Paling Gampang! Berikut Cara Screenshot Panjang Xiaomi Anti Gagal

Cara Screenshot Panjang Xiaomi

Swarariau.com, Tutorial – Halo guys, seperti yang kita ketahui, saat ini ponsel Xiaomi memiliki banyak fitur canggih dan terkini untuk memenuhi berbagai kebutuhan penggunanya.

Salah satu fitur yang paling banyak dicari pengguna adalah screenshot scrolling atau screenshot panjang.

Nah, untuk itu pada atikel kali ini mimin akan berbagi informasi buat kalian seputar cara screenshot panjang xiaomi yang anti gagal.

Fitur long screenshot Xiaomi memungkinkan kamu untuk mengambil screenshot dari atas ke bawah dalam berbagai aplikasi seperti browser, WhatsApp, Instagram dan lainnya.

Tentunya hal ini sangat berguna karena kamu tidak perlu lagi melakukannya berulang kali untuk mendapat seluruh konten pada tampilan layar xiaomi kamu.

Nah, untuk penjelasan lebih detailnya langsung saja kita simak ulasannya berikut ini. Check it out!

Tiap Merk Handphone Memiliki Cara yang Berbeda

Pastinya fitur Screenshot pada hp digunakan untuk kebutuhan yang berbeda-beda.

Mimin kasi contoh: misalnya pengguna smartphone yang tidak ingin menulis pada aplikasi mereka dan mereka mendapatkan informasi penting dari situs web tertentu, maka yang perlu mereka lakukan hanyalah mengambil Screenshot dan pekerjaan selesai.

Dengan begitu, pekerjaan menjadi lebih mudah dan cepat selesai.

Contoh lain, misalnya kamu ingin berbagi kode rujukan pada situs social, tidak perlu menulis, kamu hanya perlu mengambil Screenshot dan menyelesaikan pekerjaan tersebut dengan lebih ringkas.

Sekarang sudah banyak yang mengetahui bahwa screenshot telah memainkan peran penting dalam membantu dan mempermudah kehidupan kita sehari-hari.

Sangat keren dan membantu bukan?

Selain itu, kita semua juga tahu bahwa Xiaomi selalu lebih baik dalam hal penyesuaian.

Jadi kali ini  telah merangkum 2 cara atau metode yang bisa kamu lakukan untuk mengambil Screenshot pada perangkat Xiaomi favorit kamu.

Adapun semua metode yang mimin berikan ini dapat bekerja pada Semua Telepon Xiaomi.

Tidak peduli jenis apa yang kamu gunakan saat ini. Baik itu Redmi 1S, Redmi 3S / Prime,  Redmi 2 / Prime, Redmi note 3, Catatan 4G, Mi 2, Mi 3, Mi 4, Mi 4i, Mi 5 dan lain sebagainya.

Berikut Cara Screenshot Panjang Xiaomi Anti Gagal

Cara Screenshot Panjang Xiaomi

Apabila kamu sebagai pengguna Xiaomi ingin melakukan screenshot panjang, namun tidak mengerti bagaimana cara melakukannya.

Maka kamu tidak perlu khawatir, karena pada artikel kali ini akan mimin bahas mengenai bagaimana cara melakukannya.

Lebih jelasnya, berikut cara screenshot panjang xiaomi anti gagal:

1. Screenshot Panjang Tanpa Aplikasi

Screenshot panjang dapat kamu lakukan tanpa menggunakan aplikasi.

Caranya yaitu silakan kamu buka aplikasi yang ingin kamu ambil screenshot panjang pada ponsel Xiaomi seperti Facebook, Instagram, Play store, dll.

Kemudian ambil screenshot Xiaomi dengan kombinasi tombol power + volume down dengan menekan dan tahan selama beberapa detik.

Jika screenshot berhasil, hasilnya akan ditampilkan pada bagian pojok kanan atas.

Lalu pilih opsi browse dengan cepat sebelum menutup secara otomatis. Kemudian screenshot akan otomatis scroll ke bawah.

Kamu juga dapat menggulir atau menggulir ini secara manual. Ketika kamu merasa screenshot panjang sudah cukup, klik tombol Finish.

Selanjutnya, kamu dapat menyesuaikannya lagi sesuai dengan keinginan kamu seperti pangkas hasil screenshot atau juga dapat nenambahkan teks.

Terakhir, silakan klik simpan untuk menyimpan tangkapan layar ke galeri. Setelah itu tangkapan layar kamu akan secara otomatis disimpan di Galeri HP Xiaomi kamu.

2. Screenshot Panjang dengan Aplikasi

Apabila cara di atas tidak berhasil dikarenakan ponsel xiaomi kamu tidak mendukung, maka kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan bernama LongShot.

Aplikasi ini  sangat kompatibel dengan ponsel Android, salah satunya yaitu ponsel Xiaomi.

Untuk mengambil screenshot panjang Xiaomi dengan aplikasi LongShot sangatlah mudah.

Caranya, silakan kamu unduh dan instal aplikasi LongShot dari Play Store. Setelah install selesai, buka aplikasi LongShot tersebut.

Setelah itu, kamu dapat langsung mengaktifkan aplikasi tersebut lalu pilih tampilan aplikasi mana yang ingin kamu tangkap.

Kemudian klik mulai, maka secara otomatis layar kamu akan bergulir sendiri saat proses screenshot berlangsung.

Penyebab Screenshot Panjang Xiaomi Tidak Berfungsi

Penyebab Screenshot Panjang Xiaomi Tidak Berfungsi

Fitur long screenshot mungkin tidak tersedia atau mungkin tidak muncul pada ponsel Xiaomi Kamu.

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan yaitu pastikan terlebih dahulu bahwa ponsel Xiaomi kamu masih menggunakan stock ROM yaitu MIUI.

Hal ini karena kebanyakan custom ROM tidak menyediakan fitur screenshot panjang ini.

Selanjutnya perhatikan juga bahwa tangkapan layar panjang ponsel Xiaomi ini hanya tersedia untuk beberapa aplikasi saja.

Jika aplikasi kamu tidak mendukung tangkapan layar yang panjang, maka kamu akan melihat pemberitahuan bahwa aplikasi tidak mendukung tangkapan layar yang panjang.

Sehingga aktifitas screenshot panjang tidak dapat kamu lakukan.

Secara umum, fitur long screenshot pada ponsel Xiaomi ini tersedia pada tampilan aplikasi yang dapat kamu scroll ke atas dan ke bawah saja.

Oleh karena itu, kamu hanya bisa melakukan screenshot pada aplikasi yang mendukung saja seperti browser, Facebook, Instagram, WhatsApp dan lain sebagainya.

Akhir Kata

Nah, demikianlah beberapa penjelasan yang bisa mimin share buat kalian mengenai cara screenshot panjang xiaomi anti gagal.

Beberapa cara tersebut sangatlah mudah untuk kamu praktekan sendiri di rumah.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kamu untuk mengetahui bagaimana cara melakukan long screenshot pada ponsel xiaomi kamu.

Semoga bermanfaat dan bisa membantu ya. Selamat mencoba!

Untuk informasi menarik lainnya, kamu juga bisa baca artikel berikut ini: