3+ Cara Mengembalikan Wifi Yang Hilang Di Android

Daftar Isi
Cara Mengembalikan Wifi Yang Hilang Di Android
Cara Mengembalikan Wifi Yang Hilang Di Android

Swarariau.com, Internet -- Saat koneksi WiFi yang berulang kali terputus dari perangkat Android tentu saja sangat menyebalkan bangetkan.

Kebutuhan Wi-Fi rumahan juga kian meningkat karena perkembangan ponsel pintar, salah satunya Android.

Namun, banyak pengguna Android yang melaporkan adanya masalah pada konektivitas Wi-Fi di ponsel mereka. Masalah ini terjadi terjadi pada berbagai merk atau model ponsel Android.

Untuk kamu pengguna Android perlu mengetahui panduan dasar untuk mengatasi beberapa persoalan saat mengoperasikan perangkat HP. Salah satunya adalah cara mengembalikan Wifi yang hilang di Android.

Lantas, bagaimana cara mengembalikan sinyal WiFi yang hilang di HP?

Jika kamu tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara mengembalikan wifi yang hilang di Android dengan mudah dan praktis.

Mengembalikan Wifi yang Hilang di Android

Sebelum mengetahui mengembalikan Wifi yang hilang di Android, ada baiknya kamu memahami dulu beberapa penyebab WiFi HP tidak muncul.

Lantas, mengapa WiFi di HP hilang? Ada beberapa penyebab yang membuat masalah WiFi tidak terdeteksi di HP bisa terjadi.

Penyebab WiFi tidak terdeteksi di HP yang paling umum terjadi adalah posisi HP terlampau jauh dengan perangkat router, sehingga tidak dapat menangkap sinyal WiFi secara optimal.

Selanjutnya, penyebab WiFi HP tidak muncul bisa juga dikarenakan terdapat kerusakan pada komponen yang berfungsi untuk menangkap sinyal WiFi.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, pada artikel kali ini admin bakal jelasin cara mengembalikan Wifi yang hilang di Android kamu.

Nah, untuk pejelasan selangkapnya berikut ini

Setel Ulang Pengaturan Jaringan

Kalau udah cek WiFi-nya tapi masih juga ilang, mungkin kamu perlu setel ulang pengaturan jaringannya. Jangan khawatir, ini juga gampang kok.

Biasanya di HP Android, ada opsi buat reset pengaturan jaringan. Caranya beda-beda tergantung merk HPnya, tapi biasanya bisa ditemuin di bagian pengaturan atau setelan tambahan.

Untuk melakukan setel ulang jaringan, berikut caranya.

  • Buka pengaturan pada ponsel atau Settings
  • Pilih menu System
  • Setelah masuk pada menu System, pilih Reset options
  • Pilih Reset Wi-Fi, mobile & Bluetooth
  • Terakhir, klik tombol Reset settings yang ada di bagian bawah layar

Setelah itu, HP kamu bakal reboot dan pengaturan jaringan akan balik ke pengaturan awal. Nah, coba deh konekin lagi ke WiFi dan liat apa udah bisa atau belum.

Perbarui Sistem Android

Terkadang WiFi bisa ilang karena masalah di sistem Android kamu yang belum diupdate. Jadi, solusinya ya simpel, perbarui sistem Androidnya.

Ini penting banget, soalnya update sistem biasanya ngeluarin patch-patch baru buat masalah-masalah kayak gini.

Caranya gampang. Buka pengaturan HP kamu, trus cari menu Tentang Ponsel atau Tentang Perangkat. Di situ biasanya ada opsi buat update sistem.

Kamu tinggal pencet aja dan tunggu proses update selesai. Jangan lupa pastiin HP kamu punya baterai yang cukup dan koneksi internet yang stabil ya, biar prosesnya lancar.

Setelah selesai, coba deh konekin lagi ke WiFi.

Restart Router Wi-Fi

Nah, kalau udah coba segala cara tapi WiFi masih aja ilang, mungkin masalahnya ada pada Router WiFi-nya. Nah, solusi terakhir yang bisa kamu coba adalah Restart Router WiFinya.

Caranya mudah banget kok, cari dulu router WiFi-nya di rumah, biasanya ada di tempat yang gampang dijangkau.

Nah, setelah ketemu, cari tombol power atau kabel listrik yang nyambung ke router.

Cabut kabel listriknya atau tekan tombol power biasanya kecil dan ada di bagian belakang atau samping Router dan biarin sekitar 10-15 detik sebelum kamu colokin atau tekan lagi tombol powernya.

Setelah itu, tunggu beberapa saat sampe Router nyala lagi dan sambungan WiFinya stabil. Nah, kalau udah, coba deh konekin lagi HP kamu ke jaringan WiFi.

Semoga setelah Restart Router, WiFinya bisa balik lagi dan kamu bisa nyambungin HP kamu tanpa hambatan lagi.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan yang bisa admin rangkum buat kamu tentangcara mengembalikan wifi yang hilang di Android mudah untuk kamu coba.

Nah, Sekarang kamu sudah memiliki langkah-langkah yang kamu perlukan untuk mengembalikan wifi yang hilang di Android

Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua ya, selamat mencoba!