Tutorial Cara Menghitung Rata Rata di Excel yang Mudah, Ikuti Cara ini!

Cara Menghitung Rata Rata di Excel
Cara Menghitung Rata Rata di Excel

Swarariau.com, Cara Menghitung Rata Rata di Excel -- Menggunakan Microsoft Excel menjadi hal yang sangat lumrah ketika kamu bekerja dengan data-data didepan komputer sebagai seorang administrator atau petugas lainnya.

Nah, 

Untuk kamu yang baru mulai belajar dan ingin mendalami Ms. Excel ini maka bisa simak beberapa penjelasan dasar seputar Cara Menghitung Rata Rata di Excel dengan mudah yang langsung bisa kamu aplikasikan.

...Mari mengenal Excel labih jauh lagi!

Oh ya,

Pada artikel sebelumnya, admin juga sempat mengupas Cara Mengatur Ribbon di Excel yang bisa kamu baca kembali.

Microsoft Office vs Microsoft Excel, Apa Bedanya?

Microsoft Office memiliki berbagai jenis software yang salah satunya yaitu Microsoft Excel. 

Microsoft Excel biasanya digunakan untuk membuat laporan keuangan, laporan administrasi, dan lain sebagainya, karena Microsoft Excel memiliki berbagai jenis rumus yang akan memudahkan penggunanya. 

Salah satu rumusnya yaitu rumus menghitung rata-rata. Lalu, bagaimana cara menghitung rata rata di excel? 

Memang tidak semua orang mngetahui cara menghitung rata-rata di Microsoft Excel. 

Tapi, bagi Anda yang belum tahu tidak perlu khawatir, karena di bawah ini adalah penjelasan tentang cara menghitung rata rata di excel yang mudah. 

Cara Menggunakan Rumus Rata-rata di Excel

Sebelum mengetahui cara menghitung rata rata di Excel, ketahui dulu definisi dari rumus rata-rata d Excel. 

Rumus rata-rata adalah sebuah rumus yang bisa Anda gunakan untuk menghitung sebuah nilai dari sejumlah data yang kemudian dibagi dengan jumlah banyaknya data.

Untuk menghitung menggunakan rumus rata-rata di Excel, ada yang namanya sintaksis. Sintaksis adalah cara untuk menulis fungsi Excel. Untuk menghitung rata-rata, fungsi yang digunakan yaitu ‘Average’.  

Selanjutnya ada juga angka 1 dan angka 2. 

Angka 1 adalah angka yang harus Anda isi pertama kali. Angka ini merujuk pada banyaknya sel yang akan dihitung nilai rata-ratanya.

Kemudian, Angka 2 boleh Anda isi atau tidak karena sifatnya adalah opsional. Angka ini opsional karena merupakan angka tambahan rentang yang ingin Anda hitung. Jumlah maksimal untuk rentang tambahan ini yaitu 255 sel.

Tutorial Cara Menghitung Rata-rata di Excel

Seperti penjelasan sebelumnya, diketahui bahwa fungsi dari Average yaitu untuk menghitung jumlah nilai rata-rata dari sejumlah data dalam sheet Excel. 

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan untuk menggunakan rumus atau fungsi Average yaitu dengan meletakkan kursor Anda pada baris nilai rata-rata.

Setelah itu, ketik fungsi Average, yaitu  rumus=average(C2:C11) dan tekan enter. 

Maksudnya adalah nilai yang akan dicari yaitu pada kolom C baris kedua hingga kolom C baris kesebelas.

Anda bisa menyesuaikan huruf dan angka ini sesuai dengan lembar kerja Anda di Excel. Nah, setelah menekan ‘Enter’, nilai rata-rata dari data tersebut sudah berhasil didapatkan.

Tutorial yang selanjutnya yaitu cara menghitung rata rata di Excel jika data yang Anda masukkan terdiri dari beberapa kolom. 

Pada dasarnya, cara yang digunakan mirip dengan cara sebelumnya, hanya saja ada sedikit perbedaan.

Langkah yang pertama yaitu menghitung rata-rata dari data yang ada pada kolom pertama terlebih dahulu. 

Caranya yaitu dengan menggunakan rumus yang sama seperti penjelasan sebelumnya (rumus=average(C2:C11)). 

Setelah itu, letakkan kursor ke kotak nilai rata-rata dari kolom pertama tersebut. 

Tunggulah hingga muncul tanda plus (+), kemudian klik tanda plus tersebut dan tariklah hingga kolom data yang terujung. 

Dengan demikian, rumus akan otomatis diterapkan pada semua kolom data yang Anda masukkan. 

Nah, cara ini tentu memudahkan Anda untuk menghitung nilai rata-rata suatu data yang memiliki banyak kolom, karena Anda tidak perlu menghitung secara satu-persatu.

Tutorial yang selanjutnya yaitu cara menghitung rata rata di Excel pada setiap baris. Rumus yang digunakan untuk cara ini yaitu sama, rumus=average(C2:C11). 

Pertama, Anda perlu memasukkan rumus ke baris terata di kolom paling kanan. 

Apabila hasilnya sudah Anda dapatkan, maka tahap selanjutnya yaitu mengarahkan kursor ke tepi kanan nilai rata-rata pertama. 

Lalu, klik dan tariklah kursor hingga ke baris terbawah. Jadi, demikianlah tutorialnya dan semoga artikel ini dapat selalu bermanfaat bagi Anda. 

Semoga artikel seputar cara menghitung rata-rata di Excel ini bisa menambah pengetahuan kamu seputar Excel dan membantu kamu lebih mudah ketika bekerja.

Selamat Mencoba ya!