Download Samsung USB Driver Terbaru Paling Mudah

Samsung USB Driver

Swarariau.com, Teknologi -- Download Samsung USB Driver untuk menghubungkan smartphone dan komputer melalui kabel USB.

Driver yang berupa program Windows yang digunakan ini biasanya diperlukan saat mentransfer file, menyinkronkan data dan juga untuk mem-flash firmware bawaan menggunakan Odin.

Selain itu, driver ini juga dipakai untuk melakukan Rooting pada smartphone maupun tablet Samsung.

Driver akan berperan sebagai perangkat lunak yang menghubungkan perangkat keras smartphone dengan komputer agar terjadi interaksi.

Melalui artikel ini, Anda dapat mengunduh driver USB Samsung terbaru untuk komputer dengan Operating System (OS) Windows 11, 10, 8/8.1, 7 dan XP.

Menariknya, driver ini langsung kompatibel dengan semua tipe dan seri smartphone dan tablet Samsung Galaxy.

Tentang Samsung USB Driver

Samsung USB Driver

Di era dengan kemajuan teknologi ini, Anda dapat dengan mudah berbagi, menyinkronkan dan mentransfer file secara wireless dan melalui cloud.

Namun, penggunaan kabel USB masih menjadi alternatif termudah dan tercepat apabila perangkat tidak memiliki fitur wireless.

Tidak hanya itu, koneksi kabel USB juga memainkan peran yang sangat penting saat melakukan flash firmware bawaan menggunakan Odin, men-debug perangkat lunak, mengembangkan aplikasi, bekerja dengan perintah ADB, dan masih banyak lagi kegiatan yang membutuhkan kabel USB.

Untuk melakukan semua pekerjaan tersebut, Anda perlu menghubungkan perangkat smartphone secara fisik ke komputer melalui kabel USB.

Dalam kebanyakan kasus, Windows akan secara otomatis mendeteksi perangkat dan langsung menginstal driver yang diperlukan.

Akan tetapi jika komputer gagal mengenali smartphone atau tablet Samsung Galaxy, maka Anda perlu mengunduh dan menginstal driver USB yang diperlukan secara manual di komputer terlebih dahulu.

Anda dapat mengunduh melalui link di bawah yang dilengkapi dengan langkah-langkah menginstalnya.

Perbedaan Android USB Driver dengan Samsung USB Driver

Perbedaan Android USB Driver dengan Samsung USB Driver

1.  Android USB Driver

Android USB Driver merupakan sebuah driver untuk USB yang digunakan untuk komputer dengan OS Windows, dimana penggunaannya universal.

Dalam artian, driver USB ini hanya bisa melakukan kebutuhan Android yang mendasar saja.

Dalam hal ini contohnya kegiatan transfer data MTP serta kegiatan yang bertujuan untuk melakukan pengembangan maupun maintenance seperti pengaplikasian fungsi Fastboot dan ADB.

Semua smartphone yang berbasis Android bisa menggunakan driver USB ini.

2. Samsung USB Driver

Sementara Samsung USB Driver memiliki fungsi yang sama dengan Android USB Driver, yaitu untuk mengenali dan menghubungkan perangkat smartphone ke komputer dengan OS Windows.

Namun, Samsung USB Driver secara khusus dibuat untuk perangkat keras produksi Samsung.

Dalam hal ini mencakup Smartphone Samsung Galaxy, Galaxy Tab, dan jam pintar Galaxy Watch.

Driver USB ini berfungsi untuk menghubungkan perangkat Samsung dengan Tools Support yang telah dikembangkan dan dipublikasikan secara resmi oleh Samsung sendiri.

Sehingga Tools Support dapat mengenali dan mengidentifikasi informasi dan jenis perangkat Samsung yang telah terhubung secara valid.

Dengan begitu, segala bentuk kegiatan maintenance dan development dapat dilakukan menggunakan tools resmi Samsung agar dapat berjalan dengan akurat.

Download Samsung USB Driver

Agar dapat bekerja dengan baik, bagaimana cara menentukan versi Samsung USB Driver yang harus diunduh?

Anda sangat disarankan untuk mengunduh driver USB Samsung versi terbaru untuk menghindari kompatibilitas atau permasalahan lainnya, baik pada semua tipe smartphone maupun dan tablet keluaran Samsung.

Namun, apabila komputer Anda masih gagal mengenali perangkat smartphone dan tablet bahkan setelah menginstal driver terbaru, Anda mungkin harus mengunduh dan menginstal versi sebelumnya.

Download Samsung USB Driver versi terbaru dan sebelumnya melalui link dalam tabel berikut:

Versi Samsung USB DriverLink Download
v1.7.56.0 (Terbaru)Download
v1.7.50.0Download
v1.7.48.0Download
v1.7.43.0Download
v1.7.23.0Download
v1.7.17Download
v1.7.13Download
v1.7.11Download

Driver USB yang dikhususkan untuk perangkat Samsung ini sudah support untuk seluruh komputer dengan OS Windows versi 7, 8/8.1 serta 10.

Selain itu, driver ini juga sudah kompatibel dengan semua produk Samsung yang menggunakan OS Android, baik itu versi jadul maupun yang terbaru.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa driver USB ini sudah bisa mendukung seluruh fungsi OS Android hanya dengan download Samsung USB Driver dan menginstalnya.

Fungsi tersebut contohnya adalah Fastboot dan ADB yang berjalan dengan lancar dan normal.

Namun sayangnya, driver USB ini hanya tersedia untuk komputer dengan OS Windows dan tidak untuk MacOS maupun Linux.

Bagi Anda pengguna OS Linux, Anda cukup menghubungkan ponsel atau tablet Samsung ke komputer, kemudian perangkat akan dikenali secara otomatis.

Sementara apabila Anda pengguna komputer MacOS, cukup gunakan software Android Transfer Tool untuk melakukan transfer file.

Cara Menginstal Driver USB Samsung pada Windows

Menginstal driver USB Samsung di komputer dengan OS Windows berapapun cukup sederhana dan sama saja seperti penginstalan driver pada umumnya.

Jika Anda masih ragu, berikut langkah-langkah yang bisa diikuti sebagai panduan:

  1. Pertama-tama, download Samsung USB Driver yang berbentuk ZIP di komputer Anda.
  2. Ekstrak file ZIP yang diunduh menggunakan tools arsip seperti WinRAR atau 7Zip.
  3. Buka folder yang telah diekstrak dan klik dua kali pada file driver yang bernama SAMSUNG_USB_1.7.56.exe untuk versi terbaru atau bisa juga mendownload versi terdahulunya.
  4. Selanjutnya jendela Microsoft InstallWizard akan muncul pada layar komputer Anda.
  5. Klik Yes ketika diminta untuk mengizinkan User Account Control.
  6. Klik Next pada jendela instalasi driver.
  7. Selanjutnya, pilih bahasa dan negara pilihan Anda, lalu klik Next.
  8. Pilih lokasi tempat Anda ingin menginstal driver pada komputer, umumnya akan terletak pada C:\Program Files\Samsung\USB Drivers.
  9. Selanjutnya klik Install untuk menginstal Driver USB Samsung di komputer Windows Anda.
  10. Langkah terakhir, klik Finish setelah proses instalasi selesai.

Sekarang Anda telah berhasil download Samsung USB Driver dan menginstalnya, selanjutnya dapat langsung menyambungkan perangkat ke komputer.

Saat itu, komputer akan secara otomatis mengenali smartphone atau tablet Galaxy tanpa adanya suatu kendala dan permasalahan lainnya.

Dengan begitu, Anda dapat melakukan transfer file atau menggunakan Odin untuk mem-flash firmware perangkat.

Oleh karena driver USB ini dibuat dengan format Installer, maka proses instalasinya juga sangat mudah sehingga orang awam sekalipun dapat melakukannya sendiri.

Keuntungan menggunakan USB driver yang resmi dari Samsung ini adalah akan mendapatkan update secara langsung dari pihak Samsung.

Dengan begitu, driver ini akan selalu kompatibel untuk perangkat-perangkat Samsung yang baru dirilis.

Akhir Kata

Download Samsung USB Driver untuk melakukan berbagai kegiatan yang tidak mensupport fitur wireless pada produk Android keluaran Samsung.

Dengan menggunakan driver ini, Anda akan mendapat Tools Support yang resmi untuk seluruh produk Samsung yang Anda miliki.

Sayangnya, driver USB miliki samsung ini hanya kompatibel untuk komputer dengan semua versi OS Windows saja dan tidak dengan MacOS maupun Linux.

Namun, kelebihannya driver ini bisa langsung digunakan untuk segala tipe perangkat smartphone, tablet, dan smartwatch keluaran Samsung.

Baca Juga: