Cara Membuat Footnote di Word Paling Mudah dan Sederhana

Cara Membuat Footnote di Word

Swarariau.com, Tutorial – Halo guys, cara membuat footnote di Word sebenarnya cukup mudah. Kamu bisa melakukannya sendiri tanpa harus meminta bantuan orang lain untuk melakukannya.

Footnote atau yang kita kenal dengan catatan kaki fungsinya cukup penting dalam pembuatan sebuah dokumen. Ia juga bisa kamu pakai untuk menambahkan keterangan penting pada lembar karya tulis.

Atau bisa juga kamu gunakan untuk merujuk pada sumber ilmiah yang kamu jadikan sebagai bahan dalam pembuatan sebuah tulisan.

Penggunaan footnote ini menjadikan dokumen kamu menjadi lebih teratur dan rapi. Terlebih jika kamu sisipkan dalam sebuah penulisan seperti makalah, skripsi, penelitian, hingga tugas praktikum.

Dokumen-dokumen seperti ini membutuhkan footnote (catatan kaki) pada bagian bawah halaman, juga endnote (cacatatan akhir) pada akhir sebuah dokumen.

Untuk membuat footnote atau catatan kaki dan catatan akhir sendiri sangatlah mudah. Kamu hanya butuh beberapa langkah sederhana untuk melakukannya.

Yang penting untuk kamu ingat adalah, catatan kaki akan muncul pada bagian bawah setiap halaman. Sedangkan catatan akhir muncul pada bagian akhir sebuah dokumen.

Untuk informasi lebih lengkapnya, simak terus artikel berikut hingga tuntas ya!

Mengenal Pengertian Footnote

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), footnote atau catatan kaki merupakan keterangan yang dicantumkan pada margin bawah pada halaman buku.

Footnote atau catatan kaki ini memiliki kekhasan, yang umumnya bisa kamu tulis atau kamu cetak dengan ukuran yang lebih kecil daripada ukuran teks biasanya.

Dengan begitu, kamu bisa menemukannya berbaris rapi pada margin bagian bawah halaman.

Nah, dengan keberadaan catatan kaki ini, maka akan memudahkan pembaca dalam memahami isi teks dan makna atau pesan yang ingin kamu sampaikan.

Footnote atau catatan kaki bersifat untuk memudahkan pembaca mengetahui sumber referensi dan sumber kutipan yang kamu gunakan dalam tulisan yang kamu buat.

Selain itu, catatan kaki juga bisa kamu gunakan untuk menjelaskan definisi suatu istilah dalam teks.

Fungsi Footnote dalam Tulisan

Fungsi Footnote dalam Tulisan

Terdapat beberapa fungsi dari footnote atau catatan kaki yang harus kamu ketahui, antara lain sebagai berikut:

1. Penanda Referensi yang Telah Kamu Gunakan

Manfaat footnote yang pertama adalah menjadi bukti referensi yang kamu gunakan dalam sebuah tulisan.

Biasanya dalam catatan kaki berisi detail nama penulis dan judul buku maupun sumber lain yang kamu jadikan sebagai referensi.

Maka dari itu catatan kaki juga menjadi bukti bahwa penulis menyampaikan kutipan dari sumber referensi kredibel dan terpercaya sebagai rujukannya.

Dengan begitu, hal ini menjadi bukti bahwa tulisan yang kamu buat memiliki kapabilitas dan kualitas yang baik bagi pembaca.

Dengan mencantumkan sumber referensi dalam sebuah tulisan, maka juga memberi informasi kepada pembaca terkait media lain yang bisa mereka pelajari dan masih satu topik bacaan.

2. Penambah Informasi Lanjutan

Adapun manfaat lain dari penggunaan catatan kaki ini adalah sebagai informasi lanjutan.

Ya, sebagai sumber referensi, pembaca juga bisa mendapatkan rekomendasi bacaan lain untuk membantu memahami topik yang sedang mereka baca.

Tidak hanya itu, catatan kaki yang isinya menjelaskan definisi suatu istilah, akan memudahkan pembaca untuk memahami isi tulisan secara keseluruhan.

Pasalnya, dengan adanya satu saja istilah yang tidak mereka ketahui, maka tulisan pun menjadi susah untuk mereka pahami secara keseluruhan.

Dengan begitu, hal ini akan membuat tulisan kamu lebih ramah kepada pembaca, dan ilmu yang kamu tulis dapat tersampaikan dengan baik.

3. Memperkaya Isi Pembahasan Teks

Nah, kamu juga harus tahu bahwa, penambahan catatan kaki pada sebuah tulisan berguna untuk memperluas penjelasan dari tulisan tersebut.

Footnote atau catatan kaki ini dapat memperjelas definisi dan kutipan yang kamu tambahkan dalam catatan kaki pada bagian margin bawah.

Jika catatan kaki menjelaskan definisi suatu istilah, maka pembacanya bisa dengan mudah memahami isi tulisan secara lengkap.

Penambahan catatan kaki ini juga akan membuat pembaca memahami istilah menarik yang mungkin masih asing mereka dengar. Terutama pada beberapa keilmuan yang banyak memiliki kosakata asing.

Cara Membuat Footnote di Word

Cara Membuat Footnote di Word

Untuk membuat footnote atau catatan kaki pada Microsoft Word, maka kamu perlu meletakkan kursor pada bagian kata atau kalimat yang membutuhkan footnote.

Dalam tahapannya, kamu akan menjumpai fitur Insert footnote yang merupakan fitur utama dalam membuat footnote (catatan kaki) yang terletak pada bagian bawah halaman.

Sedangkan Insert Endnote adalah fitur untuk memasukkan endnote (catatan akhir) yang hasilnya bisa kamu lihat pada bagian paling akhir suatu dokumen.

Kemudian juga terdapat Next Footnote, merupakan fitur yang memudahkan kamu untuk melihat footnote yang sudah kamu buat pada lintas halaman.

Nah, ingin tutorial yang lebih ringkas dan lebih mudah untuk kamu pahami? Berikut ulasannya:

Cara Membuat Footnote (Catatan Kaki) pada Microsoft Word

  1. Langkah pertama, silakan kamu buka dokumen Microsoft Word.
  2. Kemudian pilih kalimat atau kata yang ingin kamu tambahkan catatan kaki.
  3. Setelah itu klik ‘Reference’ dan pilih ‘Insert Footnote’.
  4. Jika sudah, ketik keterangan catatan kaki yang kamu inginkan.

Cara Membuat Endnote (Catatan Akhir) pada Microsoft Word

  1. Silakan buka dokumen Micrsoft Word kamu.
  2. Selanjutnya pilih kalimat atau kata yang ingin kamu tambahkan catatan akhir.
  3. Setelah itu klik ‘Reference’ dan pilih ‘Insert Endnote’.
  4. Baru kemudian lanjut dengan mengetik keterangan catatan akhir yang kamu inginkan.

Akhir Kata

Nah, demikianlah beberapa penjelasan yang bisa mimin rangkum buat kalian terkait cara membuat footnote (catatan kaki) dan endnote (catatan akhir) pada dokumen Microsoft Word.

Penjelasan tersebut menurut mimin cukup mudah untuk kamu pahami.

Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kalian semua ya. Selamat mencoba guys!

Untuk informasi menarik lainnya, kalian juga bisa baca artikel berikut ini: