Cara Mengatasi Kode Error Printer Canon (Seri MP285, 287, iP dan MG2500)

Swarariau.com --  Tutorial  Printer-- Canon adalah salah satu merek printer yang paling banyak digunakan, khususnya di Indonesia. Printer ini memiliki berbagai seri, menyediakan printer untuk kebutuhan pribadi, perkantoran, perusahaan dan lain sebagainya. Namun, terkadang pengguna mendapati kode error printer Canon saat menggunakannya.

Memang, eror pada printer Canon adalah hal yang wajar. Ketika ada masalah pada printer, nanti akan muncul kode tertentu di layar komputer.

Pengguna harus memahami kode eror tersebut agar bisa memperbaiki masalah tersebut sehingga printer bisa digunakan kembali.

Kode Error Printer Canon MP285 dan MP287

Error Printer Canon
Error Printer Canon

Pertama kita akan membahas kode eror pada Printer Canon MP285 dan MP287 dan bagaimana cara mengatasinya.

1. Kode Eror E02

Kode eror yang sering terjadi di Printer Canon MP285 dan MP287 adalah E02, yang disebabkan oleh kertas yang tidak masuk dengan tepat di printer.

Ketika kode eror ini muncul, biasanya dibarengi dengan tulisan Printer is Out of Paper.

Ketika Anda mengalami hal ini, cara mengatasinya mudah, yaitu cukup memasukkan kertas ke tray printer dengan benar.

Pastikan kertas yang digunakan untuk mencetak berada di posisi yang pas, sehingga printer bisa mendeteksinya.

2. Kode Eror E03

Kode eror ini disebabkan karena kertas macet atau Paper Jammed. Terkadang, karena beberapa hal, kertas tidak berjalan dengan mulus ketika proses mencetak dokumen dilakukan. Karena kertas macet, maka proses printing akan gagal.

Berikut cara mengatasi masalah ini :

  • Reload kertas dengan benar.
  • Cek apakah ada yang menghalangi kertas.
  • Cek roller kertas apkaah berfungsi/tidak.
  • Cek pembaca sensor kertas, jika rusak harus ganti.

3. Kode Eror E04

Ketika Anda mengalami eror ini, tandanya catridge printer tidak terpasang dengan baik. Cara mengatasinya adalah dengan melepaskan catridge, membersihkannya lalu memasangnya kembali ke printer.

Setelahnya eror tersebut akan hilang dan printer bisa digunakan kembali.

4. Kode Eror E05

Maksud dari kode error printer Cannon ini adalah bahwa catridge tidak terpasang dengan lengkap, atau memang ada salah satu catridge yang rusak.

Cara mengatasi masalah atau eror ini ada dua, yaitu :

  • Lepaskan catridge lalu bersihkan dengan baik.
  • Jika ada catridge rusak, harus segera diganti.

5. Kode Eror E07

Jika kode ini muncul, artinya catridge tidak dipasang dalam posisi yang tepat, sehingga printer tidak bisa mendeteksinya.

Cek solusinya di bawah ini :

  • Periksa kedua catridge (hitam/warna) apakah sudah terpasang dengan benar.
  • Reset printer.

6. Kode Eror E08

Berikutnya ada kode eror E08, yang memberitahu bahwa Ink Absorber hampir penuh. Jika Anda mengalami hal ini, maka perlu mereset printer dengan software resetter.

Anda bisa download resetter yang sesuai dengan seri printer Canon.

7. Kode Eror E16 dan E13

Ketika kedua kode eror ini muncul, artinya tinta printer telah habis. Sebelum isi ulang printer, Anda bisa tekan tombol STOP/RESUME sampai display indikator berubah dan menunjukkan angka 1.

8. Kode Eror P02

Kode ini muncul karena catridge printer bermasalah. Cara untuk mengatasinya yaitu :

  • Cek roll printer, buang jika ada benda asing di dalamnya.
  • Bersihkan encoder.

9. Kode Eror P03

Arti dari kode eror ini adalah Line Feed printer bermasalah. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengecek timing disk sensor dan cek serta bersihkan mainboard.

10. Kode Eror P05

Ketika ASF Sensor printer bermasalah, maka muncul kode eror P05. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti salah satu dari suku cadang, yaitu ASF Sensor Unit, Motor dan Board.

11. Kode Eror P06

Kode error printer Canon berikutnya adalah P06, yang menandakan bahwa sedang ada panas berlebihan di printer. Ada 3 solusi yang bisa dicoba, yaitu :

  • Bersihkan bagian dalam printer.
  • Bersihkan sensor di catridge.
  • Ganti board printer.

12. Kode Eror P07

Kode eror ini memberitahu pengguna bahwa Ink Absorber sudah penuh. Pengguna bisa menggunakan software resetter untuk mengatasi masalah ini.

13. Kode Eror P08

Masalah ini disebabkan karena head printer yang terlalu panas dan telah melebihi batas. Solusinya adalah dengan mengganti catridge warna.

14. Kode Eror P09

Ketika kode eror ini muncul, tandanya EEPROM sedang bermasalah. Anda bisa mengganti board untuk mengatasi masalah tersebut.

15. Kode Eror P15

Terkadang, USB VBUS yang bermasalah memunculkan kode eror P15 ini. Anda bisa mengganti kabel USB jika masalah di situ, atau sekalian mengganti board.

16. Kode Eror P20

Kode ini menandakan bahwa ada kerusakan pada hardware printer. Anda harus cek hardware yang rusak dan menggantinya jika sudah tidak bisa diperbaiki lagi.

17. Kode Eror P22

Ketika kode eror P22 muncul, berarti scanner printer sedang bermasalah dan tidak berfungsi. Ada dua caranya untuk mengatasinya, yaitu mengganti scanner atau board.

Kode Error Printer Canon IP2770

Kode Error Printer Canon IP2770
Kode Error Printer Canon IP2770

Eror pada printer Canon IP2770 bisa dilihat di lampu indikatornya. Berikut beberapa di antaranya:

Penyebabnya ada dua, bisa karena ada kotoran di dekat roller, atau karena ada mekanik yang rusak. Silakan bawa printer ke reparasi jika tidak bisa membongkarnya sendiri, dan cek apakah ada benda asing yang menyumbat.

Disebabkan karena Wante Ink Pad Full, Anda bisa mengatasinya dengan reset printer menggunakan software resetter.

Artinya bahwa ada catridge printer yang rusak, bisa yang hitam atau warna. Pertama Anda bisa membersihkan catridget tersebut, jika tetap tidak bisa maka bisa menggantinya.

Kode ini menandakan bahwa catridge warna printer mengalami kerusakan. Anda harus segera menggantinya jika memang membutuhkan.

Kode error printer Canon IP2770 ini menandakan bahwa Waste Ink Pad Full dan Ink Absorber Full. Anda bisa mengatasi masalah ini dengan reset printer menggunakan software resetter.

Tandanya bahwa catridge tidak terpasang dengan baik, cara mengatasinya bisa dengan tekan dan tahan tombol RESUME selama 10 detik.

Maksudnya, catridge hitam sedang rusak, atau chip catridge mati. Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan catridge dengan tisu. Jika masih tidak berfungsi bisa mengganti catridge hitam dengan yang baru.

Kode Error Printer Canon MG2500

Kode Error Printer Canon MG2500
Kode Error Printer Canon MG2500

1. Kedip 2X dan Kode Eror 1000

Maksudnya tidak ada kertas di tray printer, maka masukkan kertas ke dalamnya dan tekan tombol reset.

2. Kedip 3X dan Kode Eror 1203

Disebabkan oleh penutup yang terbuka saat proses printing sedang berjalan. Jadi jangan pernah membuka tutup printer agar eror ini tidak terjadi.

3. Kedip 3X dan Kode Eror 1300

Artinya kertas tersangkut atau macet di slot keluaran. Anda bisa mematikan printer terlebih dahulu dan menarik kertas dengan hati-hati.

Dengan memahami kode error printer Canon, Anda bisa segera memperbaiki eror tersebut. Jadi tidak perlu langsung membawa printer ke tukang servis untuk masalah yang remeh.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa ulasan seputar kode error dan Cara Mengatasi Kode Error Printer Canon untuk seri MP285, 287, iP dan MG2500 yang bisa anda lakukan dengan sangat mudah.

Kamu perlu untuk memperhatikan beberapa langkah yang sudah admin jelaskan dalam artikel ini. Jika anda belum memahaminya maka bisa mengulai membaca hingga memahami apa langkah yang harus anda lakukan.

Semoga beberapa informasi ini bisa memberikan manfaat untuk kita semua, selamat mencoba ya.