Fitur Find My Device iPhone: Cara Aktifkan dan Langkah Melacak iPhone

Swarariau.com, iPhone -- Saat ini perangkat gadget sudah memiliki fitur find my device iPhone, yang mana fitur ini sangat berguna jika penggunanya mengalami kehilangan pada perangkat iPhone yang anda gunakan.

Sebenarnya, fitur ini sudah familiar untuk anda. Ketika masih menggunakan perangkat android, fitur ini juga sudah tersedia.

Fitur find my device iPhone maupun android memiliki fungsinya tersendiri. Di bawah ini merupakan beberapa fungsi fitur find my device pada perangkat iPhone.

Anda bisa simak beberapa penjelasan yang sudah admin siapkan.

Fungsi Find My Device Iphone

Fitur Find My Device iPhone
Fitur Find My Device iPhone

Sebagai pengguna iPhone, anda harus pahami 3 fungsi utama dari fitur find my device pada Iphone agar dapat anda manfaatkan secara maksimal.

Perlu untuk anda ketahui, kehadiran fitur ini cukup bermanfaat untuk tetap menjaga dan melacak keberadaan iPhone tersebut.

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, sebelum masuk penjelasan lebih lanjut maka kamu bisa simak beberapa fitur dari My Device iPhone berikut ini:

1. Location & Direction

Fungsi yang pertama adalah location & direction. Fungsi ini dapat memberikan dukungan yang terintegrasi pada aplikasi Maps di Iphone.

Fitur ini akan menunjukkan petunjuk arah jalan pada Anda untuk menuju lokasi ke tempat Iphone berada.

2. Play Sound

Fitur ini bisa menghasilkan suara pada Iphone Anda meskipun pada kondisi silent atau muted. 

Suara yang dihasilkan ini biasanya terjadi apabila Anda masih belum menemukan perangkat Iphone walaupun sudah berada di lokasi keberadaan Iphone.

Jadi, fitur find my device Iphone ini bisa menghasilkan suara yang mana memiliki tujuan lain untuk memperbesar kemungkinan Iphone akan ditemukan. 

Fungsi ini sangat berguna apabila Anda sedang mencari Iphone Anda.

3. Lost Mode

Berikutnya, ada fungsi lost mode. Fungsi ini bertujuan untuk melindungi data-data yang ada di dalam Iphone Anda. Hal ini dilakukan agar data-data tersebut tidak dicuri oleh orang yang tak bertanggung jawab.

Selain itu, Anda juga bisa mengunci semua data melalui fitur ini dan akan menampilkan nomor telepon yang bisa dihubungi apabila seseorang yang menemukannya akan mengembalikan Iphone tersebut kepada Anda.

4. Erase

Fungsi yang terakhir yaitu erase. Dari fungsi ini Anda dapat menghapus data-data yang tersimpan di Iphone yang sedang hilang. 

Dengan begitu, nantinya orang lain tidak dapat mengakses data-data pribadi milik Anda yang terdapat di dalam Iphone Anda.

[Langkah] Cara Melacak Iphone

Cara Melacak Iphone
Cara Melacak Iphone

Anda perlu mengetahui langkah-langkah melacak Iphone ini sebab akan berguna apabila suatu saat Anda mengalami kehilangan Iphone Anda. 

Maka dari itu, sebaiknya simak penjelasannya berikut ini.

  1. Pertama, silakan buka situs iCloud.com/find, setelah itu masuk dengan menggunakan Apple ID dan juga kata sandi yang digunakan oleh Anda pada perangkat Iphone yang hilang.
  2. Setelah itu, buka fitur Find My iPone.
  3. Terakhir, informasi mengenai keberadaan lokasi Iphone akan muncul jika Anda sudah mengaktifkan pilihan Send Last Location.

Sebelum melakukan cara ini, sebaiknya Anda mengaktifkan fitur Find My Iphone juga dari perangkat Iphone Anda yang hilang. Ini bisa dilakukan saat Anda pertama kali menggunakan perangkat tersebut.

Sebab, jika fitur find my device Iphone tersebut belum diaktifkan, maka Anda tidak bisa menggunakannya dan tidak bisa mengakses Find My Iphone apabila terjadi kehilangan. 

Berikut merupakan cara mengaktifkannya pada perangkat Iphone.

  1. Pertama buka menu Setting di Iphone.
  2. Lalu, klik ID Apple dan lakukan sign in.
  3. Pilihlah menu Find My Iphone.
  4. Setelah itu, aktifkan fitur tersebut sampai toggle posisi On.
  5. Terakhir, aktifkan pilihan menu Send My Location. Selesai.

Cara tersebut cukup simpel untuk melakukan pendeteksian lokasi di Iphone. Maka dari itu, sebaiknya langsung segera aktifkan fitur tersebut di Iphone begitu menggunakannya. 

Hal ini ditujukan agar bisa mencegah terjadinya kehilangan atau meminimalisir kesulitan dalam pencarian.

Kesimpulan

Itu dia fungsi fitur find my device Iphone yang perlu Anda ketahui. Anda bisa memanfaatkan fitur tersbeut untuk melacak ponsel Iphone yang hilang.

Pada saat kamu mengalami kehilangan iPhone, maka kamu bisa dengan mudah menemukan perangkat tersebut dengan fitur ini.

Nggak perlu panik dulu!

Untuk itu, kamu harus simak dengan baik dan pahami bagaimana cara menggunakan fitur ini sehingga kamu bisa dengan mudah memanfaatkannya.

Selamat Mencoba ya!