3 Cara Membuat Bingkai di Word dan Kegunaannya

Cara Membuat Bingkai di Word

Swarariau.com, Tutorial – Halo guys, apakah saat ini kalian merasa bosan dengan tampilan file dokumen pada Microsoft Word kalian yang begitu-begitu saja?

Tenang, mimin ada solusi buat kalian!

Agar hasil kerja dan tampilan dokumen kalian menjadi lebih menarik, kalian bisa menambahkan bingkai lho pada dokumen tersebut.

Seperti yang kita ketahui, Microsoft Word merupakan apliaksi pengolah kata keluaran dari Microsoft yang berada satu paket dalam Microsoft Office.

Menariknya lagi, selain untuk mengolah kata, Word juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang akan membuat dokumen kalian menjadi lebih berwarna.

Hemm, apa saja sih fitur-fiturnya?

Fitur-fitur tersebut antara lain ada fitur pembuat tabel, membuat halaman, tulisan grafis, dan ada juga fitur pembuat bingkai.

Nah, dengan adanya bingkai, tentunya dokumen yang kalian buat akan jadi lebih rapi.

Tidak hanya itu, dokumen kalian juga akan terlihat lebih indah, karena bingkai yang terdapat pada Word juga bukan hanya sebatas garis semata.

Penggunaan bingkai ini biasanya untuk dokumen yang bersifat resmi dan berharga seperti ijazah, akta kelahiran, sertifikat, dan lain sejenisnya.

Hal ini bertujan agar bisa menonjolkan informasi yang ada dalam dokumen tersebut.

Lalu, gimana sih cara membuat bingkai di Word? Mudah saja, kalian hanya perlu menyimak artikel dari mimin ini hingga selesai. Check it out!

Pengertian Bingkai dan Kegunaannya

Pengertian Bingkai dan Kegunaannya

Bingkai pada Microsoft Word tentu saja berbeda dengan bingkai foto, ya.

Bingkai yang mimin maksud ini adalah untuk membuat garis-garis pada bagian samping kanan, kiri, dan atas bawah pada teks yang sudah kalian tulis.

Adapun kegunaannya sendiri pun cukup beragam, ada yang menggunakan bingkai (borders) ini untuk mempercantik tampilan teks dan ada juga untuk kartu undangan.

Nah, karena fungsinya untuk mempercantik tampilan teks, maka Word menyediakan berbagai macam bentuk borders yang unik dan menarik buat para penggunanya.

Jadi kalian bisa memilih beberapa borders yang unik ini sesuai dengan selera, kebutuhan, dan keinginan kalian masing-masing.

Selain itu, kalian juga bisa lho membuat bingkai dengan gambar-gambar yang lucu dan berwarna-warni.

Misalnya, kalian bisa membuat bingkai dengan gambar hati, bintang, pohon cemara, permen, dan gambar lainnya.

Nah, untuk membuat bingkai yang seperti ini, kalian bisa menggunakan fitur Arts Borders.

Cara Membuat Bingkai di Word

Cara Membuat Bingkai di Word

1. Cara Membuat Bingkai pada Sebuah Teks

Adapun tahapan yang harus kalian lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Silakan sorot teks yang ingin kamu kelilingi bingkai. Jika ingin menghasilkan bingkai yang baik, sorotlah teks dalam seluruh paragraf atau pada satu baris. Apabila kamu hanya menyorot beberapa baris namun bukan seluruh paragraf, maka setiap baris akan memiliki bingkainya masing-masing.
  2. Selanjutnya pilih tab “home”
  3. Kemudian kamu cari tombol “Outside Borders”. Kamu bisa menemukannya pada bagian “Paragraph”, yaitu pada bagian sebelah tombol “Shading” (ikon ember cat).
  4. Setelah itu klik tombol ▼ di sebelah tombol bingkai untuk melihat berbagai pilihan bingkai seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah. Kamu juga bisa melihat pratinjau bingkai saat menempatkan kursor pada setiap opsi. Apabila kamu hanya ingin menggunakan bingkai teks sederhana, maka kamu cukup sampai pada langkah ini saja. Namun kalau kamu ingin membuat bingkai teks yang lebih bergaya, maka silakan teruskan ke langkah berikutnya.
  5. Kemudian pilih “Borders and Shading” untuk membuat bingkai. Nah, pada setelan biasa, bingkai yang dibuat hanya akan berupa garis lurus sederhana saja. Jendela “Borders and Shading” akan memungkinkan kamu untuk mengatur tampilan bingkai.
  6. Selanjutnya pilih jenis bingkai yang kamu inginkan. Adapun pilihannya yaitu bingkai Box (kotak), Shadow (bayangan), dan 3-D (tiga dimensi). Untuk opsi-opsi tersebut bisa kamu temukan pada sisi kiri jendela “Borders and Shading”.
  7. Setelah itu pilihlah gaya untuk garis bingkai. Terdapat menu “Style” di tengah jendela akan menampilkan gaya-gaya bingkai yang tersedia. Silakan gunakan menu tdrop-down “Color” untuk mengubah warna garis. Kamu juga bisa menggunakan menu drop-down “Width” untuk mengubah ukuran garis bingkai.
  8. Langkah berikutnya silakan aktifkan sisi-sisi bingkai. Kemudian pada setelan defaultnya, bingkai akan membentuk kotak sempurna. Kamu bisa menekan tombol di sekeliling pratinjau untuk menampilkan atau menghilangkan sisi-sisi bingkai.
  9. Selanjutnya apabila kamu ingin bingkai lebih dekat atau jauh dari teks, kamu bisa klik tombol “Options”. Kamu juga bisa mengatur jarak terpisah pada setiap sisi bingkai.
  10. Langkah terakhir, silakan kamu klik “OK” untuk memunculkan bingkai. Bingkai yang sudah kamu atur akan mengelilingi teks yang kamu sorot sebelumnya .

2. Cara Membuat Bingkai di Word dalam Sebuah Halaman

Untuk membuat bingkai dalam sebuah halaman, berikut langkah-langkah yang perlu kalian lakukan:

  1. Silakan tempatkan kursor teks pada akhir halaman sebelum awal halaman bagian baru.
  2. Kemudian buka tab “Layout” dan klik “Breaks”. Kamu akan menemukannya pada bagian “Page Setup”.
  3. Selanjutnya pilih “Next Page” dalam bagian Section Breaks. Dengan demikian, bagian berikutnya akan dimulai pada halaman berikutnya.
  4. Lalu klik label “Design”.
  5. Setelah itu klik tombol Page Borders. Letaknya berada pada ujung kanan tab “Design”, tepatnya di dalam bagian Page Background. Kemudian, jendela Page Borders akan muncul.
  6. Selanjutnya sesuaikan gaya bingkai halaman kamu. Silakan gunakan pemilih “Style” untuk menemukan gaya garis pada bingkai yang ingin kamu gunakan. Adapun menu drop-down “Color” memungkinkan kamu untuk mengubah warna garis. Sementara menu drop-down “Width” memungkinkan kamu untuk mengubah ketebalan garis. Ada juga menu drop-down “Art” yang memungkinkan kamu untuk memilih dari berbagai variasi gambar clip art yang tersedia, yang mana gambar tersebut akan dibentuk sebagai bingkai.
  7. Lankah berikutnya aktifkan sisi-sisi bingkai. Pada setelan defaultnya, bingkai akan membentuk kotak sempurna. Kamu bisa menekan tombol pada sekeliling pratinjau.
  8. Kemudian pilih halaman yang ingin kamu berikan bingkai. Ada menu drop-down “Apply to” yang memungkinkan kamu untuk memilih antara “Whole document” atau “This section.”
  9. Terakhir klik “OK” untuk memasang bingkai pada halaman. Bingkai yang telah kamu atur akan langsung muncul paad halaman dokumen.

3. Cara Membuat Bingkai dengan Gambar

Berikut langkah-langkah yang dapat kamu lakukan untuk membuat bingkai pada Word dengan gambar:

  1. Langkah awal, silakan klik tab “Insert” dan pilih “Pictures”. Lalu pilih gambar yang ingin kamu gunakan ke dalam bingkai.
  2. Selanjutnya klik dan geser gambar ke dalam dokumen untuk memasukkan gambar.
  3. Apabila gambar sudah muncul, pilih gambar tersebut dan klik tab “Format”.
  4. Kemudian klik tombol “Wrap Text” dan pilih “Behind Text”. Nah, opsi ini akan memastikan semua teks muncul di atas berkas gambar, yang sangat berguna apabila kamu menggunakan gambar bingkai halaman penuh. Kamu jadi bisa memindahkan gambar tanpa perlu khawatir teks menjadi tergeser.
  5. Setelah itu, kamu dapat mengklik dan menggeser gambar sampai berada pada lokasi yang pas. Kemudian klik dan geser kotak-kotak pada sudut gambar untuk mengatur ukuran gambar.
  6. Apabila kamu membuat bingkai dari beberapa berkas gambar, ulangi proses dari awal sampai semua gambar berada di tempat yang benar. Apabila kamu memerlukan cerminan bingkai (bagian bingkai pada sisi yang berlawanan), lalu klik “Rotate” dalam tab “Format” dan pilih “Flip Horizontal or Vertical”.

Cara Menghapus Bingkai

Nah, selain membuat bingkai, kamu juga bisa melakukan penghapusan bingkai yang sudah kamu buat pada Word.

Adapun untuk menghapus tentunya lebih mudah jika kita bandingkan dengan cara membuat bingkai pada Word. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Silakan buka teks Word yang sudah kamu pasang bingkai.
  2. Lalu kamu bisa langsung pilih Design lalu klik Page borders.
  3. Selanjutnya  klik pilihan None yang ada pada bagian kiri, dan klik.
  4. Maka secara otomatis, bingkai akan terhapus dari teks Word kamu.

Akhir Kata

Seperti itulah cara membuat bingkai di Word dengan mudah, simpel, dan praktis yang bisa mimin rangkum dan share buat kalian.

Kini, kalian bisa langsung mempraktikkannya pada PC atau laptop masing-masing. Semoga bermanfaat dan bisa membantu ya. Selamat mencoba guys!

Baca Juga: