8 Syarat Kerja Teller Bank Terbaru 2022 (BRI, BNI, Mandiri, Bank Mega, dll)

Swarariau.com, Finance – Fresh Graduate yang sedang berburu kerja saat ini semakin meningkat. Setelah lulus kuliah, mereka memasuki taham pencarian kerja pada beberapa perusahaan.  Misalnya, bekerja menjadi teller Bank. Cukup banyak pelamar yang mencari apa yang menjadi syarat kerja teller Bank.

Menjadi seorang teller Bank menjadi impian banyak orang, terutama bagi mereka yang baru saja lulus dan menjadi seorang serjana Ekonomi.

Seperti yang kita ketahui, bekerja menjadi teller Bank memiliki tingkat kesejahteraan yang baik. Dengan gaji pokok dengan beberapa tunjangan da bonus kerja akhir tahun.

Hanya saja, untuk bisa bekerja menjadi teller di sebuah Bank membutuhkan syarat dan qualifikasi tertentu dan kamu harus memenuhi persyaratan tersebut jika ingin bekerja menjadi teller Bank (BRI, BNI, Mandiri atapun Bank lainnya).

Untuk penjelasan lebih lengkap, kamu bisa simak beberapa penjelasan seputar informasi menjadi seorang teller di Bank, simak ulasang selengkapnya.

Tentang Teller Bank

Syarat Kerja Teller Bank Mandiri
Syarat Kerja Teller Bank Mandiri

Sebelum kamu memutuskan untuk bekerja dan menjadi teller Bank, kamu harus memiliki informasi apa dan bagaimana seorang teller pada sebuah Bank bekerja. 

“Petugas bank yang bertanggung jawab untuk menerima simpanan, mencairkan cek, dan memberikan jasa pelayanan perbankan lain kepada masyarakat tanda tangan kasir diperlukan sebagai tanda sah suatu dokumen transaksi pada lembaga keuangan, pada umumnya kasir bekerja di belakang gerai (counter), pada bank besar telah ditetapkan tugas dan fungsi kasir berdasarkan uraian tugas,misalnya seorang kasir memproses penerima simpanan yang diterima lewat surat,menyimpan, dan mencatat seluruh bukti penyimpanan dan pembayaran dari setiap nasabah,” (Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI)

Jika kamu ingin menabung uang di sebuah Bank, kamu akan berhadapan dengan seorang Teller Bank yang akan memproses uang kamu hingga tersimpan didalam buku rekening kamu.

Pada bagian depan Bank kamu akan menemui beberapa petugas, mulai dari security, Costumer Service hingga seorang Teller.

Semua proses pencairan dan penyimpanan kamu akan dilakukan pada teller bank ini. Mereka akan melayani berbagai keperluan kamu terkait penyimpanan dan pencairan keuangan tersebut.

Persyaratan Kerja Teller Bank Terbaru

Syarat Kerja Teller Bank
Syarat Kerja Teller Bank

Coba kamu perhatikan setiap teller yang ada pada bank, bagaimana penampilan mereka? Bagaimana cara mereka melayani kamu ketika ingin menyimpan atau menarik uang dari rekening kamu.

Mereka melayani kamu dengan sangat familiar dengan penampilan yang sangat enak di pandang alias good looking.

Begitu juga halnya dengan kualifikasi pendidikan yang mereka miliki, pada umumnya para teller yagn bekerja di bank merupakan lulusan serjana bidang perbankan (Ekonomi) dan beberapa jurusan terkait lainnya.

1. Syarat Menjadi Teller Bank

Setiap bank memberikan syarat untuk bisa bekerja sebagai teller pada perusahaan mereka. Masing-masing bank memberikan persyaratan yang berbeda antara bank yang satu dengan bank yang lainnya.

Kamu bisa melihat beberapa syarat secara umum untuk bisa bekerja sebagai teller bank, jika kamu ingin melamar kerja sebagai teller bank maka kamu harus memperhatikan beberapa persyaratan berikut ini:

  • Memiliki tinggi badan wanita minimal 160 cm dan untuk laki – laki memiliki tinggi badan 165 cm.
  • Kamu harus memiliki penampilan menarik (good looking).
  • Belum menikah (kamu harus siap untuk menunda pernikahan sampai beberapa waktu yang telah disepakati).
  • Memiliki kemamampuan berbahasa inggris (aktif dan pasif) tertulis maupun lisan.
  • Memiliki attitude yang baik dalam menghadapi berbagai macam karakter konsumen atau nasabah datang.
  • Memiliki ketelitian dalam bekerja sebagai teller bank
  • Ramah terhadapa konsumen.
  • Untuk persyaratan teknis kamu bisa melihat masing bank tempat kamu ingin melamar kerja sebagai teller bank.

2. Tips diterima Bekerja Menjadi Teller Bank

Untuk dapat diterima dan bisa bekerja sebagai teller pada sebuah bank, kamu harus memperhatikan beberapa tips saat sedang melamar kerja pada posisi tersebut.

Sebenarnya, dari para teller yang bekerja di bank tersebut kamu sudah bisa mengambil kesimpulan apa yang bank harapkan dari seorang teller.

Baik itu dari segi penampilan hingga sebuah keteliatian dan cara mereka menghadapi berbagai complain dalam transaksi yang sedang kamu proses.

Untuk itu, kamu bisa melihat beberapa tips agar kamu bisa dengan mudah diterima bekerja sebagai teller pada sebuah bank berikut ini:

  • Sebelum melamar pada posisi teller bank, pastikan kamu sudah menguasi produk-produk yang dari bank tujuan kamu melamar (Paling tidak kamu sudah mengetahui informasi umumnya)
  • Menerapkan pola komunikasi yang baik dan ramah
  • Kamu harus memiliki penampilanyang baik (tidak memakai make up atau perhiasan yang berlebihan).
  • Pada uji psikotes, kamu harus mengerjakan setiap soal uang diberikan dengan sungguh-sungguh.
  • Kamu wajib menguasai pola matematika dasar.
  • Bekali diri kamu dengan ilmu computer (word, excel dan lainnya)
  • Memiliki motivasi kerja dan percaya diri yang tinggi
  • Menunjukan diri bahwa kamu adalah orang yang memiliki rasa tanggung jawab.

Pihak bank yang melakukan pengujian pada diri kamu paham betul mana orang yang memiliki kepribadian dan motivasi kerja yang tinggi melalui serangkaian tes yang mereka lakukan.

Jika kamu tidak membekali diri kamu, maka kamu akan kesulitan saat akan melaksanakan tes untuk menjadi salah satu pengawai pada bank tersebut.

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Teller Bank

Syarat Kerja Teller Bank Terbaru 2022
Syarat Kerja Teller Bank Terbaru 2022

Ketika kamu sudah memutuskan untuk menjadi seorang teller pada sebuah bank maka kamu juga harus sudah paham tugas dan tanggung jawab menjadi teller bank tersebut.

Tidak hanya bekerja, semua ada alur dan etika kerja. Meskipun aka nada training yang dilakukan oleh pihak bank, kamu juga harus mencari informasi tersebut terlebih dahulu.

Jangan sampai saat melamar menjadi teller bank tersebut kamu masih belum tahu apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab pada posisi yang akan kamu lamar.

Setidaknya, kamu memiliki gambaran umum terhadap tugas dan tanggung jawab pada posisi tersebut. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa simak beberapa penjelasan tugas dan tanggung jawab teller bank berikut ini:

  • Melakukan pelayaran dengan baik terhadap nasabah yang akan melakukan transaksi seperti penarikan, transfer serta penyetoran uang.
  • Melakukan pemeriksaan secara teliti dan benar terhadap kas serta menghitung transaksi harian yang sudah dilakukan.
  • Melakukan Pemeriksaan kas  dengan benar serta membayarkan penarikan uang nasabah setelah memverifikasi data serta jumlah uang.
  • Menerima cek dan uang tunai untuk deposit, memverifikasi jumlah, serta periksa slip setorannya.
  • Memasukkan transaksi nasabah ke dalam komputer sebagai catatan atau pembukuan.
  • Membantu serta melayani nasabah terkait semua urusan transaksi.
  • Siap menjelaskan semua keluhan nasabah serta memberikan solusinya.
  • Melakukan juga tugas administrasi seperti mengetik, pengarsipan, serta fotografi mikrofilm.
  • Memproses transaksi seperti deposito, kontribusi rencana tabungan pensiun, transaksi teller otomatis, serta deposit email.
  • Menerima hipotek, pinjaman, atau pembayaran tagihan utilitas publik,
  • Verifikasi tanggal pembayaran dan hutang.
  • Menyelesaikan masalah atau perbedaan mengenai rekening nasabah.
  • Memantau brankas bank untuk memastikan saldo kas secara benar.
  • Memesan pasokan uang tunai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari kelangsungan setiap harinya.
  • Memproses dan memelihara catatan kredit para nasabahnya.
  • Memberikan layanan khusus bagi nasabah, seperti memesan kartu bank dan cek.
  • Serta masih banyak tugas lainnya.

Menjadi seorang teller bank memang merupakan impian banyak orang. Jika kita lihat sekilas, sangat menarik untuk bisa bekerja menjadi seorang teller di bank ini.

Untuk itu, kamu bisa mempersiapkan beberapa tahapan yagn diperlukan sehingga kamu termasuk dalam kualifikasi yang ditentukan oleh pihak bank dalam perekrutan tenaga kerja baru di bank tersebut.

Demikianlah beberapa ulasan seputar Syarat Kerja Teller Bank Terbaru 2022 (BRI, BNI, Mandiri, Bank Mega, dll).

Semoga beberapa informasi ini bermanfaat untuk kamu, selamat mencoba ya!