone yang sedang kamu pakai.

...Oh ya, perlu untuk kamu perhatikan dengan baik dan benar!

Sebaiknya memahami terlebih dahulu sebelum benar-benar melakukan restore iPhone ini. Berikut adalah cara menggunakan Mode Recovery untuk merestore iPhone:

  1. Pastikan iPhone kamu terhubung ke komputer menggunakan kabel USB.
  2. Buka iTunes di komputer (pastikan kamu memiliki versi terbaru iTunes).
  3. Pada iPhone X atau model yang lebih baru: Tekan dan lepaskan tombol Volume Naik, lalu tekan dan lepaskan tombol Volume Turun. Selanjutnya, tahan tombol Samping hingga muncul layar Mode Recovery. Pada iPhone 8 atau model yang lebih lama: Tekan dan tahan tombol Samping (atau Tombol Atas pada iPhone SE 2020 atau model yang lebih lama) hingga muncul layar Mode Recovery.
  4. Di iTunes, akan muncul pesan yang mengatakan bahwa ada iPhone dalam Mode Recovery yang perlu direstore.
  5. Pilih opsi "Restore" untuk memulai proses restore. iTunes akan mengunduh versi firmware terbaru untuk iPhone kamu.
  6. Setelah proses pengunduhan selesai, iTunes akan memulai proses restore. Proses ini akan menghapus semua data dan pengaturan pada iPhone kamu.
  7. Tunggu hingga proses restore selesai. Perangkat iPhone akan restart dan mulai dari awal seperti baru.
  8. Setelah iPhone selesai merestore, kamu dapat mengatur ulang perangkat sebagai perangkat baru atau mengembalikan data dari cadangan yang tersedia.

Penting untuk dicatat bahwa menggunakan Mode Recovery untuk merestore iPhone akan menghapus semua data yang ada di perangkat.

Pastikan kamu memiliki cadangan terbaru dari data penting sebelum melanjutkan dengan proses restore.

4. Restore iPhone dengan Menggunakan Mode DFU (Device Firmware Update)

Apakah kamu pernah memperhatikan ada pengguna yang melakukan Restore iPhone dengan Menggunakan Mode DFU (Device Firmware Update) ini?

Nah, jika kamu bingung dan belum paham maka sebaiknya memperhatikan beberapa penjelasan yang sudah admin siapkan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk merestore iPhone menggunakan Mode DFU (Device Firmware Update):

  1. Pastikan kamu memiliki versi terbaru dari iTunes di komputer kamu. Jika belum, silakan unduh dan instal versi terbaru dari situs resmi Apple.
  2. Sambungkan iPhone ke komputer menggunakan kabel USB.
  3. Matikan iPhone dengan menekan dan tahan tombol Daya (Power) hingga muncul slider "Matikan". Geser slider ke kanan untuk mematikan iPhone.
  4. Setelah iPhone mati, tahan tombol Daya (Power) selama 3 detik.
  5. Tanpa melepas tombol Daya (Power), tahan tombol volume turun (Volume Down) juga selama 10 detik.
  6. Setelah 10 detik berlalu, lepaskan tombol Daya (Power) tetapi terus tahan tombol volume turun (Volume Down) hingga iTunes mendeteksi adanya perangkat iPhone yang terhubung dalam Mode DFU. Pada layar iPhone, akan muncul layar hitam yang menandakan iPhone berada dalam Mode DFU.
  7. Di iTunes, akan muncul jendela peringatan yang memberitahukan bahwa iTunes telah mendeteksi iPhone dalam Mode Pemulihan. Klik tombol "OK" untuk melanjutkan.
  8. Di iTunes, pilih opsi "Pulihkan iPhone" untuk memulai proses restore. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh iTunes dan tunggu hingga proses selesai.
  9. Setelah proses restore selesai, iPhone kamu akan reboot dan kembali ke pengaturan awal. Kamu dapat mengatur ulang iPhone seperti pengaturan bahasa, koneksi Wi-Fi, dan akun Apple.

Pastikan untuk mencadangkan data penting sebelum melakukan proses restore menggunakan Mode DFU, karena semua data pada iPhone akan dihapus selama proses tersebut.

5. Restore iPhone dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Untuk cara yang satu ini admin tidak menjelaskan terlalu panjang lebar. Ini hanya sekedar informasi saja untuk kamu.

Terdapat juga aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu dalam proses restore iPhone.

Cari aplikasi restore iPhone di App Store dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut. Pastikan untuk menggunakan aplikasi yang terpercaya dan memiliki ulasan yang baik sebelum menginstalnya.

Sebaiknya,

Sebelum menggunakan cara ini kamu tetap memperhatikan kelemahan ketika memanfaatkan aplikasi pihak ketiga pada perangkat iPhone kamu.

Perbandingan Perangkat iPhone Sebelum dan Sesudah Restore

Selanjutnya, ketika kamu akan melakukan restore iPhone maka perhatikan beberapa perubahan yang akan terjadi pada perangkat iPhone tersebut.

Admin sudah siapkan tabel perbandingannya, silahkan simak berikut ini:

perbandingan antara iPhone sebelum dan setelah mengalami proses restore:

Fitur/AspekiPhone Sebelum RestoreiPhone Setelah Restore
Pengaturan SistemTetapKembali ke pengaturan awal
AplikasiTetap terpasangDihapus, perlu diinstal kembali
Data PribadiTetap adaTerhapus, perlu di-backup kembali
Pengaturan JaringanTetapTetap
Pembaruan SistemTergantung versiTergantung versi
Ruang PenyimpananMungkin penuhBersih, lebih banyak ruang tersedia
Masalah Perangkat LunakMasalah mungkin adaMasalah diperbaiki
KontakTetap adaTetap ada jika di-backup sebelumnya
PesanTetap adaTetap ada jika di-backup sebelumnya
Foto dan VideoTetap adaTetap ada jika di-backup sebelumnya

Perlu diingat bahwa tabel ini hanya memberikan gambaran umum tentang perubahan yang terjadi pada iPhone setelah merestore.

Perubahan yang terjadi dapat berbeda tergantung pada metode restore yang digunakan, versi sistem operasi, dan backup yang tersedia sebelumnya.

Pastikan untuk melakukan backup yang memadai sebelum merestore untuk menghindari kehilangan data penting.

Mengembalikan Pengaturan IPhone ke Default

Mengembalikan Pengaturan IPhone ke Default

Kamu bisa mengembalikan pengaturan ke default tanpa perlu menghapus konten kamu.

Apabila kamu ingin menyimpan pengaturan, silakan cadangkan iPhone sebelum mengembalikannya ke default.

Misalnya, apabila kamu mencoba menyelesaikan masalah tetapi mengembalikan pengaturan ke default tidak membantu, kamu mungkin ingin memulihkan pengaturan kamu sebelumnya dari cadangan.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Silakan buka Pengaturan > Umum > Transfer atau Atur Ulang iPhone > Atur Ulang.
  2. Kemudian pilih opsi:

CATATAN: Apabila kamu memilih opsi Hapus Konten & Pengaturan, maka semua konten kamu akan terhapus.

  • Menu Atur Ulang Jaringan: Semua pengaturan jaringan akan terhapus. Selain itu, nama perangkat yang telah ditetapkan pada Pengaturan > Umum > Mengenai akan diatur ulang ke “iPhone”, serta sertifikat yang dipercayai secara manual akan diubah ke tidak tepercaya.
    • Menu Atur Ulang Pengaturan: Semua pengaturan termasuk pengaturan jaringan, pengaturan lokasi, kamus papan ketik, pengaturan privasi, dan kartu Apple Pay akan dihapus atau diatur ulang ke default. Tenang saja tidak ada data atau media yang dihapus.

Ketika kamu mengatur ulang pengaturan jaringan, jaringan dan pengaturan VPN yang sebelumnya kamu gunakan yang tidak diinstal oleh profil konfigurasi atau manajemen perangkat seluler (MDM) akan dihapus. Selanjutnya Wi-Fi dimatikan kemudian dinyalakan kembali untuk memutuskan hubungan dengan jaringan yang kamu gunakan.

Berikutnya, untuk menghapus pengaturan VPN yang diinstal oleh profil konfigurasi, maka kamu dapat mengikuti beberapa langkah sederhana berikut ini:

  • Silakan buka Pengaturan > 
  • Umum > 
  • VPN & Manajemen Perangkat. 
  • Kemudian pilih profil konfigurasi, dan 
  • Ketuk Hapus Profil. 
Nah, tindakan ini juga akan menghapus pengaturan dan akun lain yang disediakan profil

Selanjutnya, untuk menghapus pengaturan jaringan yang diinstal oleh MDM, caranya 

  • Silakan buka Pengaturan > 
  • Umum > 
  • VPN & Manajemen Perangkat. 
  • Kemudian pilih manajemen, dan 
  • Ketuk Hapus Manajemen.

    Note: Melakukan tindakan ini juga akan menghapus pengaturan dan sertifikat lain yang disediakan MDM.

Akhir Kata

Itulah penjelasan yang bisa mimin rangkum terkait cara restore iPhone. Terakhir, ingat bahwa semua proses tersebut berlangsung secara online.

Jadi jangan lupa menghubungkan semua perangkat kamu pada jaringan internet saat melakukan proses restore ya. Selamat mencoba!

Untuk informasi menarik lainnya bisa kamu baca artikel berikut ini: