Setting Screen Recorder Xiaomi dan Cara Menggunakannya

Setting Screen Recorder Xiaomi

Swarariau.com, Tutorial – Halo guys, kamu pengguna setia Xiaomi namun masih bingung gimana cara setting record pada HP Xiaomi kamu?

Tenang aja, pada artikel kali ini mimin akan menjelaskan ke kalian semua gimana sih Cara Setting Screen Recorder Xiaomi pada HP kamu dengan mudah.

Banyak orang yang tidak tahu cara merekam layar ponsel Xiaomi. Sebenarnya, merekam layar adalah salah satu aktivitas yang tidak bisa kita pisahkan dari Android.

Sebagai contoh, terkadang kita perlu merekam permainan dan panggilan video dengan aplikasi obrolan, atau dalam beberapa kasus, mengunggah ke situs berbagi video seperti YouTube.

Menghadapi kebutuhan yang berbagai macam ini, para pengembang masing-masing merk gadget akhirnya memperkenalkan aplikasi tertanam yang memungkinkan kamu untuk melakukan perekaman pada layar ponsel tersebut.

Nah, untuk memahami lebih lanjut terkait hal ini, yuk langsung saja kita simak ulasannya dalam artikel berikut ini. Check it out!

Cara Menggunakan Screen Recorder Xiaomi

Meskipun rekam layar bukanlah hal yang baru, namun sayangnya masih ada beberapa orang yang tidak tahu cara menggunakan aplikasi perekaman standar tersebut.

Sebenarnya, aplikasi ini sangat mudah bagi pengguna, karena tidak ada aplikasi lain yang perlu kamu instal untuk tujuan ini.

Kamu hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut ini untuk menggunakan Screen Recorder Xiaomi tersebut:

  1. Silakan kamu buka aplikasi Screen Recorder. Aplikasi ini biasanya terletak pada folder Alat, yang berisi kumpulan beberapa aplikasi bawaan. Kamu bisa cek sendiri pada HP Xiaomi kamu ya guys.
  2. Saat sudah terbuka, selanjutnya kamu ketuk No Videos dan tekan tombol untuk mulai merekam pesan. Ada tiga hal penting pada halaman ini: pengaturan, pesan perekaman layar, dan tombol rekam.
  3. Kemudian silakan kamu tekan tombol rekam. Kamu juga dapat mengetuk pesan "Mulai merekam dengan tombol ketuk". Maka aplikasi Screen Recorder akan ditutup secara otomatis.
  4. Setelah itu pindahkan kursor ke kanan bawah tombol mulai. Aplikasi perekam layar akan menutup secara otomatis. Dari sini kamu akan melihat tombol Mulai (Rekam) pada  kanan bawah layar. Ketuk tombol.
  5. Ketuk tombol Mulai untuk memulai proses perekaman. Jika Kamu mengetuk tombol mulai sebelumnya, itu menjadi tombol berhenti dengan waktu di samping.
  6. Setelah selesai, kamu dapat menekan tombol stop lagi untuk menghentikan proses perekaman.

Cara Setting Screen Recorder Xiaomi

Cara Setting Screen Recorder Xiaomi

Tutorial sebelumnya adalah khusus untuk perekaman layar pada HP Xiaomi saja. Namun mungkin memiliki kesamaan dengan beberapa hp dari merek lainnya.

Perlu kamu ketahui bahwa aplikasi perekam layar ini memiliki beberapa pengaturan yang dapat kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Pengaturan adalah masalah yang sangat berbeda. Namun, kamu tidak benar-benar harus mengatur semuanya. Harap perhatikan ini:

Resolusi

Pengaturan ukuran layar perekaman. Semakin tinggi nilai resolusinya, maka akan semakin baik, tetapi ukuran video yang kamu rekam juga akan semakin besar.

Mimin merekomendasikan 1280 x 720 atau lebih tinggi. Kamu bisa menyesuaikan sesuai keinginan kamu ya guys.

Kualitas Video

Ada beberapa pengaturan pada menu ini. Semakin tinggi kualitas video, maka akan semakin baik pula video yang kamu hasilkan.

Nilai minimum disetel ke default (16MB / detik). Tetapi ingat juga ya guys, semakin tinggi kualitasnya, maka akan semakin tinggi pula penyimpanan yang kamu butuhkan.

Sumber Suara

Saat kamu menghidupkan mikrofon, perekaman layar mengambil alih sumber suara dari mikrofon. Bisa sumber suara dari ponsel kamu atau sumber suara di luar seperti suara kamu.

Oleh karena itu, hidupkan speaker dan jangan berbicara selama proses perekaman berlangsung (jika kamu tidak ingin merekam suara).

Kecepatan bingkai

Memperhalus gerakan dan mengurangi keburaman. Semakin tinggi, semakin baik. Nilai maksimum adalah 30 FPS.

Mungkin bisa mencapai 60 FPS dengan beberapa tipe Xiaomi high-end.

Tips dari mimin, mungkin itu saja. Lainnya tidak perlu lagi kamu atur, tapi itu tidak menjadi masalah.

Namun, tentu saja kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan kamu, jika diperlukan.

Membuka Hasil Rekaman Xiaomi

Untuk membuka rekaman, kamu bisa melihatnya pada folder Galeri > Rekaman Layar atau Rekaman Layar.

Video akan disimpan di sana secara otomatis. Bahkan, kamu sering melihat pratinjau kecil setelah pemotretan. Tekan untuk langsung merekam.

Jika kamu ingin membukanya dari pengelola file, kamu bisa.

Mimin sarankan kamu untuk menyalin hasilnya ke perangkat lain. Untuk membuka rekaman layar dari pengelola file, buka aplikasi pengelola file.

Kemudian pindah ke penyimpanan internal. Lalu buka folder DCIM. Setelah itu buka kembali folder Screen Recorder. Semua hasil yang kamu rekam tersimpat pada folder tersebut.

Cara Ubah Resolusi Perekam Layar Hp Xiaomi

Adapun langkah-langkah untuk mengubah resolusi perekam layar pada hp Xiaomi adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, silakan kamu buka terlebih dahulu aplikasi Rekam Layar bawaan Xiaomi.
  2. Jika kamu sudah berada pada aplikasi Rekam Layar milik Xiaomi, selanjutnya silakan kamu pilih Pengaturan Rekam Layar.
  3. Kemudian pilih pengaturan yang ingin kamu ubah mulai dari Resolusi, Lanju Bingkai, atau kualitas video.
  4. Setelah itu pilih resolusi perekam layar Xiaomi.
  5. Berikutnya silakan kamu pilih Kualitas video pada rekam layar Xiaomi.
  6. Langkah terakhir, pilih Laju bingkai aplikasi perekam layar bawaan Xiaomi.

Nah, selain bisa mengubah resolusi dan kualitas rekam layar Xiaomi, kamu juga bisa memilih laju bingkainya.

Jika semakin tinggi laju bingkai atau FPS (Frame per Second) yang kamu pilih maka hasil rekaman layar yang akan kamu dapatkan juga semakin bagus.

Akhir Kata

Nah, demikianlah beberapa penjelasan yang bisa mimin rangkum terkait cara dan tips untuk Setting Screen Recorder Xiaomi dan cara penggunaannya.

Cara tersebut cukup mudah untuk kamu coba. Jangan lupa ikuti dari awal ya.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menbantu kamu khususnya para pengguna xiaomi. Selamat mencoba guys!

Sebagai informasi tambahan, kamu juga bisa membaca artikel berikut ini: