Mudah! Cara Menghapus Thumbnail di Android, Buruan Coba

Cara Menghapus Thumbnail di Android
Cara Menghapus Thumbnail di Android

Swarariau.com, Tutorial, Halo guys -- Tahukah kamu cara menghapus Thumbnail pada Android saat ini sangat mudah untuk kamu lakukan.

Emm, Emang iya?

Iya dong, Kini kamu bisa dengan mudah menghapus thumbnail pada Android, Pasalnya, file thumbnail membuat penyimpanan internal Android cepat penuh.

Sebenarnya, thumbnail memiliki peran yang cukup penting. File thumbnail berfungsi untuk mengoptimasi dan menyesuaikan ukuran gambar dengan kondisi layar Android.

File ini bekerja dengan mengkompres foto besar kemudian disesuaikan dengan layar Android. Sebagai contoh, ketika kamu membuka galeri Android, terlihat foto atau gambar berukuran kecil.

Thumbnail merupakan data yang berukuran kecil hasil pratinjau file gambar maupun video. Dengan adanya data ini, sistem Android tidak harus menampilkan gambar atau video berdasarkan ukuran aslinya.

Mungkin kamu sebagian pengguna, mungkin bertanya-tanya, apakah aman menghapus thumbnail? Jawabannya boleh dan aman-aman saja.

Selain aman, juga memberikan keuntungan dari segi penyimpanan internal yang semakin lapang.

Lantas bagaimana sih, cara untuk menghapus cara menghapus Thumbnail di Android? Jika kamu pensaran, yuk simak terus artikel kali ini hingga selesai.

Menghapus File Thumbnail Di Android Secara Permanen

File Thumbnail Di Android
Menghapus File Thumnail di Android

Meskipun file ini tidak terlalu menganggu, tapi ketika kamu menyimpan file foto,gambar ataupun video yang banyak tentunya file ini akan ikut membengkak.

Maka dari itu, file ini harus kamu hapus agar penyimpanan kamu menjadi longgar kembali.

Cara menghapus file ini pun tidak seperti menghapus file lainnya, ketika kamu hapus file ini, maka secara otomatis file ini akan muncul kembali dan memakan penyimpanan Android kamu lagi. 

Tentu, kamu masi mikir apakah dengan menghapus file tersebut aman? Pasti saja aman aman saja. Akan tetapi setelah menghapusnya file tersebut akan tetap muncul.

Namun jangan khawatir karena di sini admin bakal menjeasakan bagaimana cara hapus file thumbnail di folder Android agar tidak muncul lagi setelah dihapus.

Untuk penjelasan selangkapnya berikut ini.

Menghapus File Thumbnail Di Android

Menghapus File Thumbnail Di Android
File thumbnail di Android

Kamu harus menghapus dengan trik dan langkah yang benar agar setelah dihapus tidak muncul lagi yang dibuat otomatis oleh Android.

Dan berikut cara hapus file thumbnail dengan benar.

  • Instal Root Explorer, kamu bisa mencari aplikasi file manager yang satu ini di Google Play Store kesayangan masing-masing.
  • Setelah terinstal silahkan buka aplikasinya dan cari file thumbnail yang ingin kamu hapus. Jika ingin menghapus thumbnail di memori internal maka cari folder memori internal >DCIM>.thumbnailsnamun jika ingin menghapus thumbnails di memori eksternal maka cari folder memori eksternal>DCIM>.thumbnails.
  • Kemudian hapus folder thumbnails tersebut.
  • Tetap berada di folder DCIMpada opsi / pilihan menu Root explorer silahkan klik File untuk membuat File baru pada folder DCIM tersebut dan beri nama .thumbnails. Lalu klik ok untuk menyimpan file tersebut.

Nah cukup mudah, bukan? Silahkan kamu praktekan sendiri. Cara ini juga berfungsi di berbagai merek smartphone seperti Zenfone, Samsung, Huawei, OPPO, Sony dan lainnya.

Efek Menghapus File Thumbnail di Android?

Thumbnail pada Android ini ukurannya hampir sama atau bahkan sama dengan foto foto asli anda di android kamu.

Dan bisa diartikan kamu memiliki foto ganda atau duplikat yang tentu akan memenuhi penyimpanan internal hp Android.

Lantas, apakah dengan menghapus file tersebut aman? Tentu saja aman aman saja.

Dimana nantinya ketika kamu melakukan beidikan kamera dan file hasilnya ada lihat atau preview maka akan menghasilkan thumbnail data di folder tersebut dan bila sudah banyak bisa kamu ulangi untuk dilakukan.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa ulasan seputar cara menghapus File Thumbnail di Android, yang sangat mudah untuk kamu lakukan.

Kamu bisa memanfaatkan cara ini untuk mempermudah kamu mengetahui cara menghapus file Thumbnail di Android dengan permanen.

Namun, kamu bisa langusung melakukan untuk menghapus file Thumbnail yang membuat file file Android kamu semakin membengkak.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kamu semua ya. Selamat mencoba!