[UPDATE] Jadwal Dan Jam Trading Saham Tahun 2022 Yang Harus Anda Ketahui

Jadwal Dan Jam Trading Saham
Jadwal Dan Jam Trading Saham

Swarariau.com, Finance --
Sekarang ini melakukan investasi dan juga trading saham sudah bukan hanya menjadi hobi yang bisa menguntungkan saja. Namun bisa kita sebut bahwa aktivitas trading saham sekarang ini sudah bisa menjadi salah satu pilihan pekerjaan sampingan yang bisa kita lakukan jika membutuhkan uang tambahan untuk mencukupi kebutuhan finansial sehari-hari. 

Untuk itu, berkaitan dengan investasi trading saham, kali ini saya akan menuliskan informasi mengenai jadwal dan jam trading saham yang harus diketahui para trader.

Sebab mengetahui jadwal dan jam trading saham sendiri menjadi salah satu hal yang paling mendasar sebelum memutuskan untuk melakukan investasi trading saham. 

Dimana jam bursa saham sendiri merupakan waktu yang sudah disepakati dan juga diberikan dari lembaga yang memberikan sarana jual beli atau trading saham kepada para investor maupun trader untuk melakukan pembelian atau penjualan bursa saham.

Anda para trader dan investor harus tahu jadwal dan jam trading saham, 

Sebab jika anda melakukan transaksi atau trading di luar jam yang sudah ditetapkan tentu saja anda tidak akan berhasil dan dianggap tidak sah. 

Hal ini karena sekarang ini setiap aktivitas jual beli saham sendiri juga diawasi lembaga pengawas, sehingga anda harus mengikuti peraturan yang sudah ditetapkan oleh lembaga-lembaga pengawas tersebut.

Jadwal Dan Jam Trading Saham Terbaru (Update 2022)

Jadwal Dan Jam Trading Saham Terbaru
Jadwal Dan Jam Trading Saham Terbaru

Tentu saja kita juga sudah tahu bahwa sebelumnya perdagangan yang dilakukan di Bursa Efek Indonesia pada pasar reguler serta negosiasi akan berlangsung mulai dari pukul 08:45 sebagai pra pembukaan, sampai pasar penutupan yang dilakukan pukul 15:15. 

Waktu perdagangan atau trading saham yang lebih singkat tersebut sudah berlangsung semenjak tanggal 30 maret tahun 2020, 2 tahun lalu.

Kebijakan tersebut tentu saja bukan tanpa alasan, hal ini diberikan supaya bisa menyesuaikan pemendekan jam operasional dari BI-RTGS atau Bank Indonesia Real Time Gross Settlement dan juga mendukung kebijakan pemerintah yang sejak adanya pandemi Covid-19 menetapkan kebijakan Work From Home guna meminimalisir kasus peningkatan Covid-19 yang terjadi di Indonesia.

Namun saat ini terdapat lagi perubahan dari jadwal dan jam trading saham yakni terdapat penambahan waktu sampai 15 menit. 

Dimana perubahan ini akan ditetapkan hingga waktu yang belum diketahui. penambahan waktu tersebut sudah berlaku sejak bulan Juli tahun kemarin.

Hal ini didapatkan dari dokumen Bursa Efek Indonesia dimana penambahan waktu 15 menit setelah pasar reguler ditutup ini akan dimulai dari pra pembukaan pukul 09:00 hingga berakhir di jam 16:30.

Laksono Widodo selaku Direktur Perdagangan dan juga Anggota dari Bursa Efek Indonesia menegaskan jika perpanjangan waktu tersebut dilakukan untuk menghindari keberadaan dari crossing tomorrow yang terjadi di pasar negosiasi.

Namun peraturan libur dari jadwal dan jam trading saham masih tetap sama yakni Sabtu dan Minggu, serta jika ada hari libur nasional maka tidak ada transaksi yang bisa dijalankan di dalam Bursa Efek Indonesia. 

Selain itu, kita juga tidak bisa melakukan transaksi saham diluar jam yang sudah ditetapkan pada hari Kerja.

Namun tenang saja, karena disini anda masih bisa memanfaatkan keberadaan dari sesi pra pembukaan yakni pukul 08:45 hingga pembukaan semestinya pada pukul 09:00. 

Jadi anda masih mendapatkan kelonggaran waktu 15 menit di awal dan 15 menit di akhir di jadwal dan jam trading saham terbaru kali ini.

Itulah informasi mengenai jadwal dan jam trading saham yang bisa anda jadikan sebagai referensi. 

Semoga informasi ini bisa bermanfaat untuk anda yang mungkin penasaran dengan jadwal dan jam trading saham.