Cara Setting Sound System Lapangan, Acara Lancar Hingga Selesai!

Cara Setting Sound System Lapangan
Cara Setting Sound System Lapangan

Swarariau.com, Elektronik -- 
Cara setting sound system lapangan sangatlah penting, apalagi jika untuk kegiatan acara outdoor, seperti lapangan yang areanya luas. Sebab untuk tempat yang terbuka memerlukan suara yang lebih kencang dan bersih dibandingkan dengan suara untuk acara dalam ruangan.

Oleh karenanya diperlukannya tambahan beberapa peralatan untuk mendapatkan suara yang sesuai dengan keadaan tersebut. 

Tentunya dalam memasang peralatan sound tersebut, tidaklah serta merta. Diperlukannya urutan-urutan yang tepat.

Supaya nantinya tidak menimbulkan kesalahan atau malah menimbulkan korsleting ketika digunakan. 

Untuk pemasangan sound tambahan tersebut adalah mulai dari Audio  mixer, equalizer, crossover, baru yang terakhir pemasangan power dan speaker.

Cara Setting Sound System Lapangan, Ini Urutannya!

Urutan cara setting sound system lapangan haruslah urut, supaya suara yang dihasilkan juga optimal. 

Berikut urutan piranti apa saja yang harus dipasang ketika akan menyelenggarakan acara lapangan atau luar ruangan.

1. Pasang Audio Mixer Terlebih Dahulu

Piranti pertama yang harus dipasang adalah audio mixer. Kenapa audio mixer adalah alat yang harus pertama kali dipasang? 

Karena alat ini merupakan alat yang dipakai untuk mencampurkan senua perangkat alat music dan jug asund menjadi satu bagian.

Jadi semisal ketika acara berlangsung aka nada tampilan main music dengan menggunakan piano. Atau menggunakan laptop untuk memutar lagu atau membutuhkan perangkat lainnya. 

Jadi ke semua perangkat yang akan digunakan tersebut akan disambung pada audio mixer melalui jalur output.

2. Memasang Equalizer

Selanjutnya adalah pemasangan equalizer. 

Equalizer ini sangat penting, apalagi jika acara yang diadakan acara yang tempatnya terbuka. Fungsi dari equalizer ini adalah sebagai pemotong frekuensi suara yang tidak perlu.

Misalnya saja ketika sedang dipakai, terdapat suara yang keras menggelegar seperti drum. Maka dengan equalizer suara tersebut akan sangat mudah dipotong. 

Untuk memasangnya, cukup output atau output R dimasukkan ke equalizer. 

Output yang keluar dari equalizer nanti akan masuk pada power amplifier. Equalizer ini sangat recommended untuk monitor atau speaker vocal.

3. Pasang Crossover

Untuk mengaktifkan Crossover ini Anda harus tahu lebih dulu jenisnya. 

Untuk crossover pasif, maka untuk menghidupkannya tidak perlu yang namanya aliran listrik. Jadi hanya ditaruh saja dalam box speaker. 

Berbeda dengan crossover aktif, kan bisa dipakai untuk semua jenis speaker.

Dengan mengaktifkan crossover speaker 18 sub ini misalnya, maka akan bisa memfilter yang tak diinginkan, contohnya adalah suara middle. 

Crosofferv diaktifkan setelah memasang equalizer. Untuk output equalizer akan masuk pada in crossover. Namun untuk outnya akan masuk pada in power.

4. Pasang Power Dan Speakernya

Perangkat berikutnya adalah pemasangan Power dan Speaker. Sebelum disambungkan ke speaker, maka sebelumnya harus di colokan pada power amplifier. 

Baru setelahnya disambungkan pada Speakernya. Untuk volume head bisa diatur hingga maksimal. Jika sudah kurangi hingga 5 tingkat, dengarkan hasilnya pada speaker apakah suaranya sudah maksimal.

Untuk pengaturan filter suara tergantung dari jenis speaker yang dipakai. Misalnya saja jika Anda menggunakan subwoofer, maka settingan filter saklar ke posisi LPF. 

Jika speaker yang digunakan untuk settingan  midrange, maka filter saklar dibuat posisi HPF.

Namun jika speaker yang digunakan adalah speaker fullrange maka gunakan posisi FULL. 

Tapi pengaturan tersebut tidak saklek harus pada posisi tersebut, sebab jika pengaturannya masih kurang pas bisa diatur lagi.

Cara setting sound system lapangan pada speaker bisa dilakukan dengan cara manual. Anda bisa memutar tombol “Frequency”, yang terdapat pada power amplifier. 

Kemudian putar hingga mendapatkan kualitas suara yang pas dan sesuai dengan yang diinginkan.