Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word, Cepat dan Efektif!

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Swarariau.com, Tutorial – Halo guys, apakah saat ini kalian masih menggunakan cara manual untuk membuat daftar isi pada Microsoft Word?

Wah, ketinggalan info banget ya. Apa gak capek bikin dengan cara tersebut? Butuh waktu berapa lama untuk selesai?

Makanya, kalian wajib banyak nih baca artikel ini. Karena mimin akan memberikan solusi agar daftar isi kalian bisa selesai lebih cepat.

Simak terus artikel berikut ya!

Table of content atau yang kita kenal dengan daftar isimerupakan salah satu elemen penting dari sebuah karya tulis seperti makalah, skripsi, buku, dan lain-lain.

Pembuatan daftar isi ini bertujuan agar para pembaca bisa mengetahui isi dari keseluruhan skripsi atau buku yang kamu buat.

Kamu bisa bayangkan, bagaimana jika karya tulis yang kamu buat memiliki jumlah halaman yang banyak, namun tidak memiliki daftar isi?

Pastinya hal itu akan menyulitkan kamu untuk menemukan halaman yang kamu butuhkan bukan?

Maka dari itu, buat kamu yang masih belum tahu gimana cara membuat daftar isi otomatis pada Microsoft Word, simak terus artikel berikut hingga selesai ya.

Check it out!

Gambaran dan Fungsi Daftar Isi

Gambar dan Fungsi Daftar Isi

Definisi daftar isi adalah pemberian nomor halaman untuk urutan judul pada setiap bab dalam sebuah penulisan makalah, skripsi, proposal, dan karya ilmiah lainnya.

Daftar isi ini berfungsi untuk memudahkan kamu dalam mencari halaman yang kamu inginkan. Maka dari itu, membuat daftar isi haruslah rapi.

Adapun beberpa fungsi dari daftar isi adalah sebagai berikut:

  1. Karya tulismu seperti skripsi, makalah, atau laporan menjadi lebih rapi sehingga pembaca bisa memahami lebih mudah materi yang sedang kamu bahas.
  2. Dengan adanya daftar isi, pembaca bisa mengetahui secara garis besa maksud dari penulis tentang informasi yang ada pada skripsi, makalah, atau laporan yang kamu tulis.

Alasan Membuat Daftar Isi

Beberapa alasan mengapa harus membuat daftar isi antara lain yaitu:

1. Lebih Profesional

Dengan keberadaan daftar isi, maka sebuah dokumen terlihat lebih professional daripada dokumen yang tidak memiliki daftar isi.

2. Mengorganisir Ide-ide

Saat kamu membuat atau mengedit sebuah dokumen, daftar isi bisa membantu kamu untuk menyusun dan mengorganisir ide-ide.

Selain itu, dengan membuat daftar isi kamu tidak lupa memasukkan hal-hal penting yang ingin kamu masukkan pada dokumen tersebut.

3. Garis Besar Isi Dokumen

Daftar isi membantu memberi pembaca garis besar isi dari dokumen tersebut.

4. Sebagai referensi

Dengan adanya daftar isi, maka bisa menjadi referensi bagi pembaca saat mereka mencoba mencari informasi penting dari sebuah dokumen.

Keberadaan nomor halaman pada daftar isi membantu pembaca untuk menemukan informasi yang mereka butuhkan secara cepat.

Apabila membaca dalam bentuk soft copy, maka mereka juga bisa langsung mengklik judul yang mereka ingin baca.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Word

Daftar isi merupakan salah satu bagian penting dalam sebuah karya tulis, namun terkadang sering dianggap sulit untuk dibuatnya.

Padahal cara pengerjaan daftar isi ini tergolong cukup mudah. Kamu pun bisa menerapkannya dengan melihat berbagai contohnya pada google.

Sehingga kamu tidak perlu terlalu pusing dalam merapikan daftar isi.

Untuk membuat daftar isi bisa kamu kerjakan pada Microsoft Word tahun 2010, 2013, ataupun 2007 secara otomatis maupun manual.

Sementara untuk dokumen yang ideal untuk kamu beri daftar isi adalah dokumen dengan jumlah halaman yang banyak serta yang memiliki beberapa judul dan sub judul.

Dengan begitu, judul dan sub judul dalam dokumen inilah yang nantinya akan kamu buat dan muncul untuk menjadi rincian dari daftar isi.

Cara Membuat Daftar Isi pada Word 2007 Secara Otomatis

  1. Langkah pertama, silakan kamu buka terlebih dahulu Office Word 2007 kamu, lalu buka dokumen yang ingin kamu beri daftar isi dan sudah kamu isi heading / subheading.
  2. Selanjutnya klik pada bagian kosong dimana kamu mau membuat daftar isinya (misalnya pada bagian atas).
  3. Setelah itu lihat pada menu > Klik References > Pilih Table Of Contents > baru kemudian pilih model table yang kamu inginkan.
  4. Nantinya daftar isi akan secara otomatis dibuat.

Pada Microsoft Word terdapat fitur bernama Table of Contents yang berguna mempermudah kita untuk membuat daftar isi secara otomatis.

Berdasarkan buku Mengoptimalkan Fitur-Fitur Penting Microsoft Office 2003 dan 2007 oleh Widianto Muttaqien (2007: 38-40), hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menandai judul atua sub judul setiap bab dengan style Heading.

Contoh, untuk teks bab menggunakan style Heading 1, untuk sub bab menggunakan style Heading 2 dan seterusnya. Adapun cara menerapkannya antara lain sebagai berikut:

  1. Silakan kamu blok judul bab atau sub bab.
  2. Apabila kamu menggunakan MS. Word 2007, maka klik Heading yang kamu inginkan sesuai urutan Bab atau sub bab.

Apabila bagian-bagian judul dan sub judul sudah kamu lengkapi dengan style yang semestinya, barulah kamu gunakan fitur Table of Contents.

Tutorial Lengkapnya

  1. Untuk MS. Word 2007, silakan kamu klik tab References, lalu klik Table of Contents pada grup Table of Contents.
  2. Maka kotak dialog Tables of Contents akan muncul seperti berikut:
  3. Tab Leader: Untuk jenis leader yang akan ditampilkan apabila nomor halaman kamu letakkan rata kanan.
  4. Show pages number: Untuk menampilkan atau menyembunyikan nomor halaman.
  5. Use Hyperlink Instead of Page: Untuk mengganti link sebagai pengganti nomor halaman yang ditampilkan.
  6. Format: Untuk pilihan format daftar isi yang akan ditampilkan.
  7. Right Align Page Numbers: Untuk menentukan apakah nomor halaman akan ditampilkan rata kanan atau langsung setelah penulisan teks daftar isi.
  8. Options: Untuk pengaturan lebih lanjut daftar isi. Misalnya Heading 1 menempati Level 1, Heading 2 menempati Level 2, dan seterusnya.
  9. Klik OK.

Akhir Kata

Nah, sekian penjelasan singkat yang bisa mimin rangkum terkait cara membuat daftar isi secara otomatis pada Microsoft Word agar selesai lebih cepat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kalian semua ya. Selamat mencoba guys!

Jangan lupa baca juga artikel berikut sebagai informasi tambahan: