Apa yang dimaksud Sejarah Sebagai Peristiwa? Ini Penjelasan Selengkapnya

Apa yang dimaksud Sejarah Sebagai Peristiwa?
Apa yang dimaksud Sejarah Sebagai Peristiwa?

Swarariau.com, Sejarah Sebagai Peristiwa – Hi Generasi Muda! Belajar sejarah menjadi salah satu hal yang harus terus kamu dalami, mengingat sejarah dan mengingat perjalanan masa lalu Bangsa Indonesia.

Nah, kali ini admin akan sedikit mengulas sekilas informasi umum dan pemahaman kamu tentang Sejarah Sebagai Peristiwa.

Apa sih yang dimaksudkan sejarah sebagai peristiwa?

Jika kamu pernah duduk di bangku sekolah Menengah Atas maka kamu pasti pernah melewati ulasan tentang Sejarah Sebagai Peristiwa. Apa sih maksudnya?

Perlu kamu ketahui bahwa peristiwa-peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau menjadi sangat penting dalam pembahasan ilmu sejarah.

Artikel Sejarah Lainnya: Sejarah Kebudayaan Bacson-Hoabinh dan Kebudayaan Dongson di Indonesia

Melalui peristiwa, ilmu sejarah mendapat gambaran tentang kehidupan manusia di masa lampau.

Sejarah sebagai peristiwa yang telah terjadi pada masa lampau mengakibatkan kita tidak mungkin lagi mengamati peristiwa tersebut, yang dapat kita amati adalah sejarah sebagai kisah, yaitu penelaahan sejarah sebagai kisah suatu peristiwa.

Sejarah sebagai peristiwa, maksudnya peristiwa sejarah ditempatkan sebagai fakta, kejadian, dan kenyataan yang benar-benar terjadi pada masa lampau.

Kejadian masa lampau tersebut dapat dijadikan dasar untuk mengetahui dan merekonstruksi kehidupan pada masa tersebut.

Dari peristiwa-peristiwa itu, dapat diketahui sebab akibat terjadinya suatu peristiwa.

Tanpa memandang besar kecilnya suatu peristiwa atau kejadian-kejadian dalam ruang lingkup kehidupan manusia, ilmu sejarah berusaha menyusun rangkaian peristiwa yang terjadi dalam ruang lingkup kehidupan manusia sejak dahulu sampai sekarang, bahkan prediksi kejadian yang akan datang.

Nah, itulah beberapa pembahasan tentang Sejarah Sebagai Peristiwa yang perlu kamu ketahui sebagai tambahan wawasan kamu.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu.

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama