3+ Cara Setting Microphone Android, Paling Mudah Untuk Kamu Lakukan!

Daftar Isi
Cara Setting Microphone Android
Cara Setting Microphone Android

Swarariau.com, Tutorial -- Pada artikel kali ini admin ada informasi menarik nih, kamu tahu belum cara setting microphone Android?

Cara setting microphone Android sebenarnya mudah, sayangnya ada beberapa orang yang justru belum mengetahui bagaimana untuk melakukannya. 

Atau mugkin kamu salah satunya? Jika iya, kamu tidak perlu khwatir, pada artikel kali ini admin bakal jelasin cara setting microphone Android.

Mic HP atau mikrofon sendiri berfungsi sebagai perekam suara maupun berbicara ketika kamu sedang melakukan panggilan telepon.

Namun, panggilan telepon akan bermasalah jika mic HP Android sudah rusak, seperti suaranya yang sangat kecil.

Ada banyak sekali faktor yang seringkali membuat mic HP menjadi error, entah itu karena faktor hardware maupun software mikrofon itu sendiri.

Akan tetapi jika kamu sedang melakukan panggilan telepon dan mic tak berfungsi ketika loudspeaker, maka ada beberapa penyebabnya.

Nah, kamu juga harus mengetahui tentang bagaimana cara setting microphone Android agar tidak membutuhkan bantuan dari orang lain.

Yuk, simak terus artikel kali ini hingga selesai, supaya kamu bisa cara setting microphone Android, untuk penjelasan selengkapnya berikut ini,

Cara Setting Microphone Android Dengan Mudah

Setting Microphone Android
Setting microphone Android

Mungkin saat ini kamu punya masalah sama microphone Android kamu, kadang-kadang suara kamu jadi kayak lagi ngomong di dalam gua, atau malah gak kedengeran sama sekali.

Tenang aja, pada artikel ini admin bakal kasih kamu tips gimana cara setting microphone Android biar suaranya jernih.

untuk penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cek Pengaturan Dasar di HP Android

Langkah pertama, kamu harus masuk ke menu Pengaturan pada HP Android kamu. Biasanya ikon Pengaturan ini bentuknya gear atau roda gigi.

Setelah masuk ke Pengaturan, cari dan pilih opsi yang namanya Suara & Getaran atau Sound & Vibration. Di sini kamu bisa atur semua yang berhubungan sama suara pada HP kamu.

Nah, dalam menu Suara & Getaran, ada beberapa opsi yang bisa kamu atur. Pastikan volume microphone kamu gak diset terlalu rendah. Kalau terlalu rendah, suara kamu jadi kecil dan gak kedengeran jelas.

Pastikan volume panggilan diatur dengan cukup tinggi, tapi jangan terlalu keras biar gak pecah. Kalau ada opsi ini, pastikan juga volumenya cukup tinggi buat rekaman suara.

Dengan langkah-langkah tersebut, kamu udah bisa cek dan atur pengaturan dasar microphone HP Android kamu.

Merestart HP

Cara yang seringkali orang gunakan saat terdapat masalah pada ponsel mereka adalah dengan melakukan restart. Walaupun terdengar sepele, ternyata trik yang satu ini memang cukup efektif.

Akan tetapi apabila Microphone kamu belum aktif maka kamu bisa melakukan hal lainnya. Seperti tadi, dengan cara memeriksa menu pengaturan ada HP Android tersebut.

Nah, berikut ini langkah-langkah merestart HP Android.

  • Matikan HP
  • Tekan dan Tahan Tombol Power biasanya tombol power ada pada sisi kanan atau kiri HP. Tekan
  • Setelah HP kamu mati, tunggu beberapa detik. Ini penting buat memastikan semua sistem pada HP kamu bener-bener udah mati dan bisa mulai dari awal saat dinyalain lagi.
  • Setelah nunggu beberapa detik, nyalain lagi HP kamu.
  • Setelah HP kamu nyala lagi, coba cek microphone-nya. kamu bisa pake aplikasi perekam suara atau langsung buat panggilan telepon buat ngetes apakah suaranya udah jernih dan normal.
  • Selesai.

Bagaimana, mudah banget, bukan? Jadi, kalau microphone Android kamu bermasalah, jangan lupa coba cara yang simpel ini merestart HP.

Mengatur Letak Mikrofon

Kadang kala, masalah yang membuat mic headset sudah tidak berfungsi lagi adalah karena posisinya yang jauh dari mulut pengguna. Terlebih jika mic pada headset kamu tidak mempunyai sensitivitas yang bagus.

Apabila hal ini yang terjadi, maka kamu hanya perlu mengatur bagaimana letaknya saja. Tujuannya adalah supaya tidak terlalu jauh maupun terhalang.

Nah, dengan ngatur letak mikrofon yang benar, kamu bisa memastikan suara kamu kedengeran jelas dan mantap. Coba tips tersebut dan rasakan bedanya.

Bagaimana Cara Mengatasi Mikrofon yang Tidak Berfungsi?

Setelah tahu bagaimana cara setting microphone Android, maka kamu juga harus tahu cara mengatasi mikrofon yang tidak berfungsi. Salah satu cara termudahnya adalah dengan membersihkan lubang mikrofon HP Android.

Biasanya letak mic HP ini akan berada pada bagian bawah HP serta memiliki ciri lubang yang cukup kecil. Seringkali ada kotoran pada lubang tersebut yang bisa membuat suara mic menjadi kecil ketika melakukan panggilan telepon.

Sementara itu solusi yang cukup efektif jika sumber penyebab mic tidak berfungsi lagi adalah dengan cara melakukan factory reset.

Memang melakukan reset HP ini tak hanya bisa mengatasi masalah tersebut, akan tetapi masalah pada software pada HP tersebut.

Namun sebelum melakukan cara ini, maka pastikan dulu bahwa kamu telah melakukan backup seluruh data yang ada pada HP kamu.

Hal ini karena factory reset ini akan menghapus seluruh data yang ada pad ponsel yang kamu miliki.

Kemudian cara setting microphone Android juga bisa kamu lakukan dengan mudah seperti trik-trik tersebut.

Akhir Kata

Demikianlah informasi mengenai cara cara setting microphone Android. Bagaimana langkah-langkahnya cukup mudah kan?

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi ketika kamu ingin mengetahui cara setting microphone Android

Selamat mencoba dan semoga berhasil ya guys!