Ada 'Uang Pelicin' Jadi Kabar Tak Sedap Jelang Seleksi PPPK 2021, Ini Reaksi Kemdikbud?

Seleksi PPPK 2021
Seleksi PPPK 2021


Swarariau.com, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI sudah bersiap dalam rangka proses rekrutment dan seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021 ini.

Namun,

Ditengah akan dilaksanakan seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021 ini justru 'dihadang' kabar tak mengenakan yang bisa dikatakan sebagai perbuatan melanggar hukum.

 

Update! [KUMPULAN] Soal Tes PPPK 2021 Terbaru, Silahkan Download!



Kabar tersebut adalah isu liar tentang adanya 'uang Pelicin' dalam proses rekrutmen dan seleksi pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021 kali ini.

Memang, Hal-hal seperti informasi seperti ini memang kerap beredar ketika akan ada pelaksanaan rekrutmen pegawai pemerintah, baik itu Seleksi PNS maupun Seleksi PPPK kali ini.

Menangapi hal tersebut,

Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud Iwan Syahril mengimbau seluruh calon peserta seleksi PPPK untuk mewaspadai dan menghindari terlibat praktik calo dan penipuan. 

 

Update! [DOWNLOAD] Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) PPPK 2021 Plus Kunci Jawaban 

 

"Saya merasa prihatin dengan peredaran informasi calo dan uang pelicin yang meresahkan guru honorer ini. Saya mewakili Kemdikbud mengimbau khususnya kepada para guru calon peserta seleksi PPPK agar tidak terbujuk modus-modus penipuan semacam ini yang justru akan merugikan calon peserta sendiri,” kata Iwan Syahril dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA, di Jakarta, Minggu.

Pesan Pemerintah yang melalui Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud agar para peserta tidak 'percaya' dengan berbagai informasi liar yang beredar. 

 

Hal seperti ini, menjadi kelulusan dalam seleksi ASN tentu sebuah tindakan yang melanggar hukum. Ini sunggu tindakan tidak terpuji ketika Pemerintah tengah berupaya untuk melaksanakan sebuah seleksi yang sangat juru dan transparan.

 

Update! [KUMPULAN] Soal Tes PPPK 2021 Terbaru, Silahkan Download! 



Dikatakan,

Seperti ditegaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan sebelumnya, PPPK memang tetap harus melalui proses seleksi berdasarkan amanah undang-undang dan demi menjaga kualitas guru. 

 

Akan tetapi bagi para guru honorer yang belum dinyatakan lulus seleksi 2021, diminta untuk tidak berkecil hati karena para guru diberikan kesempatan hingga tiga kali mengikuti tes PPPK.

Para peserta seleksi harus memahami, jika ingin lulus maka harus kompeten!

Selain itu, Kemendikbud melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kemdikbud juga telah berupaya semaksimal mungkin dengan mempersiapkan Program Guru Belajar dan Berbagi – Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK.

 

Update! [DOWNLOAD] Contoh Soal PPPK Kompetensi Teknis Guru 2021



Jadi,

Program Guru Belajar dan Berbagi – Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK memang dirancang khusus untuk membantu para peserta seleksi untuk meningkatkan kemampuan kompetensi pedagogi dan profesional.


Dengan mengedepankan konsep ruang kolaborasi dan komunitas pembelajaran. Seri Belajar Mandiri itu dapat diakses dalam jaringan (daring) dan bebas biaya melalui laman resmi yang sudah disiapkan kemendikbud.

 

Update! [KUMPULAN] Soal Tes PPPK 2021 Terbaru, Silahkan Download! 


Program ini sangat mudah untuk diakses.

Para peserta Seleki PPK 2021 ini bisa memanfaatkan semaksimal mungkin Program Guru Belajar dan Berbagi – Seri Belajar Mandiri Calon Guru ASN PPPK yang sudah diperkenalkan Kemendikbud ini.



"Mari kita semua membuktikan integritas diri melalui seleksi yang adil, bersih, dan demokratis," ujar Iwan. 

 

Terkait keberadaan praktik calo seleksi ASN PPPK itu, 

 

Update! [DOWNLOAD] Contoh Soal PPPK Kompetensi Teknis Guru 2021

Kemdikbud akan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan investigasi lebih lanjut dan menindak oknum yang terbukti melakukan. 

 

Kepada masyarakat yang mengetahui informasi tentang praktik calo, juga dapat menyampaikan laporan melalui Layanan Informasi dan Pengaduan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dapat diakses pada laman resmi Unit Layanan Terpadu (ULT) Kemendikbud.

 

Update! [DOWNLOAD] Soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP) PPPK 2021 Plus Kunci Jawaban  


Untuk itu,

Sekali lagi perlu di catat,

Tidak perlu mempercayai berbagai oknum yang datang dengan menawarkan hal-hal tersebut. Informasi tersebut tidak benar, Peserta yang memiliki kompetensi tentu akan mampu melewati seleksi ini dengan baik.