3 Cara Membuat CV di Word Menjadi Lebih Keren dan Menarik!

Cara Membuat CV di Word

Swarariau.com, Tutorial – Tahukah kamu bahwa Microsoft Word juga bisa kamu gunakan untuk membuat curriculum vitae atau CV?

Dengan bantuan MS. Word ini kamu sebagai pelamar kerja tidak perlu lagi mencari cara membuat CV yang begitu rumit melalui aplikasi desain seperti Adobe Ilustrator.

Karena membuat CV melalui MS. Word begitu mudah dan gratis! Sehingga, kamu yang awam software pun bisa mengerti cara membuat CV lamaran kerja di Word dengan mudah.

Hal ini tidak terlepas dari sistem pada Microsoft Word yang mudah untuk dioperasikan dan tidak memerlukan teknik khusus.

Selain itu, template CV di MS. Word juga ATS Friendly. Jadi, CV kamu bisa berkesempatan untuk lolos screening ATS dan dapat dilihat HRD lebih besar.

Nah, untuk membuat CV yang menarik dan keren di Microsoft Word, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan. Penjelasan lengkapnya berikut ini!

Cara Membuat CV di Microsoft Word yang Menarik

Untuk membuat Curriculum vitae (CV) lamaran kerja pada Microsoft Word, kamu bisa memilih template atau mendesain sendiri CV nya.

Kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Microsoft Word ini untuk merevisi CV-nya. Lantas, bagaimana cara membuat CV yang menarik di Microsoft Word?

Simak beberapa caranya yang admin rangkum berikut ini!

1. Cara Membuat CV di Word Menggunakan Template Bawaan

Cara Membuat CV di Word Menggunakan Template Bawaan

Nah, kamu perlu tahu bahwa Microsoft Word juga menyediakan template CV yang bisa langsung kamu gunakan untuk membuat CV meski tampilannya sangat sederhana.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan template CV yang lebih bervariasi, maka kamu bisa mengunduh template CV khusus Microsoft Word di internet.

Kamu cukup mencarinya melalui mesin pencarian atau unduh pada laman resmi Microsoft.

Berikut cara membuat cv lamaran kerja menggunakan template yang sudah tersedia pada aplikasi Microsoft Word:

  1. Langkah pertama silakan buka Microsoft Word pada laptop atau PC kamu.
  2. Kemudian klik menu File.
  3. Selanjutnya klik New. Disini kamu akan menemukan beragam template contoh yang tersedia. Namun tampilannya akan berbeda-beda tergantung versi Microsoft Word yang kamu gunakan.
  4. Pada Microsoft Word 2007, template bisa kamu temukan saat kamu meng-klik ‘installed templateí’.
  5. Pada Microsoft Word 2010, klik menu ‘sample templates’.
  6. Microsoft Word 2011, pilih ‘new from template’.
  7. Microsoft Word 2013, ketika kamu meng-klik menu ‘New’.
  8. Selanjutnya pilih Resumes and CVs.
  9. Silakan pilih template CV yang kamu inginkan.
  10. Setelah itu masukkan informasi atau data-data pribadi kamu sesuai dengan template CV yang kamu pilih tersebut. Template CV ini semua teksnya bisa kamu edit. Artinya, kamu bisa mengganti, menambah bagian, juga bisa menghilangkan bagian tertentu yang kurang relavan dengan kamu.
  11. Terakhir, klik Save As jika CV sudah selesai kamu edit.

2. Cara Membuat CV di Word dengan Tool Search Template Online

Walau template CV bawaan pada Microsoft Word cukup beragam, namun mungkin menurutmu masih belum menarik untuk kamu gunakan.

Kamu tak perlu khawatir! Jika template CV yang kamu inginkan tidak tersedia pada template bawaan di Microsoft Word, maka kamu bisa mengunduhnya secara online.

Untuk mengunduhnya juga tidak begitu sulit. Cukup dengan membuka dokumen word baru dan cari pilihan resumes.

Nah, khusus Microsoft Word 2013 dan versi di atasnya, maka kamu akan menemukan pilihan search for online templates.

Kamu tinggal ketik tema template pada pilihan tersebut dan klik search. Selanjutnya akan muncul beberapa template CV nya yang terkait dengan kata kunci pencarian yang kamu ketik.

Berikut tahapan lengkapnya:

  1. Silakan hubungkan komputer atau laptop kamu dengan internet.
  1. Kemudian klik menu File, lalu klik New. Selanjutnya pada kotak pencarian Search for online templates, ketikkan kata kunci pencarian. Misalnya resume atau best resume.
  2. Setelah itu pilih template. Sebagai contoh, pilih Blue spheres resume dengan cara mengkliknya. Maka akan ditampilkan informasi ukuran file download dan deskripsi template. Jika sudah yakin akan kamu download, maka klik tombol Create dan tunggu proses download CV berjalan.
  3. Selanjutnya ganti foto dan data-data yang lain dengan data kamu. Apabila ingin menambahkan atau menghapus bagian tertentu juga bisa kamu lakukan.

3. Cara Membuat CV dengan Desain Sendiri

Cara Membuat CV di Word dengan Desain Sendiri

Menggunakan template memang akan memudahkan kamu dalam membuat CV, baik untuk lamaran kerja atau untuk keperluan lainnya.

Karena formatnya sudah tersedia dan kamu hanya perlu mengisi dan mengubah bagian-bagian tertentu saja sesuai format.

Namun, tak ada salahnya apabila kamu ingin membuatnya dengan format atau desain sendiri. Sehingga hasil desain CV yang kamu buat tentunya berbeda dengan pelamar kerja yang lain.

Atau kamu juga bisa melihat template CV di internet sebagai referensi untuk desain CV mu.

Kamu harus ingat bahwa, desain CV lamaran kerja mencerminkan kepribadian pelamar kerja. Maka dari itu, masukkan informasi yang detail dan ringkas pada CV mu dengan tampilan yang menarik dan tetap rapi.

Nah, ada beberapa pedoman yang bisa kamu ikuti agar desain CV mu lebih menarik dan terlihat keren. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Silakan buka Microsoft Word dan buat dokumen baru.
  2. Selanjutnya atur margin dengan membuka tab Layout dan klik Margin. Ukuran margin terbaik adalah 1" untuk margin bawah dan 0,63" untuk margin samping.
  3. Kemudian klik OK jika sudah mengatur margin sesuai keinginan.
  4. Setelah itu, masukkan informasi pribadi berturut-turut sebagai berikut: kontak informasi, pengalaman pekerjaan, pendidikan, dan kemampuan tambahan.
  5. Silakan atur penempatan informasi pribadi dengan menyisipkan tabel untuk setiap bagian. Kemudian jangan lupa untuk kreasikan desain tabel, misalnya dengan membuat garis putus-putus.
  6. Lalu temukan Heading yang kamu sukai dengan memilih menu Home lalu klik Styles.

Akhir Kata

Demikianlah, cara membuat CV di Word menggunakan template yang sudah tersedia ataupun dengan mendesainnya sendiri.

Nah admin sarankan, jika kamu ingin membuat template dengan desain sendiri, namun kamu tidak mempunyai jiwa seni, lebih baik kamu modifikasi saja desain template yang sudah tersedia di Word.

Sehingga kamu tidak benar-benar harus mendesainnya dari nol. Semoga informasi ini bermanfaat dan bisa membantu kamu ya. Selamat mencoba!

Baca Juga: