4+ Cara Mengatasi Android Blank Hitam, Ini Solusinya!

Daftar Isi
Cara Mengatasi Android Blank Hitam
Cara Mengatasi Android Blank Hitam

Swarariau.com, Tutorial -- untuk kamu pengguna Android juga tak terlepas dari berbagai eror. Sistem hardware ponsel biasanya juga mengalami beberapa masalah. Salah satunya layar HP Android hitam.

Ada beberapa alasan kenapa masalah ini terjadi, termasuk masalah daya atau baterai, bug perangkat lunak, kegagalan fungsi perangkat keras, atau konflik dengan aplikasi pihak ketiga.

Untuk kamu yang masalah layar Android menjadi hitam, biasanya ponsel tidak merespon reaksi apa pun. Termasuk tombol daya, layar sentuh, tombol volume, atau tombol lainnya.

Namun, jika kamu mengalami hal ini, kamu tidak perlu khawatir, pada artikel kali ini admin bakal jelasin cara mengatasi Android blank hitam.

Yuk, simak terus artikel kali ini supaya kamu bisa mengatasi Android blank hitam atau layar menghitam.

Berikut ini penjelasan selengkapnya.

Mengatasi Android Blank Hitam

Mengatasi Android Blank Hitam
Mengtasi Android Blank Hitam

Terkait hal tersebut, HP bisa memiliki berbagai macam permasalahannya sendiri. Salah satu masalah yang bisa dihadapi sebagai pemiliknya adalah layar menjadi hitam.

Banyak penyebab yang membuat layar HP hitam meskipun sebenarnya HP tersebut nyala. Hal itu bisa disebabkan layar HP yang rusak atau pecah, kemudian juga karena HP error dan lagging.

Namun, kamu Jangan panik dulu, jika HP kamu mengalami masalah seperti ini. Karena ada beberapa cara yang mungkin bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini.

Berikut ini caranya.

Restart Paksa HP

HP Android kamu tiba-tiba ngadat dan layarnya hitam total? Jangan panik dulu. Salah satu solusi yang sering berhasil adalah dengan melakukan restart paksa.

Ponsel Android menyediakan pengaturan restart atau atur ulang ponsel. Cara tersebut dapat membantu kamu untuk menghidupkan kembali ponsel.

Berikut langkah-langkahnya:

  • Buka menu pengaturan ponsel
  • Pilih Manajemen Umum
  • Klik Atur Ulang
  • Secara otomatis ponsel akan menjadwalkan atau memulai langsung atur ulang ponsel
  • Tunggu beberapa saat sampai ponsel restart otomatis
  • Selesai

Itulah, beberapa cara untuk melakukan restart HP Android yang layarnya blank hitam.

Kadang masalah teknis kayak gini bisa bikin panik, tapi dengan langkah-langkah tersebut kamu bisa mengtasi masalah Android kamu menghitam.

Kalau tetap nggak berhasil, mungkin waktunya bawa ke service center buat diperiksa lebih lanjut.

Clear Cache Sistem

Cache merupakan salah satu bagian pada sistem Android, yang berfungsi untuk menyimpan data-data yang masih berhubungan dengan kerja sistem.

Cache ini terkadang bisa membuat sistem jadi error. Entah jadi tidak bisa di-load, atau crash sewaktu HP dipakai. Akibatnya, HP pun bisa mengalami layar menghitam.

Namun, untuk mengtasinya cukup mudah, ikut langkah-langkah berikut ini:

  • Matikan HP Android kamu.
  • Selanjutnya, tekan tombol power + volume down atau volume up.
  • Tunggu beberapa saat, sampai HP masuk ke recovery.
  • Kalau sudah, cari menu Wipe, lalu pilih Wipe Cache.
  • Tunggu proses wipe sampai selesai (umumnya sekitar 1 sampai 3 menit).

Nah, dengan mengikuti langkah-langkah ini, tinggal coba restart saja sistemnya. Seharusnya, sistem bakal normal lagi, dan HP yang sempat blank hitam karena tidak bisa boot saat dinyalakan akan teratasi.

Re-Flash HP

Nah, jika kamu tetap tidak bisa masuk ke sistem, padahal sudah melakukan solusi-solusi di atas, bisa jadi sistem HP sudah benar-benar rusak. Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Kamu bisa melakukan reflashing HP. Flash HP ditujukan untuk mengganti sistem yang lama dengan yang baru, di mana seluruh sistem lama akan terhapus, kemudian ditimpa ulang.

Nah, untuk cara flash-nya sendiri mudah sebetulnya. Tutorial-tutorial cara flash sudah bertebaran di Google. Yang perlu kamu lakukan hanyalah mencari metode flashing yang sesuai dengan merk dan tipe HP apa yang kamu gunakan.

Bersihkan Socket Layar

Kadang-kadang masalah layar blank hitam pada HP Android bisa disebabkan oleh koneksi yang kurang bagus pada socket layar.

Namun, sebelum kamu memutuskan pergi ke tempat servis HP, mending kamu bisa coba bongkar HP-nya dulu. Masalah layar blank sendiri biasanya ada pada bagian touchscreen, meski tidak 100% selalu.

Sedangkan, untuk lebih spesifiknya ada di mana, ini bisa bermacam-macam. Di bagian dalam layar, juga bisa di bagian konektor LCD.

Untuk itu, pertama cek dulu konektor LCD:

  • Lepas casing belakang HP.
  • Lihat pada bagian samping, di situ ada socket layar.
  • Lepas kabelnya, lalu ambil penghapus.
  • Bersihkan bagian ujung kabel konektor menggunakan penghapus.
  • Sambung kembali, pasang baterai dan casing HP, lalu nyalakan kembali HP-nya.

Itulah cara membersihkan socket layar HP Android. Dengan langkah-langkah tersebut, layar HP kamu bisa kembali normal.

Namun, perlu kamu Ingat, hati-hati dan teliti waktu ngebuka dan membersihkan komponen HP ya.

Akhir Kata

Nah, Demikianlah penjelasan yang bisa admin share ke kamu mengenai cara mengatasi Android blank hitam, mudah untuk kamu lakukan.

Nah, Sekarang kamu sudah memiliki langkah-langkah yang kamu perlukan untuk mengatasi android blank hitam

Jangan lupa untuk mencoba langkah-langkah yang admin berikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya,

Selamat mencoba!