Apa Itu Pendapatan Nasional? Berikut Ini Cara Menghitung Pendapatan Nasional

Cara Menghitung Pendapatan Nasional
Cara Menghitung Pendapatan Nasional

Swarariau.com, Tutorial Menghitung -- Sebelum mengetahui cara menghitung pendapatan nasional, mari pahami terlebih dahulu tentang pengertian dari pendapatan nasional. 

Pendapatan nasional adalah pendapatan rata-rata Rumah Tangga Keluarga (RTK) yang diterima oleh suatu negara dalam kurun waktu satu tahun. 

Pendapatan nasional dapat dibagi menjadi dua jenis berdasarkan konsepnya. Jenis yang pertama yaitu Produk Domestik Bruto dan Produk Nasional Bruto. 

Kedua jenis ini secara sekilas memiliki kemiripan, namun juga memiliki perbedaan. 

Produk Domestik Bruto (PDB) adalah pendapat nasional yang mengukur jumlah jasa dan barang dari hasil produksi dalam lingkup batas wilayah negara atau domestik dalam satu tahun. 

...Sedangkan, 

Produk nasional Bruto (PNB) adalah jenis pendapatan nasional yang menghitung jumlah jasa dan barang hasil dari penduduk yang ada dalam suatu negara dalah satu tahunnya. 

Pendapatan yang dihitung yaitu pendapatan penduduknya yang sedang berada dalam negeri maupun yang berada di luar negeri.  

Nah, setelah memahami pengertian dan konsep dari pendapatan nasional, mari simak penjelasan tentang cara mengihtung pendapatan nasional di bawah ini.

Cara Menghitung Pendapatan Nasional

Terdapat tiga pendekatan yang berbeda untuk cara menghitung pendapatan nasional. 

Tiga pendekatan tersebut yaitu pendekatan pendapatan (income approach), pendekatan pengeluaran (expenditure approach), dan pendektan produksi (production approach).

1. Pendekatan pendapatan (Income Approach)

Menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan pendapatan yaitu dengan menjumlahkan atau menambahkan semua pendapatan masyarakat (pemiliki faktor produksi) sebagai balasan jasa yang diterima dalam suatu proses produksi. 

Balasan jasa tersebut meliputi ‘upah/gaji (w)’ yang merupakan balas jasa untuk pemilik tenaga kerja. Selanjutnya yaitu ‘sewa (r)’ untuk balas jasa bagi pemilik tanah. 

Kemudian, ada juga ‘bunga (i)’ yang merupakan balas jasa untuk pemilik modal dan yang terakhir ‘keuntungan (p/profit)’ yang merupakan balas jasa bagi pengusaha. 

Dengan demikian, rumus untuk menghitung pendapatan nasional yaitu ‘Y= w + r + i + p’.

2. Pendekatan Pengeluaran (Expenditure Approach)

Cara menghitung pendapatan nasional yang kedua yaitu dengan menggunakan pendekatan pengeluaran. 

Pendapatan nasional yang diukur dengan menggunakan pendekatan ini yaitu dengan menambahkan permintaan akhir dari konsumen, produsen, dan pemerintah sebagai pelaku ekonomi dalam sebuah negara. 

Permintaan akhir tersebut meliputi pengeluaran konsumsi rumah tangga (C/Consumption), investasi domestik bruto (I/Investment), pengeluaran konsumsi pemerintah (G/Government Expenditure), ekspor neto atau nilai ekspor (X/Export) yang dikurangi dengan impor (I/Import). 

Dengan demikian, 

Rumus cara menghitung pendapatan nasional dapat dituliskan sebagai ‘Y= C + G + I + (X-M)’ dengan rincian keterangan sebagaimana penjelasan sebelumnya.

3. Pendekatan produksi

Pendekatan produksi adalah perhitungan pendapatan nasoonal suatu negara yang fokus kepada kegiatan-kegiatan yang menghasilkan nilai tambah atau value added. 

Oleh karena itu, perhitungan pendapatan nasional menggunakan pendekatan ini hanya mencakup pengukuran nilai tambah di sektor produksi saja. 

Rumus menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekekatan produksi yaitu  ‘Y= (Q1 x Q2) + (Q2 x P2) + (Q3 x P3) + .... + (Qn x Pn)’. Huruf ‘Y’ adalah keterangan untuk pendapatan nasional dengan P1 adalah keterangan untuk harga barang ke-1 dan Q1 adalah jenis barang ke-1.

Sedangkan, Pn adalah harga barang ke-n dan Qn adalah jenis barang ke-n. 

...Baiklah, sekian penjelasan tentang cara untuk menghitung pendapatan nasional sebuah negara yang perlu Anda ketahui. 

Mengetahui pendapatan nasioanl suatu negara sangat penting karena akan berpengaruh pada maju tidaknya sebuah negara. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda, ya.