4+ Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Android, Dengan Mudah!

Daftar Isi
Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Android
Cara Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Android

Swarariau.com, Tutorial -- Untuk kamu pengguna Android pasti pernah menerima notifikasi ‘Ruang penyimpanan hampir habis, kan?

Tentunya hal ini sangat mengganggu apalagi kegiatan sehari-hari tidak lepas dari HP. Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara menghapus penyimpanan penuh.

Memori internal yang penuh pada HP Android dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti performa yang menurun, aplikasi yang tidak bisa dibuka, dan bahkan HP yang tidak bisa dihidupkan.

Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti terlalu banyak aplikasi, game, foto, video, dan file lainnya pada memori internal.

Namun, untuk mengatasi penyimpanan HP penuh, perlu untuk menghapus sebagian data atau file pada Android, agar HP kembali lancar dan leluasa.

Nah, pada artikel kali ini admin bakal jelasin cara mengatasi memori internal penuh pada Android, untuk penjelasan selengkapnya berikut ini.

Mengatasi Memori Internal Penuh pada Android

Mengatasi Memori Internal Penuh pada Android
Mengatasi Memori Internal Penuh Pada Android

Salah satu masalah umum yang dihadapi oleh pengguna ponsel cerdas adalah memori yang cepat penuh karena foto, video, aplikasi, dan file lainnya.

Pasti kamu ngerasa kesal banget gara-gara memori internal Android-nya penuh? Kamu tidak perlu khawatir, ada beberapa langkah efektif yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Yuk, simak admin bakal bahas satu-satu.

Uninstall Aplikasi

Nah, cara membersihkan memori internal Android yang bisa kamu lakukan dengan uninstall aplikasi yang sering digunakan. Cek kembali daftar aplikasi, apakah semuanya terpakai atau tidak.

Jika ada aplikasi yang menganggur sebaiknya uninstall, daripada hanya membuat penuh penyimpanan internal.

Caranya masuk ke menu pengaturan, cari opsi apps, dan sortir satu per satu aplikasi yang akan dihapus, lalu klik uninstall apps.

Dengan begitu, penyimpanan internal HP bisa kembali kamu gunakan untuk menyimpan file lain yang lebih penting.

Matikan Download Otomatis WhatsApp

Kamu pernah nggak ngerasa HP kamu penuh gara-gara WhatsApp download semua media otomatis?

Nah, kali ini admin bakal kasih tau gimana cara matiin fitur auto-download di WhatsApp biar memori kamu nggak cepat penuh.

Hal ini bertujuan agar segala file baik dalam bentuk foto, video, audio, atau dokumen tidak didownload secara mandiri oleh aplikasi.

Jadi, alangkah baiknya mematikannya, dengan mengikuti langkah-langkah sederhana berikut ini:

  • Buka aplikasi WhatsApp
  • Pilih ikon tiga titik pada pojok kanan atas
  • Masuk ke Setelan
  • Pilih Penyimpanan dan data
  • Pada Unduhan otomatis media, hilangkan seluruh centang pada bagian foto, audio, video, dan dokumen
  • Lakukan yang serupa pada bagian Saat terhubung ke WiFi

Itulah, cara gampang buat matiin auto-download pada WhatsApp biar HP kamu nggak cepat penuh. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ke teman-teman kamu yang butuh tips ini.

Clear Cache

Cache merupakan salah satu data sementara dari pemakaian aplikasi yang tersimpan di memori HP. File cache dari setiap aplikasi bisa berbeda-beda.

Semakin sering menjalankan aplikasi tersebut, maka data cache akan terus menumpuk dan memakan kapasitas memori internal.

Cara membersihkan cache bisa melalui pengaturan di HP android, lalu pilih menu apps, dan cek satu per satu cache dari setiap aplikasi.

Pilih aplikasi yang sering kamu gunakan, kemudian klik opsi clear cache agar kinerja HP menjadi ringan.

Langkah-langkahnya berikut ini:

  • Masuk ke Pengaturan HP Android kamu
  • Lalu silahkan sambangi menu Apps
  • Kemudian pilih aplikasi yang ingin kamu hapus cache
  • Langkah akhir tekan Hapus Cache bukan Hapus Data

Aplikasi Cleaner

Nah terakhir bisa admin rekomendasikan bila ingin mengatasi memori HP penuh pada Android, bisa menggunakan aplikasi cleaner.

Mungkin sedikit kontradiktif, disaat sebelumnya kamu diminta menghapus aplikasi, namun sekarang disarankan untuk download perangkat lunak lainnya.

Oleh sebab itu, ada baiknya uninstall beberapa aplikasi yang tak digunakan. Kemudian unduh aplikasi cleaner untuk membersihkan RAM, agar dapat mengoptimalkan kinerja HP.

Namun perlu kamu ingat, bahwa mengunduh aplikasi cleaner hanya sebatas opsi cadangan saja. Jadi detikers tak harus melakukannya, bila dirasa memang tak butuh.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa penjelasan yang bisa admin ulas terkait cara mengatasi memori internal penuh pada Android

Nah, Sekarang kamu sudah memiliki langkah-langkah yang kamu perlukan untuk mengatasi memori internal penuh pada Android

Jangan lupa untuk mencoba langkah-langkah yang admin berikan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya, selamat mencoba!