Cara Scan Kode QR Wifi di Android Tanpa Aplikasi

Daftar Isi
Cara Scan Kode QR Wifi di Android Tanpa Aplikasi
Cara Scan Kode QR Wifi di Android Tanpa Aplikasi

Swarariau.com, Tutorial, Halo guys -- Bagi sebagian orang, memasang jaringan WiFi sendiri di rumah merupakan pilihan yang tepat. Terlebih lagi jika mayoritas pekerjaan dan kegiatan belajar banyak dilakukan di rumah.

Pasti kamu pernah lagi di tempat umum atau di rumah temen, trus dia nanya, pengen konek WiFi kamu? Scan aja kode QR-nya, Nah, pas gitu, kamu bingung karena gak punya aplikasi buat scan kode QR WiFi.

Kode QR dulu hanya diperuntukkan untuk sebuah produk, namun seiring berkembangnya waktu, kini sistem android pun sudah dilengkapi dengan kode QR beserta pemindainya.

Bahkan sekarang untuk menyambung WiFi pun ada yang sudah menggunakan barcode. Untuk itu di sini akan dibahas mengenai cara scan kode QR wifi di android tanpa aplikasi lain dengan mudah.

Lantas, bagaimana sih cara scan kode QR Wifi di Android tanpa Aplikasi? Yuk, simak terus artikel kali ini hingga selesai ya!

Cara Dapatkan QR Code WiFi

Cara Dapatkan QR Code WiFi
Cara Dapatkan QR Code Wifi

Udah pada tau gak kalau sekarang banyak banget tempat yang pake kode QR buat konek ke WiFi? Jadi, buat kamu yang males download aplikasi tambahan buat scan QR.

Tenang aja, admin bakal kasih tau cara scan kode QR WiFi di Android tanpa ribet, langsung dari settingan bawaan Android kamu.

Sebelum admin lanjut kamu harus tahu dulu apa itu QR. WiFi QR merupakan sebuah alat yang bisa dimanfaatkan untuk menscan SSID maupun password wifi menjadi sebuah QR code.

Jika QR code sudah dapat di scan, maka bisa bermanfaat dan digunakan untuk terhubung ke jaringan wifi.

Namun, sebelum menggunakan cara ini, perlu kamu perhatikan bahwa cara membagikan password menggunakan QR Code hanya dapat dilakukan melalui versi Android 10 atau yang paling terbaru.

Scan QR Wifi via Google Lens

Cara pertama untuk scan barcode wifi adalah dengan memanfaatkan fitur Google Lens, yang dapat diakses baik di Android maupun iOs. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka pencarian Google
  • Klik ikon kamrea yang terletak di samping kolom pencarian Google
  • Arahkan kamera pada gambar barcode Wifi yang akan disambungkan
  • Apabila perangkat dapat mengenali barcode tersebut, maka Wifi akan otomatis terhubung nantinya.

Bagaimana? Mudah banget kan, dengan mengunakan Google Lens kamu bisa Scan QR Wifi dengan mudah tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan.

Scan QR Wifi via Kamera

Nah, selanjutnya cara yang bisa kamu lakukan untuk Scan QR Wifi, cara ini sangat mudah untuk kau lakukan, untuk langkah-langkanya berikut ini.

  • Buka aplikasi Kamera
  • Arahkan kamera belakang pada QR Wifi yang akan disambungkan
  • Pastikan posisi sudah pas dengan QR
  • Nantinya, layar akan mengarahkan kamu untuk mengklik hasil dari QR
  • Klik link yang muncul
  • Apabila perangkat dapat mengenali QR tersebut, maka Wifi akan otomatis terhubung nantinya.

Namun, Jika fitur kamera pada Android kamu belum bisa secara otomatis memindai kode QR, jangan khawatir. kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga ataupun QR Wifi via Google Lens untuk memindainya.

Tips Penting

  • Pastiin Kode QR Jelas - kalau kamu mau scan kode QR WiFi, pastiin dulu kodenya jelas ya. kalau sampe kabur atau rusak, bisa-bisa Android kamu gak bisa baca.
  • Hat-hati Pake WiFi Orang Lain - Kode QR WiFi kadang-kadang dipajang di tempat umum. Tapi, inget ya, pake WiFi orang lain tanpa izin itu kurang ajar banget. Jadi, pastiin dulu kamu punya ijin sebelum konek ke WiFi orang lain.

Akhir Kata

Nah, demikianlah informasi yang bisa mimin rangkum dan share buat kamu terkait cara Scan kode QR Wifi di Android tanpa Aplikasi dengan mudah.

Tidak hanya itu, dengan informasi ini kamu juga bisa tahu proses Scan Kode QR Wifi di Android Tanpa Aplikasi kamu labih mudah untuk terhubungg ke Wifi.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kamu ya. Selamat mencoba guys!