Cara Membuat Paragraf di Word Secara Manual dan Otomatis

Cara Membuat Paragraf di Word

Swarariau.com, Tutorial – Halo guys, mungkin kalian pernah mengalami kendala berupa paragraf yang tidak tertata rapi saat menulis atau mengerjakan tugas pada Microsoft Word.

Jika hal ini terjadi, kalian gak perlu khawatir! Karena mimin akan memberikan solusinya!

Namun sebelum kita membahas lebih lanjut, kalian harus tahu dulu bahwa paragraf merupakan suatu kumpulan dari sebagian kalimat yang masih bersangkutan satu sama lain.

Dengan adanya paragraf ini, akan sangat memudahkan kalian untuk mengerti semua isi yang ada dalam sebuah tulisan.

Nah, terdapat dua cara yang bisa kalian coba untuk membuat paragraf pada Microsoft Word agar terlihat lebih rapi, yaitu dengan cara manual dan otomatis.

Emang, apa sih bedanya? Sebenarnya jika berbicara hasil, kedua cara tersebut sama saja. Yaitu hasilnya sama-sama akan membuat awal tulisan menjorok masuk ke dalam.

Perbedaanya hanya terletak pada langkah-langkah pengerjaannya saja.

Cara manual bisa kamu gunakan jika teks yang ingin kamu jadikan paragraf tidak terlalu banyak. Jika banyak, maka kamu bisa menggunakan cara otomatis agar lebih mudah dan cepat.

Nah, untuk penjelasan lebih lengkapnya kamu bisa simak artikel berikut ini hingga tuntas. Simak baik-baik ya. Check it out!

Cara Membuat Paragraf di Word

Cara Membuat Paragraf di Word

Kalian harus tahu bahwa Microsoft Word sudah menyediakan fitur untuk mengatur paragraf pada dokumen yang sedang kalian kerjakan.

Walau sederhana, akan tetapi pengaturan yang ada pada menunya juga bisa membuat kalian bingung saat mencarinya. Berikut 2 metode atau cara yang bisa kalian coba.

Cara Mengatur Paragraf pada Microsoft Word Secara Manual

Nah, adapun cara manual untuk mengatur alenia yang ada dalam suatu dokumen tergolong sangat mudah untuk kalian praktikkan.

Kalian cukup menggunakan tombol tab yang ada pada keyboard kalian. Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Silakan kamu pastikan terlebih dahulu posisi kursor kalian terletak pada bagian awal kalimat.
  2. Kemudian tekanlah tombol “ Tab” pada keyboard laptop kalian.
  3. Maka paragraf akan mundur dengan sendiri ke kanan, yaitu sekitar 5 atau 6 karakter jaraknya.
  4. Jika kamu merasa satu kali tab tidak cukup, maka kamu bisa menekan tomobol tersebut sekali lagi demi mendapatkan paragraf yang sesuai dengan keinginanmu.

Metode atau cara pertama ini bisa kalian lakukan pada laporan atau dokumen yang sebagian isinya hanya paragraf saja.

Jika pada sebuah dokumen atau laporan mempunyai banyak paragraf, maka cara ini mimin rasa kurang tepat untuk kalian gunakan.  

Namun bukan berarti tidak memungkinkan ya. Hanya saja, proses mengetik akan menjadi lebih lama karena harus mengatur paragrafnya satu persatu.

Jika jenis dokumen panjang adalah yang hendak kamu kerjakan, kamu bisa menggunakan cara otomatis yang akan dibahas di bawah ini!

Nah, jika dokumen yang hendak kamu kerjakan berisi tulisan yang sangat panjang dan banyak, maka kalian bisa menggunakan cara yang selanjutnya yaitu dengan cara otomatis.

Cara ini bisa memudahkan kalian untuk merapikan semua alinea yang ada pada laporan atau dokumen yang sedang kalian kerjakan. Berikut penjelasan lengkapnya!

Cara Mengatur Paragraf pada Microsoft Word Secara Otomatis

Cara Mengatur Paragraf di Word secara Otomatis

Untuk metode atau cara yang satu ini lebih cocok buat kamu pekerja kantoran, sekretaris organisasi atau mahasiswa akhir yang sedang mengerjakan skripsi.

Terdapat dua metode pengaturan paragraph yang bisa kalian gunakan, yaitu dengan menggunakan ruler (penggaris) pada bagian atas lembar ketik dan menggunakan fitur pada bagian “Paragraph”.

1. Mengatur Paragraf Menggunakan Ruler

Saat menggunakan ruler, kamu bisa menggeser panah pada bagian atas yang bernama “First Line Indent” ke titik yang kamu inginkan.

Akan tetapi hasilnya hanya akan terlihat pada paragraf yang kamu tempati kursor saja.

Nah, agar pengaturan tersebut berlaku ke semua paragraph, maka kamu bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Langkah awal, pastikan kamu berada pada bagian “Home” di ribbon Word.
  2. Selanjutnya letakkan kursor pada posisi awal kalimat yaitu pada salah satu paragraf atau paragraf pertama.
  3. Kemudian pada bagian “Editing” yang ada di ujung kanan, silakan kamu klik menu “Select”. Kamu akan melihat berbagai opsi; lalu pilih “Select Text with Similar Formatting”. Jika kamu menggunakan Word versi tahun yang lama, maka nama menu tersebut adalah “Select All Text with Similar Formatting”. Opsi ini akan menandai seluruh paragraf pada dokumenmu. Akan tetapi, perlu kamu perhatikan bahwa bagian seperti judul juga ikut tertandai.
  4. Setelah itu pilih bagian “View” pada ribbon Word.
  5. Lalu centang pilihan “Ruler” pada bagian “Show” agar fitur penggaris pada atas lembar ketik muncul.
  6. Kemudian gerakkan penanda ruler paling atas atau “First Line Indent” ke titik yang kamu inginkan. Maka kamu akan melihat bahwa seluruh paragrafmu telah tersusun sesuai pengaturan yang kamu lakukan.

2. Mengatur Paragraf di Word Menggunakan Fitur pada bagian “Paragraph

Nah, dengan menggunakan fitur pada boks “Paragraph”, maka kamu bisa melakukan pengaturan tambahan seperti perataan dan spasi per barisnya.

Cara yang satu ini bisa jadi sedikit membingungkan. Berikut panduannya:

  1. Silakan kamu ulangi langkah pada pengaturan paragraf dengan ruler pada bullet 1, 2, dan 3.
  2. Keemudian kembali ke bagian “Home”. Lalu kik tanda panah ke bawah atau “Paragraph Settings” pada bagian “Paragraph”. Maka sebuah window bernama “Paragraph” akan muncul.
  3. Selanjutnya tabIndents and Spacing”, cari menu “Special” pada “Indentation” (blok kedua). Kemudian kik panah menunya dan pilih “First Line”.
  4. Silakan atur panjang indent atau jarak menjorok ke dalam dengan klik panah atas atau bawah pada kolom “By” yang ada di sebelahnya. Jangan lupa perhatikan satuan ukurannya. Biasanya mayoritas pengaturan Word memakai inchi, bukan sentimeter (cm).
  5. Jika kamu ingin mengatur perataan dan jarak baris lebih lanjut, maka kamu bisa melakukannya pada “Spacing” (blok ketiga).
  6. Kemudian klik “OK” pada bagian paling bawah untuk menyimpan pengaturanmu dan tutup window Paragraph” tersebut.

Akhir Kata

Nah, itulah tadi sedikit informasi yang bisa mimin rangkum terkait cara membuat paragraf pada Microsoft Word baik secara otomatis dan manual.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kalian semua ya. Selamat mencoba guys!

Sebagai informasi tambahan, kalian juga bisa membaca artikel berikut ini: