Mudah! Cara Meningkatkan FPS Android, Tanpa Root.

Daftar Isi
Cara Meningkatkan FPS Android
Cara Meningkatkan FPS Android

Swarariau.com, Tutorial, Halo guys --  Pernahkah kamu merasa frustasi saat bermain game di Android, namun terkendala oleh performa yang kurang maksimal?

Di dalam bermain game, tingkat FPS yang dijalankan akan sangat mempengaruhi jalanya game. Sehingga apabila FPS rendah, maka pengalaman bermainnya akan kurang.

Karena secara grafik dan pegerakan, tentu tidak terlalu bagus. Bahkan tak jarang menjadi terlihat patah patah. Cara Mudah Meningkatkan FPS Android ini, kamu akan mengeksplorasi langkah-langkah sederhana untuk mengubah pengalaman gaming kamu menjadi lebih lancar

Oleh sebab itu, jika kamu memiliki HP dengan spesifikasi medium, bisa coba lakukan beberapa trik untuk menaikan tingkat FPS Android.

Nah, jika trik ini berhasil, maka kamu dalam memainkan game menjadi lebih enak. Tentunya pergerakan akan lebih halus dari sebelumnya.

Lantas, bagaimana sih, cara meningkatkan FPS Android? Maka dari itu, simak terus artikel kali ini hingga selesai ya!

Meningkatkan FPS Pada Android

Meningkatkan FPS Pada Android
Meningkatkan FPS Pada Android

Nah, Buat kamu para pecinta game, FPS (Frame Per Second) itu penting banget. Makin tinggi FPS-nya, makin smooth juga gameplay-nya.

Namun, kadang-kadang, pasti Android kamu bisa aja jadi lemot, bikin FPS-nya drop, dan bikin main game jadi kurang asik. Tentu itu sangat menyebalkan?

Nah, untuk menghindari situasi menyebalkan seperti itu, yuk, kita bicarakan tentang pentingnya meningkatkan FPS pada Android.

Bersihin Cache dan Data Aplikasi

Cara meningkatkan FPS Android dari sisi sistem adalah dengan rutin membersihkan file cache dan sampah yang ada di ruang penyimpanan.

Sebab bukan rahasia lagi kalau semakin banyak size ruang penyimpanan, maka biasanya pemrosesan jadi makin cepat, sehingga nanti akan mempengaruhi FPS.

Nah, berikut ini cara bersihin Cache dan Data Aplikasi:

  • Buka Settings (Pengaturan): Pertama, buka menu Settings di Android-mu.
  • Pilih Aplikasi (Apps): Di menu Settings, cari dan pilih menu yang bertuliskan Apps atau Aplikasi.
  • Pilih Aplikasi yang Ingin Dibersihkan: Di dalam menu Aplikasi, kamu bakal lihat daftar semua aplikasi yang terinstall di Android kamu. Pilih aplikasi yang mau dibersihkan cache dan datanya.
  • Bersihkan Cache: Begitu kamu pilih aplikasinya, biasanya ada opsi buat bersihin cache di situ. Tinggal tekan tombol Clear Cache atau Bersihkan Cache.
  • Bersihkan Data: Kalau kamu mau bersihin data aplikasi juga, biasanya ada opsi buat itu. Tapi hati-hati ya, kalau kamu bersihin data aplikasi, semua settingan dan progress di aplikasi itu bakal ke-reset.
  • Selesai: Setelah bersihin cache dan data, tinggal keluar dari menu aplikasi. Android-mu sekarang udah lebih ringan dan siap buat aksi gaming yang seru.

Gunakan Aplikasi Booster

Salah satu cara meningkatkan FPS Android yang tidak ribet adalah dengan install aplikasi Game Booster.

Aplikasi ini bekerja dengan melakukan scanning terhadap HP, lalu nanti akan menyerahkan hasilnya berupa hal apa saja yang bisa dilakukan agar kinerja HP jadi enteng.

Silahkan kamu pilih dan atur aja mana yang boleh dan mana yang tidak. Jika serasa boleh semua, maka tinggal atur saja di aplikasi tersebut.

Berikut ini kelebihan menggunakan Aplikasi Booster:

  • Meningkatkan Performa: Dengan membersihkan sampah dan mengoptimalkan penggunaan CPU dan RAM, aplikasi booster bisa meningkatkan performa Android kamu secara keseluruhan.
  • Memperpanjang Usia Baterai: Dengan menghentikan aplikasi yang berjalan di background dan mengoptimalkan penggunaan CPU, aplikasi booster juga bisa membantu memperpanjang usia baterai Android kamu.
  • Mudah Digunakan: Aplikasi booster ini biasanya dirancang dengan antar muka yang user-friendly, jadi kamu nggak perlu jadi ahli teknologi buat bisa menggunakannya.

Intinya jika kamu menggunakan ini, setidaknya tidak perlu untuk melakukan scanning manual. Sebab itu sudah dilakukan oleh aplikasi.

Kamu sebagai pengguna hanya tinggal setting aja biar optimal dan sesuai kebutuhan.

Restart HP Setelah Menerapkan Banyak Settingan

Cara meningkatkan FPS Android di bagian akhir adalah dengan melakukan restart Android agar semua tersimpan dengan baik.

Selain itu, dengan melakukan mode hidup kembali, tentunya aplikasi aplikasi yang bakal dijalankan akan memulainya dari awal lagi.

Yang akhirnya tadinya eror, tentu nanti efeknya bakal normal kembali.

Bahkan jika kamu jarang mematikan HP, maka efek restart ini akan memberikan dampak yang cukup besar. Coba sih buktikan sendiri.

Akhir Kata

Nah, demikianlah penjelasan singkat yang bisa admin rangkum buat kamu terkait cara meningkatkan FPS Android.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi ketika kamu sedang mengalami masalah tersebut.

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya guys!