5 Cara Membuat Label Baju Sendiri Dengan Praktis, Murah, Mudah, dan Hemat

Cara Membuat Label Baju Sendiri
Cara Membuat Label Baju Sendiri

Swarariau.com, Finance -- Kini bisnis di bidang fashion terutama pakaian berkembang dengan cukup pesat. Banyak orang yang memproduksi pakaian atau baju dengan berbagai cara dan dijual kembali dengan label brand baju sendiri. 

Memangnya, bagaimana cara membuat label baju sendiri?

Terdapat beberapa pilihan cara untuk membuat label baju sendiri. Hal tersebut tergantung jenis label baju yang akan dibuat dan ketersediaan bahan serta peralatan. 

Anda bisa mempelajari langkah-langkah membuat label baju dengan mudah, praktis, dan hemat melalui artikel ini!

Pentingnya Memiliki Label Baju dalam Bisnis

Apa yang dimaksud dengan label baju? Label baju adalah sebuah tanda identitas dari baju. Secara sederhana, brand baju berisi nama brand baju tersebut. 

Selain itu, ada juga label baju yang berisi informasi lainnya, seperti bahan, ukuran, asal produk, cara mencuci, dan lain sebagainya.

Label baju sangat penting dicantumkan pada baju yang dibuat. Tujuannya untuk memberi tahu customer tentang merek baju tersebut. 

Label baju juga bermanfaat untuk memperkenalkan brand, sehingga semakin dikenal luas oleh pelanggan yang menjadi target pasar.

Oleh karena itu, label baju juga harus dibuat dengan desain yang unik, menarik, dan mencerminkan identitas dari brand Anda.

Cara Membuat Label Baju Sendiri

Label baju dapat dibuat menggunakan berbagai bahan, seperti satin, kain, bahkan kertas. Bagaimana cara untuk membuatnya? 

Membuat label baju dengan kreasi sendiri akan memiliki value tersendiri dan akan menjadi limited edition untuk kita sendiri dengan jumlah produksi produk dengan design yang sama bisa kamu tentukan jumlahnya.

Label baju yang kamu buat ini akan menjadi ciri khas tersendiri untuk setiap produk pakaian yang kamu pasarkan.

Untuk kamu yang ingin melakukan hal ini, ada beberapa penjelasan yang bisa kamu jadikan referensi untuk membuat baju dengan label tersendiri.

Berikut ini beberapa langkah mudah untuk membuat label baju secara mandiri, yaitu:

1. Membuat Label Baju Menggunakan Satin

Label baju dapat dibuat dengan menggunakan satin sebagai bahan baku utama. Label baju yang terbuat dari satin memiliki tekstur yang halus dan lembut. 

Bahan satin memang cocok digunakan sebagai label baju karena tidak akan membuat gatal ketika baju dikenakan.

Label baju dengan bahan satin dapat dibuat dalam jumlah banyak menggunakan bantuan mesin tertentu. Namun, tidak ada salahnya membuat label baju sendiri dari bahan satin. Anda bisa menggunakan pita satin atau kain satin sebagai pilihan bahan utamanya.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat label baju dari bahan satin, yaitu:

  • Pita atau kain satin
  • Kertas transfer ukuran A4
  • Setrika
  • Gunting
  • Printer

Selain itu, jangan lupa untuk mempersiapkan desain label baju yang akan dicetak. 

Desain ini dapat dibuat sendiri menggunakan bantuan berbagai jenis aplikasi desain grafis. Misalnya, Photoshop, Canva, PicsArt, Pixellab, Corel, dan aplikasi desain grafis lainnya.

Berikut ini cara membuat label baju sendiri menggunakan bahan kain satin, yaitu:

  • Mempersiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan dalam proses pembuatan label baju.
  • Desain label baju yang sudah dibuat disesuaikan dalam pengaturan lembar kerja A4 di komputer. Sesuaikan ukuran label yang dibuat, sehingga tidak terlalu besar atau kecil. Pastikan juga desain label baju diatur mirror atau terbalik.
  • Cetak desain label baju menggunakan printer di atas kertas transfer berukuran A4.
  • Lanjutkan dengan memotong-motong label baju sesuai ukurannya.
  • Selanjutnya letakkan potongan-potongan kertas transfer berisi label di atas pita atau kain satin.
  • Kemudian setrika kertas transfer yang diletakkan di atas pita atau kain satin selama beberapa detik dan pastikan tidak terlalu lama.
  • Desain label baju dari kertas transfer akan berpindah ke permukaan kain atau pita satin.
  • Setelah dingin, Anda bisa melepaskan kertas transfer tersebut.
  • Label baju dari kain satin pun hanya perlu dijahit pada baju sebagai penanda brand fashion Anda sendiri.

2. Membuat Label Baju secara Langsung

Cara membuat label baju sendiri juga dapat dilakukan dengan metode sablon sederhana langsung di atas baju. Artinya, label berada menempel di baju bagian dalam. 

Biasanya letaknya ada di bagian dalam kerah atau leher baju.

Cara ini sama dengan cara sebelumnya, tetapi terdapat sedikit perbedaan. Perbedaannya terletak pada penggunaan kain untuk label. 

Untuk cara kedua ini tidak membutuhkan tambahan kain satin atau jenis kain lainnya untuk mencetak label baju kemudian dijahit pada baju.

Anda hanya perlu mencetak label baju secara langsung pada bagian dalam leher atau kerah baju. Jadi, logo atau label baju dari kertas transfer secara langsung dicetak atau disablon di atas baju.

3. Membuat Label Baju Menggunakan Mesin Bordir

Label brand baju sendiri dapat dibuat dengan menggunakan bantuan mesin. Mesin pembuat label baju dapat berupa mesin bordir. 

Alat ini sangat cocok untuk membuat label baju bordir. Jenis label baju yang dibordir tentu saja akan lebih awet dan tahan lama. Label baju bordir juga lebih terlihat rapi dan bagus.

Berikut ini langkah-langkah untuk membuat label baju dengan mesin bordir, yaitu:

  • Persiapkan semua bahan dan alat yang akan digunakan, seperti mesin bordir, benang, kain, gunting, dan desain label baju.
  • Anda bisa meletakkan desain label baju di atas kain yang akan dibordir sebagai panduan ketika proses bordir label baju.
  • Nyalakan mesin bordir yang sudah diatur dengan benar, termasuk pengaturan benang dengan tepat.
  • Bordir kain label baju mengikuti pola label baju yang sudah dibuat. Lakukan proses bordir dengan hati-hati agar hasilnya rapi dan terlihat menarik.
  • Proses bordir label baju ini dapat langsung dilakukan di atas baju atau pada kain terlebih dahulu. Kain dengan label baju yang sudah dibordir nantinya dapat dijahit pada baju.

4. Membuat Label Baju Hang Tag dari Kertas

Label baju juga dapat dibuat menggunakan bahan kertas. Label baju dengan bahan kertas biasanya disebut dengan hang tag. 

Bahan pembuatan label baju hang tag dapat berupa kertas karton dan PVC atau plastik yang sedikit tebal dengan tekstur keras serta sedikit kasar.

Berikut ini cara membuat hang tag untuk keperluan label baju, yaitu:

  • Mempersiapkan semua bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat hang tag label baju.
  • Mempersiapkan desain logo atau label baju yang akan dicetak.
  • Mencetak desain label baju di atas kertas karton atau PVC menggunakan mesin cetak atau printer dengan kualitas tertentu.
  • Nantinya, label baju berupa hang tag dapat diberi lubang pada bagian atas. Lubang tersebut digunakan untuk mengaitkan tali dan kemudian dihubungkan dengan baju.

5. Cara Lainnya untuk Membuat Label Baju

Desain label baju dapat dibuat sendiri menggunakan berbagai jenis aplikasi atau software desain grafis. Setelah desain label baju selesai dibuat, maka Anda hanya perlu mencetakkan. 

Cara mencetak atau membuat label baju sendiri dapat dilakukan dengan beberapa cara sebelumnya.

Selain itu, cara lain untuk mencetak atau membuat label baju adalah menggunakan jasa cetak label baju. Anda bisa memilih jasa terbaik untuk mendapatkan cetakan label baju berkualitas dengan harga terjangkau. Cara yang satu ini cukup efektif dan efisien meskipun harus mengeluarkan biaya lebih besar.

...Intinya, 

Kamu harus pandai-pandai menggali informasi untuk mendapatkan cara terbaik, termudah dengan hasil kreasi yang memuaskan saat kamu membuat label untuk baju ini.

Perkembangan teknologi saat ini, memungkinkan untuk muncul berbagai inovasi peralatan modern untuk mendukung kreatifitas seseorang dengan mekanisme lebih mudah dan cepat.

Kesimpulan

Cara membuat label baju sendiri sangat mudah dilakukan untuk produksi skala kecil. Jika ingin memproduksi label baju skala besar, Anda bisa memanfaatkan berbagai jasa pembuatan label baju dengan mengeluarkan biaya tertentu.

Membuat label baju sendiri dengan design dan keunikan tersendiri akan menjadi hal yang sangat baik dan profit jika kamu geluti secara serius. Setiap orang yang membeli produk kamu akan bisa melihat identias merk hanya melalui label yang sudah kamu design dengan menarik ini.

Bahkan, ini akan menjadi sebuah ide yang keren untuk menjadikannya sebagai peluang bisnis baru untuk kamu yang ingin terjun ke duina bisnis clothing.

Nah, semoga saja beberapa informasi yang sudah admin sampaikan ini memberikan manfaat untuk kita semua. Kamu bisa mencoba kok!