5 Cara Membuat Cover Laporan Tahunan dan Tips Pembuatan: Buat Jadi Keren!

Cover Laporan Tahunan
Cover Laporan Tahunan

Swarariau.com, Tutorial Microsoft Office -- Laporan tahunan dibuat sebagai salah satu dokumen yang berisi segala informasi tentang perkembangan maupun pencapaian perusahaan/ organisasi. Cover laporan tahunan sebagai salah satu bagian dari dokumen tersebut harus dibuat menarik dan informatif.

Tampilan cover menjadi hal yang paling pertama terlihat dari sebuah laporan, ini akan memberikan kesan pertama sebelum membuka laporan tersebut.

Nah, untuk membuat laporan tahunan yang bagus bisa bisa kamu mulai dengan memberikan beberapa design dan tampilan cover yang bagus. Dengan hanya melihat cover, kita sudah bisa menebak sekilas isi dari laporan tersebut.

Bagaimana cara untuk membuat sampul halaman depan laporan tahunan tersebut? Apa saja hal-hal atau tips yang harus diperhatikan dalam proses pembuatannya?

Simak langsung informasi tentang pengertian, cara pembuatan, dan tipsnya dalam artikel ini!

Pengertian Laporan Tahunan

Secara sederhana, laporan tahunan merupakan sebuah laporan berisi ringkasan informasi segala sesuatu (perkembangan dan pencapaian) yang dialami perusahaan atau organisasi dalam periode waktu satu tahun. 

Berikut ini fungsi atau kegunaan laporan tahunan, yaitu:

  • Menyajikan informasi tentang keuangan dan kinerja perusahaan.
  • Menunjukkan pencapaian dan prestasi manajemen atas sumber daya yang dimilikinya.
  • Sebagai salah satu bentuk pemasaran tertulis.
  • Menunjukkan kinerja perusahaan selama satu tahun termasuk tentang keuntungan dan kerugian yang diperoleh.
  • Dapat berguna sebagai informasi bagi investor yang ingin mengetahui kondisi perusahaan.
  • Menunjukkan gambaran secara umum tentang tugas, peranan, dan pekerjaan masing-masing bidang di dalam perusahaan tersebut.

Laporan tahunan memiliki peranan yang penting apalagi ketika digunakan untuk menarik minat investor di tahun-tahun yang akan datang. 

Oleh karena itu, laporan tahunan harus dibuat dengan baik, teliti, informatif, dan menarik.

Salah satu cara membuat laporan tahunan yang baik adalah membuat halaman sampul laporan tahunan yang menarik. Hal ini karena cover atau halaman sampul laporan tahunan merupakan halaman pertama yang akan dilihat.

Cara Membuat Cover Laporan Tahunan

Cover atau halaman sampul suatu dokumen laporan tahunan dapat di-desain atau dibuat menggunakan berbagai cara. Bagaimana cara pembuatan halaman sampul laporan tahunan?

Berikut ini beberapa cara yang bisa menjadi pilihan ketika akan membuat cover atau halaman sampul depan laporan tahunan, yaitu?

1. Menggunakan Template dari Microsoft Word

Sampul laporan tahunan dapat dibuat dengan cara yang sederhana hanya dengan menggunakan Microsoft Word. 

Selain sederhana, cara pembuatannya juga mudah dan praktis karena siapa saja termasuk Anda dapat membuatnya dengan mengikuti panduan. 

Berikut ini cara membuat desain cover laporan Word, yaitu:

  • Buka lembar kerja baru pada Microsoft Word untuk membuat cover laporan.
  • Setelah itu, pilih menu “Insert” yang ada di bagian atas lembar kerja.
  • Lanjutkan dengan memilih “Cover Page” yang berada di bagian “Pages”.
  • Beberapa saat kemudian akan muncul berbagai pilihan template cover atau halaman depan yang dapat langsung digunakan.
  • Pilih salah satu template contoh cover laporan yang disediakan Microsoft Word.
  • Selanjutnya, Anda hanya perlu mengedit tulisan yang ada di dalam template tersebut sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, judul, tahun, keterangan, dan lain sebagainya.
  • Jika proses editing sudah selesai, maka Anda bisa menyimpan desain sampul laporan tersebut.

2. Menggunakan Microsoft Word secara Manual

Selain menyediakan desain template cover laporan yang dapat langsung digunakan, Microsoft Word juga dapat digunakan untuk membuat cover secara manual. 

Caranya yaitu dengan memanfaatkan berbagai fitur yang disediakan oleh Microsoft Word.

  • Buka lembar kerja baru pada Microsoft Word untuk membuat cover laporan.
  • Tulis judul laporan tahunan dan berbagai tulisan keterangan lainnya.
  • Sesuaikan tata letak tulisan di dalam cover dan pastikan untuk menggunakan jenis atau gaya tulisan menarik yang disediakan pada bagian “Home” dan “Font”. Jika diperlukan, maka Anda juga bisa mengubah ukuran dan warna tulisan di cover.
  • Tambahkan gambar dengan cara memilih “Insert” dan “Picture”. Gambar yang dimaksud berupa logo perusahaan atau organisasi. Anda juga bisa menambahkan gambar lainnya sebagai elemen desain untuk membuat cover tampak lebih menarik.

Cara manual ini cukup sederhana dilakukan, tetapi memerlukan kreativitas yang tinggi untuk membuat desain cover laporan tahunan agar terlihat menarik.

3. Menggunakan Aplikasi Desain

Cara selanjutnya yang dapat dilakukan untuk membuat cover laporan adalah menggunakan aplikasi desain tertentu. 

Misalnya, Photoshop, Corel Draw, Canva, dan berbagai aplikasi desain grafis lainnya. Sebagai contoh, berikut ini cara membuat cover laporan keren menggunakan Canva, yaitu:

  • Pastikan Anda sudah memiliki akun Canva agar dapat mengaksesnya menggunakan smartphone maupun laptop. Jika belum memiliki akun Canva, maka silakan lakukan registrasi terlebih dahulu.
  • Buka aplikasi Canva yang dimiliki dan buatlah lembar kerja baru untuk membuat cover. Anda bisa membuat lembar kerja tersebut dengan ukuran yang sesuai keperluan, seperti A4.
  • Pilih template cover yang sudah disediakan oleh Canva. Galeri Canva menyimpan banyak desain template cover laporan yang sangat beragam dan menarik. Anda bisa memilih template desain cover gratis maupun berbayar menggunakan akun premium Canva Pro.
  • Setelah memilih template cover laporan tahunan, maka Anda hanya perlu mengedit bagian tulisan dan gambar untuk disesuaikan dengan keperluan perusahaan atau organisasi.
  • Anda juga bisa berkreasi dengan menambahkan elemen-elemen tertentu yang disediakan oleh Canva.

Cara yang satu ini banyak digunakan karena memberikan pilihan desain template yang lebih beragam dan menarik. 

Selain itu, aplikasi desain grafis yang saat ini tersedia juga sangat banyak dan mudah digunakan sehingga proses pembuatan desain cover laporan pun akan lebih efektif dan efisien.

4. Menggunakan Jasa Desain

Cara lainnya yang dapat dilakukan untuk membuat desain cover laporan adalah memanfaatkan jasa desain grafis. 

Anda bisa mencari jasa desain grafis terpercaya, berpengalaman, dan profesional untuk menciptakan desain cover laporan yang informatif, menarik, dan unik.

Cara ini cukup mudah dilakukan karena Anda tidak perlu membuat cover sendiri, tetapi cara ini dapat hanya dapat dilakukan dengan mengeluarkan biaya tertentu. 

Kelebihannya adalah Anda dapat meminta beberapa kali revisi untuk mendapatkan desain cover tahunan sesuai keinginan.

5. Menggunakan Template yang Sudah Tersedia

Cover atau halaman depan laporan tahunan dapat dibuat dengan download dan edit template yang sudah tersedia. Template untuk cover laporan kini bisa diperoleh melalui internet baik itu secara gratis maupun berbayar.

Berikut ini beberapa situs atau website yang menyediakan template cover laporan, yaitu:

  • Envato Element
  • Microsoft Shop
  • RootPixel

Tips Pembuatan Cover untuk Dokumen Laporan Tahunan

Cover laporan tahunan tidak boleh dibuat asal-asalan karena peranan atau fungsinya yang sangat penting. Terdapat beberapa tips untuk membuat cover atau halaman sampul depan laporan lebih menarik dan informatif.

Berikut ini beberapa tips yang harus diperhatikan ketika membuat cover atau halaman depan dokumen laporan tahunan, yaitu:

  • Desain cover sesuai dengan tema yang sudah ditentukan karena tema laporan merupakan gambaran singkat tentang perkembangan bisnis sepanjang tahun.
  • Gunakan warna-warna yang selaras dalam desain cover laporan.
  • Perhatikan tipografi atau tata letak huruf dan ukurannya. Judul laporan tentu saja harus lebih besar daripada tulisan lainnya, tetapi ukurannya tidak boleh berlebihan.
  • Gunakan font atau huruf yang sederhana, tetapi tetap elegan dan formal.
  • Perhatikan tata letak dan ukuran gambar yang digunakan. Sebaiknya gambar tidak terlalu besar hingga membuat cover terlihat penuh.

Kesimpulan

Cover laporan tahunan menjadi bagian yang pertama kali dilihat dalam suatu laporan. Oleh karena itu, cover atau sampul depan laporan harus dibuat informatif dan menarik. 

Proses pembuatannya dapat dilakukan dengan beragam cara dan memperhatikan beberapa tips.

Untuk kamu yang baru saja mencoba untuk membuat sebuah laporan tahunan dengan tampilan yang menarik maka bisa mengikuti beberapa tips yang sudah admin sampaikan sebelumnya.

Semoga beberapa ulasan ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua. Selamat mencoba ya!