Mengenal Sejarah Google Classroom: Fitur, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Swarariau.com, Sejarah Google Classroom -- Belakangan ini, sejak pendidikan lebih banyak dilakukan dari rumah melalui saluran Internet, fasilitas Google bernama Google Classroom menjadi ramai diperbincangkan dan digunakan.

 

Kehadiran Google Classroom sangat penting dikala dunia sedang dicekam oleh pandemi Covid 19.

 

So, kali ini kita akan mengulas selengkapnya tentang Sejarah Google Classroom. Selain itu, kita juga akan kupas beberapa fitur Google Classroom yang bisa kamu pakai untuk pembelajaran daring kamu di rumah.

 

Sejarah Google Classroom?

Mengenal Sejarah Google Classroom Fitur, Fungsi dan Cara Menggunakannya
Mengenal Sejarah Google Classroom Fitur, Fungsi dan Cara Menggunakannya

Kata ''Google Classroom'', udah pernah dengar belum? Ah sepertinya ini bukan barang baru ditelinga kamu. Tapi, bisa saja ada yang belum tau apa itu Google Classrom.

 

...Jangan malu-maluin dech!

 

Kalau belum tau nggaku aja, apalagi akhir-akhir ini fasilitas yang disediakan perusahaan Google ini sangat memberikan maanfaat yang sangat luar biasa buat kita semua ditengah wabah yang belum ada tanda-tanda akan berhenti ini.

 

So, mari kita ulas secara lengkap tentang Google Classroom, jangan cuma mau menggunakannya tapi kamu tidak tau bagaimana awal mula sejarahnya.

 

Nah, berikut ini ulasan sejarah Google Classroom serara ringkas...

 

Dua momen di 06 Mei 2014 dan 12 Agsutus 2015, ada apa?

 

Merupakan tangga, bilan dan tahun yang bersejarah bagi pengumuman pendirian Google Classroom ini. Dengan konsep awal hanya tersedia untuk beberapa anggota program Google G Suite For Education.

 

Nah, untuk secara publik kemudian bertepatan pada tanggal 12 Agustus 2015 atau setahun kemudian baru dirilis secara publik. 

 

Kehebatan Google berlanjut dengan mengumumkan API Kelas dan tombol berbagi untuk situs web, dan hebat nya lagi ini sangat memungkinkan administrator Sekolah dan pengembangan untuk lebih terlibat dengan Google Kelas. 

 

An application programming interface (API) is a computing interface which defines interactions between multiple software intermediaries. It defines the kinds of calls or requests that can be made, how to make them, the data formats that should be used, the conventions to follow, etc. It can also provide extension mechanisms so that users can extend existing functionality in various ways and to varying degrees.

Source: Wikipedia

Jadi, 

 

Perusahaan Raksasan Google melakukan terobosan dengan mengintegrasikan semua ini kebeberapah hal, misalnya Google Calender dengan penugasan dalam batas waktu tertentu, kunjungan ke lapangan serta komunikasi kelas.

 

Perkembagan Google Clasroom berlanjut lagi ke tahun selanjuntya, pada 2017 para pengguna Google Pribadi untuk bergabung dengan kelas yang tersedia tanpa harus memiliki Google Apps Aducation. 

 

Pada bulan April tahun yang sama 2017, kabar mengembirakan datang semua pengguna pengguna google pribadi sudah bisa untuk menggunakan dan mengajar kelas di google classroom.

 

Perkembangan selanjutnya pada tahun 2018, ketika itu pihak google menumumkan pembukaan penyelenggaraan ruang kelas, dengan menambahkan bagian pekerjaan kelas, meningkatkan antar muka penilaian, pengguna bisa kembali pada pekerjaan kelas dari kelas lain dan menambahkan fitu untuk guru dan mengatur isi pembelajaran sesuai dengan topiknya masing-masing.

 

Setahun berikutnya, 2019 kemarin pihak google kembali memperkenalkan 78 tema dengan desain bergambar baru dan terdapat pilihan untuk menarik dan melepaskan topik serta tuga pada pilihan di bagian pekerjaan kelas.

 

...Wah! semakin hari google terus menyempurnakan firunya! Ini sangat keren dan pencapaian yang sungguh bermanfaat dan luarbiasa!

 

Fitur yang ada di Google Classroom

Mengenal Sejarah Google Classroom
Mengenal Sejarah Google Classroom

Menarik utnutk terus kita kupas tentang beberapa fitur yang ada di Google Classroom ini.

 

Manajemen Google Classroom juga menggaet Google Docs, Google Drive, Sheets and Slides serta Gmail untuk bersama-sama dalam sebuah kerjasama untuk berkontribusi dan membantu dunia pendidikan dunia dan mencoba untuk sebuah terobosan sistem tanpa kertas.

 

Kemudian ada pihak Google Calender yang diintergrasikan untuk hal-hal yang berkaitan dengan tanggal dan penargetan tanggal pembatasan waktu, kunjungan lapangan dan pembicara kelas.

 

Sesuatu yang menarik! 

 

Para siswa dapat diundang untuk masuk ke ruang kelas melalui database yang telah tersedia di Institusi. 

 

Nah, hal ini akan diakses melalui kode pribadi. Selanjutnya mereka dengan mudah dapat ditambah di antarmuka perngguna siswa. 

 

Sisitem ini bisa berjalan secara otomatis dapat diimpor dari domain pihak sekolah.

 

Jadi, hal yang menarik didalam Google Classroom adalah pada penggunaan folder yang bisa secara terpisah di goolge Drive. 

 

Siswa bisa mengirimkan tugas atau pekerjaannya untuk dinilai oleh para gurunya di Google Classroom.

 

Cara Buat Penugasan di Google Classroom

Cara Buat Penugasan di Google Classroom & Mengenal Sejarah Google Classroom
Cara Buat Penugasan di Google Classroom & Mengenal Sejarah Google Classroom

Jadi, 

 

Didalam sistem yang disusun sangat baik oleh manajemen Google Classroom ini mampu memudahkan siswa dan guru dalam hal penugasan atau memberikan siswa pekerjaan sesuai dengan topik yang sedang mereka bicarakan.

 

Jadi, siswa dan Guru dapat menggunakan Google Drive sebagaimana bentuk kerjasama dengan Google Clasroom ini. 

 

Jadi Siswa cukum mengirim tugas yang di-host di Google Drive siswa itu dan kemudia dikirim ke gurunya untuk dinilai. 

 

Jadi, piha guru dapat mengambil file tugas siswa tersebut didalam Google Drive milik siswa dalam formast yang sudah ditentukan. 

 

So, sangat mudah bagi guru untuk mengakses semua ini hanya dengan bantuan Google Drive ini.

 

Selain itu, siswa juga dapat meletakkan sejumlah lampiran yang diperlukan didalam tugasnya dan kemudian di masukan kedalam host Google drive milikinya.

 

...Google Classroom dan Google Drive berinteraksi cukup baik untuk hal ini.

 

Nah.....


Lebih kurangnya, seperti itulah Sejarah Google Classroom: Fitur, Fungsi dan Cara Menggunakannya. Semoga artikel ini bermanfaat ya!