4+ Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di Android, Tanpa Ribet!

Daftar Isi
Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di Android
Cara Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di Android

Swarariau.com, Tutorial -- Untuk kamu pengguna Android pasti sering mengalamin masalah seprti kartu SD tidak terbaca, bener gak?

permasalahan kartu SD yang mengganggu ini biasanya langsung dianggap rusak dan menggantinya dengan yang baru tanpa mengetahui penyebabnya.

Ketika kartu SD tidak terbaca, dampak yang diberikan tidak hanya pada fungsinya saja, namun juga pada perangkat yang kamu gunakan menjadi tidak optimal.

Dalam hal ini, kamu bisa mengatasi kartu SD tidak terbaca pada Hp Android, sebelum langsung menggantinya dengan yang baru.

Nah, sebelum admin bahas lebih lanjut, cara mengatasi kartu sd tidak terbaca pada Android? Kamu harus tahu terlebih dahulu apa penyebab kartu SD tidak terbaca.

Yuk, simak terus artikel kali ini apa penyabab kartu SD tidak terbaca dan bagaimana cara mengatasinya.

Untuk penjelasan selengkapnya berikut ini.

Penyebab Kartu SD Tidak Terbaca di Android

Data-data yang tersimpan pada kartu SD normalnya bisa terbaca di berbagai perangkat, seperti HP maupun laptop. Dengan demikian pada kasus tertentu kartu SD tidak bisa terbaca pada HP Android atau laptop.

Kartu SD yang tidak terbaca dapat menyebabkan pengguna kesulitan mengakses data penting bahkan yang belum sempat diamankan. Contoh kasus kartu SD kamera tidak terbaca pada laptop atau kartu SD  tidak terbaca pada Android.

Kondisi ini tentu dapat menyebabkan kerugian bagi kamu. Maka dari itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara agar kartu SD terbaca.

Lantas, apa saja penyebab kartu SD tidak terbaca pada Android dan perangkat lainnya? Berikut ini beberapa kemungkinan penyebab kartu SD tidak terbaca:

  • Kartu SD kotor karena debu terutama pada konektornya.
  • Terpapar zat yang merusak, seperti minyak, oli, dan tinta.
  • Lecet pada area konektor sehinggah menghambat pembacaan data oleh perangkat. Lecet umumnya disebabkan sering copot-pasang kartu SD.
  • Rusak dan tidak bisa diperbaiki lagi.
  • Terpapar virus yang mengganggu proses transfer data.
  • Tombol kunci atau lock pada kartu SD tidak sengaja tergeser.
  • Jenis kartu SD yang dimasukkan tidak sesuai dengan spesifikasi perangkat.
  • Kapasitas kartu SD terlalu tinggi dari spesifikasi perangkat dalam membaca data.
  • Terdapat sistem atau program pada perangkat yang membuat kartu SD tidak terbaca Android, atau perangkat lainnya

Jadi, ada banyak banget kemungkinan penyebab kenapa kartu SD kamu gak kebaca pada Android. Selalu pastikan kamu merawat kartu SD dan HP dengan baik biar gak sering ngalamin masalah kayak gini.

Mengatasi Kartu SD Tidak Terbaca di Android

Jika kartu SD Android kamu tidak terbaca, maka ada cara untuk mengatasinya. Kartu memori atau microSD adalah sebuah memori tambahan dengan bentuk kecil, yang berfungsi sebagai media alternatif untuk menyimpan file-file yang ada pada ponsel.

Namun, meski sekarang ini banyak ponsel yang sudah menawarkan memori internal dengan kapasitas besar, namun tetap saja keberadaan kartu SD ini sangat penting.

Nah, jika kamu mengalami masalah seperti kartu SD tidak terbaca, kamu tidak perlu khwatir admin bakal jelasin cara untuk mengatasinya.

Untuk penjelasan selengkapnya berikut ini.

Cek Kartu SD di Perangkat Lain

Nah, sebelum kamu pusing mikirin solusi yang ribet-ribet, ada baiknya kamu cek dulu kartu SD pada perangkat lain. Kadang, masalahnya bukan pada kartu SD-nya, tapi di HP kamu.

Masalah kartu memori tidak terbaca bisa terjadi karena jenis kartu SD tidak sesuai dengan hp yang kamu gunakan. Salah satunya karena kapasitas kartu memori yang terlalu besar sehingga tidak terbaca di sistem hp.

Maka dari itu, kamu bisa coba pasang kartu memori ke HP atau card reader lainnya. Kamu juga bisa mencari tahu kira-kira kartu SD apa yang cocok dengan HP kamu.

Restart HP

Kadang masalah simpel bisa selesai cuma dengan restart HP, bro. Coba matiin dulu HP lu, tunggu beberapa detik, terus nyalain lagi. Kadang sistem HP butuh di-refresh biar bisa baca kartu SD dengan benar.

Kamu cukup tekan dan tahan tombol Daya dan tombol Volume Naik setidaknya selama 10 detik.

Kamu bisa memilih menu reboot atau restart dari beberapa opsi tersebut. Saat proses boot, ponsel akan mencoba membuat kembali koneksi dengan penyedia jaringan dan memulai pencarian baru untuk kartu SIM kamu.

Cek Kerusakan dari Laptop atau PC

Hubungkan kartu SD menggunakan adapter. Kemudian buka Windows Explorer, lalu klik kanan pada Drive kartu memori yang tadi kamu masukkan.

Setelah itu, pilih Properties > Tools > Error Checking. Lalu Scan, dan tunggu hingga proses selesai.Jika sudah, kamu bisa mengeluarkan kartu SD dan cobalah untuk mengeceknya kembali.

Selain membahas cara mengatasi kartu SD tidak terbaca, kamu juga bisa mengatasi kartu SIM tidak terdeteksi bagi pengguna Android.

Lakukan format pada kartu SD

Format ulang dapat menjadi pilihan terakhir jika cara lain tidak mempan untuk memulihkan kartu SD yang tidak terbaca. Hal ini karena format ulang kartu SD menyebabkan semua file di dalamnya menjadi terhapus.

Proses format dapat dilakukan lewat HP dan laptop. Berikut cara memperbaiki memory card yang tidak terbaca di HP dan laptop dengan melakukan format ulang pada perangkat Android:

  • Pastikan kartu SD sudah terpasang di perangkat;
  • Masuk ke menu "Settings" lalu pilih "Storage";
  • Pilih "Erase SD Card", tunggu hingga proses format selesai;
  • Jika format sudah selesai, maka memori akan kosong kembali seperti baru.

Format kartu SD bisa jadi solusi terakhir kalau kartu SD kamu masih nggak kebaca setelah coba cara lain. Ingat, format bakal ngapus semua data pada kartu SD, jadi pastiin kamu udah backup data penting.

Akhir Kata

Nah, Demikianlah, Ulasan yang bisa admin rangkum mengenai cara mengatasi kartu SD tidak terbaca di Android dengan mudah.

Dengan menggunakan langkah-langkah tersebut , Kamu akan dapat mengoptimalkan mengatasi kartu SD tidak terbaca pada Android kamu dan meningkatkan kinerja perangkat Android.

Jadi, jangan ragu untuk mencoba salah satu langkah-langkah yang admin jelaskan dan rasakan perbedaannya sendiri. 

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kamu semua ya. Selamat mencoba!