5 Cara Mengatasi Hasil Printer Bergaris Putus-putus Canon, 100% Berhasil?

Swarariau.com, Tutorial Printer -- Pernah nggak sih kamu mengalami hasil print yang terputus-putus alias tidak bagus. Ini sangat menjengkelkan, ketika kita sedang mengerjakan sesuatu dan ingin mencetak hasil kerjaan ini tapi hasilnya tidak maksimal.

Terlihat ada garis pada hasil print ini. Selain itu, juga terkadang sering terlihat hasil yang terputus-putus.

Nah, ada beberapa penyebab hasil cetakan putus-putus pada saat melakukan print out ini.

Kasus hasil printer putus-putus ini sering terjadi ketika kamu melakukan print out  dalam jumlah yang banyak.

Terkadang, kita sering dikejar 'deadline' pekerjaan yang membuat kita harus memaksa kinerja printer terlalu porsir.

Sampai-sampai kita lupa mengecek kondisi tinta. Jika kamu menggunakan 'inpus' dengan tabung tinta di luar akan mudah, namun jika kamu menggunakan jenis printer non inpus maka tidak akan kelihatan saat tinta akan habis.

Misalnya, pada printer Canon ip2770. Jenis printer ini harus mengalami modifikasi untuk bisa menggunakan tabung tinta di luar.

Sedangkan bawaan aslinya, kamu hanya bisa mengisi tinta menggunakan 'suntik' dan memasukkan tinta ke dalam cartridge itu sendiri.

Kondisi seperti ini membuat kita tidak bisa memprediksi 'kondisi tinta' yang ada didalam cartridge tersebut. 

Kondisi ini yang sering membuat hasil print terputus-putus. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa simak ulasan selengkapnya.

Penyebab Hasil Printer Bergaris Putus-putus Canon

Hasil Printer Bergaris Putus-putus
Hasil Printer Bergaris Putus-putus

Sebelum melakukan berbagai cara dan trik untuk bisa memperbaiki kondisi hasil print kamu yang terputus-putus maka sebaiknya kamu memahami beberapa hal.

Ada beberapa penyebab yang terkadang membuat printer kamu menjadi tidak normal dan cenderung bergaris pada saat mencetak dokument.

Secara umum, penyebab terjadinya error ini adalah sebagai berikut:

  1. Tinta printer di Cartridge habis
  2. Cartidge Mengalami Kekeringan karena jarang terpakai

Untuk itu,

Kamu harus memperhatikan dua hal ini ketika sedang mengalami hal semacam ini. Sangat tidak maksimal dalam mencetak dokumen ketika ada terdapat garis-garis pada bagian tulisan di kertas.

Jika yang terjadi pada poin 1, akan dengan mudah kelihatan dan kamu tinggal melakukan pengisian ulan pada cartridge printer.

Ini cukup mudah!

Cara Mengatasi Hasil Printer Canon Bergaris Putus-Putus

Mengatasi Hasil Printer Canon Bergaris Putus-Putus
Mengatasi Hasil Printer Canon Bergaris Putus-Putus

So, setelah kamu melihat dan memahami beberapa penjelasan diatas maka beberapa langkah yang menjadi solusi untuk mengatasi hasil print yang tidak maksimal akan kita ulas pada bagian ini.

...Ada beberapa poin sih!

Jadi,

Kamu bisa mencoba satu persatu solusi ini. Nggak perlu langsung melakukan sekaligus. Biasanya, satu atau dua saja sudah bisa mengembalikan hasil print yang terputus tersebut.

Untuk lebih jelasnya,

Kalian bisa simak beberapa ulasan dibawah ini:

1. Lakukan Cleaning

Melakukan 'cleaning' merupakan hal yang paling sering dilakukan seseorang ketika berhadapan dengan error pada hasil print out mereka.

Dengan melakukan cleaning ini,

Biasanya semua tinta, termasuk tinta warna akan kembali mengisi sela-sela yang kosong. Namun, jika yang bermasalah hanya warna hitam maka kamu juga dapat melakukan cleaning ini hanya pada warna hitam saja.

Sudah hampir semua orang yang menggunakan printer ini melakukan cleaning pada printer mereka saat terjadi masalah pada tinta saat mencetak dokumen.

Caranya juga cukup mudah, kamu tinggal ikuti beberapa langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi printer Canon Anda 
  • klik file –> 
  • Print –> 
  • Properties –> 
  • Maintanance –> 
  • Cleaning.
  • Tunggu hingga proses benar-benar selesai.

Atau cara lainnya kamu bisa langsung menekan CNTL + P (Posisi ingin mencetak dokumen), setelah itu kamu akan melihat opsi 'Maintanence' pada bar menu tersebut. 

Silahkan pilih dan lakukan Cleaning hingga proses Selesai.

Proses ini memakan waktu, untuk itu kamu harus menunggu prosesnya benar-benar selesai. Setelah benar-benar selesai maka kamu bisa melakukan uji cetak untuk melihat hasil print yang barus saja kamu lakukan proses cleaning.

...Jika belum bagus?

Kamu bisa melanjutkan mengulangi proses dari awal tadi hingga 3 kali, jika dalam pengulangan hingga 3 kali dan masih berlum berhasil memperbaiki hasil print yang bergaris maka kamu bisa melanjutkan pada proses selanjutnya.

2. Melakukan 'Deep Cleaning'

Hampir terdengar sama dengan opsi diatas, Cleaning dan Deep Cleaning. Deep Cleaning ini merupakan proses lebih dalam lagi.

Jadi,

Ketika kamu mau melakukan Deep Cleaning ini, maka kamu tinggal melanjutkan dengan menekan opsi yang ada di bawah cleaning.

Silahkan lihat pilihan yang bertuliskan 'Deep Cleaning' ini. Proses Deep Cleaning ini lebih lama jika dibandingkan dengan Cleaning.

Opsi ini hanya kamu lakukan jika setelah melakukan Cleaning tidak berhasil.

Silahkan dicoba dulu! 

Tak berbeda dengan Cleaning, kamu juga akan diminta untuk melakukan pengetesan setelah proses Deep Cleaning ini selesai.

Lihat hasil pengetesan, apakah sudah bagus! Biasanya, Deep Cleaning ini akan membuat hasil printer kamu lebih bagus lagi. Namun, jika masih belum bisa memperbaiki maka kamu bisa melanjutkan ke tahap yang lebih jauh lagi.

3. Cuci dan Bersihkan Catridge

Pada tahapan memperbaiki cartridge selanjutnya mungkin terdengan lebih 'ekstrem' dengan melakukan pencucian terhadap hardware cartridge ini sendiri.

Mencuci cartridge ini bertujuan untuk melepaskan bekas tinta yang membeku pada cartride. Biasanya, ini terjadi pada printer yang sangat jarang kamu pakai.

Printer yang jarang terpakai ini biasanya terjadi pembekuan pada bekas-bekas tinta. Hal ini membuat proses keluarnya tinta terhambat.

Inilah yang menyebabkan terjadinya hasil printer yang terputus-putus bahkan terkadang tidak bisa mengeluarkan hasil print sama sekali.

Namun, jika pada proses cleaning dan deep cleaning sudah berhasil mengatasi hasil print yang tidak bagus maka langkah mencuci cartidge ini tidak perlu kamu lakukan.

Untuk kamu yang ingin melakukan pencucian cartridge ini bisa mengikuti beberapa langkah yang sudah admin siapkan berikut ini:

  • Persiapkan ari hangat dalam wadah baskom atau mangkok
  • Siapkan tisu bersih
  • Silahkan mengeluarkan cartride dari posisi printer kamu
  • Rendam bagian bawah (posisi tempat keluar tinta) pada air hangat yang sudah disiapkan sebelumnya
  • Akan terlihat tinta keluar dan bercampur dengan air hangat, biarkan selama beberapa menit.
  • Setelah itu, angkat cartridge dan keringkan dengan menggunakan tisu lembut yang sudah disiapkan sebelumnya.
  • Pastikan air yang ada pada cartridge sudah benar-benar kering
  • Tambahkan tinta pada cartridge (Jika diperlukan, ini tidak wajib kamu lakukan)
  • Silahkan pasang cartridge pada posisi semula di printer
  • Selesai

Silahkan melakukan pengujian terhadap cartridge yang sudah kamu pasang tadi. Perhatikan hasilnya, jika masih ada terlihat bergaris pada hasil print maka kamu bisa melakukan 1 kali cleaning lagi.

Biasanya hasil print kamu akan kembali normal seperti semula.

4. Ganti Catridge

Ini merupakan opsi yang paling 'akhir' untuk mendapatkan hasil printer yang bagus dan tidak lagi ada garis-garis putus pada dokumen kamu.

Silahkan menggunakan cartridge original untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan penggunaannya akan lebih awet.

Jika kamu menggunakan printer dengan tabung luar (inpus) maka pastikan kamu membuat lubang inpus dengan rapi dan jangan terlalu besar.

Selang tinta karet kok! Jadi, cukup buat lebih kecil dari ujung selang sehingga saat memasukkan ujung selang inpus bisa pas dan tidak longgar.

5. Bawa Printer ke Jasa Service Printer

Pada opsi ini, kamu harus mempersiapkan uang untuk membayar jasa service memperbaiki printer kamu.

Memang, jasa service printer adalah ahlinya dalam melakukan berbagai perbaikan terhadap error yang terjadi pada printer kamu.

Pastikan kamu memilih jasa service yang memang sudah kamu percaya! Jangan sembarangan, nanti printer kamu makin error.

Jika tidak ada referensi maka kamu bisa bertanya sesama teman kamu untuk menunjukkan dimana jasa service printer yang baik.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa ulasan seputar Cara Mengatasi Hasil Printer Bergaris Putus-putus Canon yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Sebelum melakukannya, 

Ada baiknya kamu benar-benar membaca dan memahami beberapa petunjuk yang sudah admin buatkan ini.

Ini bisa menghidari kesalahan pada saat kamu melakukan perbaikan pada printer kamu. Jika kamu tidak mampu melakukannya maka opsi membawa ke jasa service printer mungkin akan menjadi solusi terbaik yang bisa kamu lakukan.

Oh ya,

Selain informasi ini, kamu juga bisa baca beberapa informasi lainnya seputar printer dibawah ini:

Semoga beberapa informasi yang admin sampaikan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Ketika berhadapan dengan error hasil printer yang bergaris ini kamu tidak lagi bingung.

Selamat Mencoba ya!