Cara Share Lokasi Melalui Maps di Aplikasi Chat WhatApp dan Line

Swarariau.com, Teknologi -- Share lokasi sering digunakan sekarang ini untuk memberitahu tagging suatu tempat atau dimana Anda berada saat ini. 

Akan tetapi masih banyak yang belum mengetahui cara share lokasi baik melalui Google Maps dan masuk ke aplikasi perpesanan lain seperti WhatsApp, LINE, Facebook, dan aplikasi lainnya.

Cara ini sekarang sudah sering digunakan untuk mengecek keberadaan orang di suatu tempat, jasa pesan antar barang, dan juga masih banyak kegunaan lainnya. 

Bahkan sekarang Anda dapat menunjukkan lokasi Anda secara real time dengan mengaktifkan beberapa fitur. 

Perpindahan Anda dapat terpantau melalui Google dan akun lain yang Anda izinkan untuk mengakses lokasi Anda.

Akan tetapi jangan lupa, untuk dapat melakukan sharing lokasi Anda harus mengaktifkan fitur lokasi di ponsel. 

Jika Anda mematikan fitur lokasi, maka Anda tidak akan dapat melakukan share lokasi atau shareloc.

Cara Share Lokasi di WhatsApp

Cara Share Lokasi di WhatApp
Cara Share Lokasi di WhatApp

Sebagai aplikasi chat dan perpesanan yang cukup populer, banyak orang menggunakan WhatsApp untuk melakukan tukar pesan termasuk juga sharing lokasi. 

Tahapan yang harus dilakukan untuk dapat melakukan hal ini melalui WhatsApp adalah:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
    Pastikan Anda sudah menginstal WA dan juga meregistrasikan nomor yang Anda miliki. Setelah dapat bertukar pesan dan memiliki akun di WA barulah Anda dapat melakukan shareloc.
  2. Cari kontak nomor mana atau obrolan grup yang akan Anda kirimkan sharing lokasi Anda.
    Mencari kontak orang yang sudah pernah berkirim pesan dan langsung membuka kontak tersebut. Atau bahkan Anda dapat memasukkan kontak baru dan mengirimkan lokasi Anda kepada nomor tersebut.
  3. Sentuh tombol attach yang memiliki logo seperti klip.
    Tombol tersebut ada di bagian bawah aplikasi sebelah kanan dari tempat biasa Anda mengetik pesan. Setelah disentuh akan terdapat pilihan berupa dokumen, kamera, galeri, audio, lokasi, dan kontak. Jika Anda ingin melakukan share lokasi maka dapat menyentuh tombol lokasi sesuai yang tertera.
  4. Sentuh logo lokasi yang berwarna hijau.
    Setelah itu akan muncul halaman share lokasi dengan pilihan mengirimkan lokasi real time Anda (live location) atau hanya mengirimkan lokasi Anda saat ini (current location). Anda juga dapat mengatur penggunaan live location selama berapa menit sesuai dengan keinginan. Selain itu juga tertera beberapa tempat terdekat dari Anda yang menjadi patokan, sehingga orang mudah apabila ingin menemukan Anda.

Selanjutnya WhatsApp akan mengirimkan lokasi Anda kepada orang yang Anda inginkan.

Cara Share Lokasi di LINE

Cara Share Lokasi di LINE
Cara Share Lokasi di LINE

Aplikasi chat lainnya yang cukup populer yaitu LINE. Aplikasi buatan Jepang ini banyak diunduh di berbagai negara dan menjadi aplikasi bertukar pesan populer. 

Uniknya aplikasi ini adalah pelopor penggunaan sticker di chat dan memiliki banyak sticker yang lucu sehingga dapat mengekspresikan perasaan penggunaannya.

Untuk share lokasi di LINE Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Buka aplikasi LINE.
    Pastikan Anda sudah menginstal LINE dan juga memiliki akun. Setelah dapat bertukar pesan di sini barulah Anda dapat melakukan shareloc.
  2. Cari kontak yang akan Anda kirimkan sharing lokasi Anda.
    Mencari kontak orang yang sudah pernah berkirim pesan dan langsung membuka kontak tersebut. Atau bahkan Anda dapat memasukkan kontak baru dan mengirimkan lokasi Anda kepada nomor tersebut.
  3. Sentuh tombol plus (+).
    Tombol tersebut ada di bagian bawah aplikasi sebelah kiri dari tempat biasa Anda mengetik pesan. Setelah disentuh akan terdapat pilihan. 

Jika Anda ingin melakukan share lokasi maka dapat menyentuh tombol lokasi sesuai yang tertera. Maka akan diketemukan titik Anda saat ini atau ingin menggeser sesuai dengan titik yang Anda inginkan.

Itulah beberapa cara share lokasi menggunakan aplikasi WhatsApp dan LINE.